10 Restoran dengan Sajian Kuliner Indonesia Paling Terkenal di Luar Negeri

JNEWS – Banyak kuliner Indonesia yang sudah bisa dinikmati di luar negeri, dari kelas warung kopi hingga restoran berbintang Michelin. Wajah kuliner Indonesia yang beragam itu sudah direpresentasikan untuk berbagai kalangan. Kuliner Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi obat kangen warga Indonesia di luar negeri tetapi juga menjadi duta cita rasa Nusantara di dunia.

Keragaman kuliner Indonesia yang sangat kaya itu satu per satu dipilih oleh para pengusaha kuliner untuk diperkenalkan di luar Indonesia. Mereka dengan jeli berusaha mempertemukan cita rasa Nusantara dan selera masyarakat di luar negeri. Sebagai pengusaha, mereka ingin menjangkau sebanyak mungkin penikmat kuliner.

10 Restoran Indonesia Paling Terkenal di Luar Negeri

Sebagian restoran dengan sajian kuliner Indonesia di luar negeri dikenal karena viral, sebagian lagi dikenal karena pengakuan atas kualitasnya. Berikut adalah daftar 10 restoran dengan sajian kuliner Indonesia paling terkenal di luar negeri, yang dikutip dari laman Kemenparekraf dan Michelin Guide.

10 Restoran dengan Sajian Kuliner Indonesia Paling Terkenal di Luar Negeri

1. Warkop NYC di New York

Warkop ini sempat viral 2 tahun lalu sehingga ramai dikunjungi masyarakat Indonesia di Amerika, influencer dari Indonesia, bahkan menteri. Letak Warkop ini ada di salah satu sudut Manhattan New York, Amerika Serikat, yang bernama Hell’s Kitchen. Konsep warung kopi ini mirip dengan warmindo di Yogyakarta, yaitu menyediakan mie instan, bubur kacang hijau hingga gorengan. Harganya juga murah untuk ukuran Kota New York.

Baca juga: 8 Restoran Setara Michelin Star di Indonesia

2. Ron Gastrobar Indonesia di Amsterdam

Restoran di tepi sungai ini sangat istimewa, karena direkomendasikan oleh Kemenparekraf maupun Michelin Guide. Letaknya di Amstel, Amsterdam, Belanda. Desain ruangannya yang natural memberikan kesan tenang tetapi tetap mewah sesuai dengan standar Michelin. Menu-menu yang dihidangkan antara lain sate kambing, petai udang, soto ayam, salad tempe, gado-gado, tahu telur, rendang nangka, dan masih banyak lagi.

3. Djakarta Bali di Paris

Meski agak jauh di keramaian, yaitu di Les Halles dekat Louvre, restoran ini terkenal di kalangan menengah ke atas di Paris, Perancis. Restoran ini sudah lama berdiri, yaitu sejak tahun 1978, dengan interior dan eksterior khas Bali. Pada hari tertentu, para tamu disuguhi tarian Bali.

Suasana yang sangat Indonesia ini mendukung kelezatan kuliner Indonesia yang dihidangkan. Menu-menu yang tersedia antara lain rendang daging, nasi goreng spesial, mi ayam, gado-gado, lumpia, dan sebagainya.

4. Cabe Meguro di Tokyo

Restoran kecil ini dekat dengan KBRI Tokyo, Jepang. Meski terlihat sederhana, tetapi restoran ini selalu menjadi rekomendasi orang-orang Indonesia yang berkunjung ke Tokyo, termasuk Menteri Parekraf. Sedangkan hidangan yang disediakan ditata dengan apik dan tampak lezat. Menu yang disediakan sangat banyak dan semuanya halal. Namun menu unggulannya adalah nasi campur.

5. Tambuah Mas di Singapura

Restoran ini terletak di Paragon Ochard, kawasan yang dipenuhi mal-mal terbaik di Singapura. Salah satu restoran Indonesia tertua di Singapura ini merupakan sebagian dari restoran dengan menu Indonesia penerima bintang Michelin yang masih bertahan. Berdiri sejak tahun 1981, Tambuah Mas menyajikan menu rumahan ala masakan Padang, antara lain rendang, udang petai balado, ayam goreng, ayam kari, lontong soto, dan masih banyak lagi.

6. Lucky Indonesia di Hongkong

Restoran kecil ini terkenal di kalangan diaspora Indonesia yang cukup banyak di Hongkong dan tamu dari negara lain. Meski kecil, tetapi restoran ini merupakan salah satu rekomendasi Michelin Guide. Lucky Indonesia sudah lama sekali berdiri. Semua menunya memiliki rasa dan tampilan yang autentik, antara lain pepes ikan, gulai kambing, gado-gado, soto ayam, nasi kuning, sate, dan masih banyak lagi.

7. Restaurant Blauw di Utrecht

Restoran Indonesia yang berada di Belanda ini juga masuk dalam daftar Michelin Guide. Blauw khusus menyediakan makan malam sehingga tamu dapat memesan hidangan rijsttafel, yaitu nasi dengan beberapa lauk khas Indonesia.

Makan malam sangat penting bagi masyarakat Eropa. Biasanya mereka akan memesan makanan yang lebih istimewa untuk dinikmati sambil mengobrol dengan orang terdekat. Blauw juga menyediakan menu vegetarian.

8. Spandershoeve di Hilversum

Restoran Indonesia di Belanda ini berada di sebuah bangunan yang nyaman, rekomendasi Michelin Guide. Beberapa menu berusaha disajikan semirip mungkin dengan aslinya, sedangkan sebagian lainnya diberi tampilan modern. Menu-menu yang disediakan antara lain tumpeng nasi kuning, sate lilit, sate ayam, kue lapis, sambal goreng, sayur lodeh, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Restoran Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan: Makan Enak sambil Menikmati Keindahan Alam

9. Café Samabe di Haarlem

Satu lagi rekomendasi Michelin Guide di Belanda adalah Café Samabe. Restoran Indonesia yang bagus di Belanda memang cukup banyak karena ada kaitan sejarah antara Indonesia dan Belanda. Restoran ini menempati bangunan tua dengan suasana yang nyaman dan elegan, khas restoran mewah zaman dulu.

Menu Indonesia di sini cukup banyak dengan tampilan yang eksklusif. Menu yang disajikan, antara lain semur daging, ayam rica-rica, gado-gado, lodeh, nasi kuning, sambal goreng, dan sebagainya.

10. Sendok Garpu di Brisbane

Penanggung jawab hidangan restoran di Australia ini dipegang langsung oleh pemilik merangkap chef, yaitu Alicia Martino. Tidak hanya menyediakan hidangan untuk dimakan di tempat, Sendok Garpu juga menjual martabak, jajanan pasar, dan bahan-bahan makanan khas Indonesia.

Sendok Garpu cukup terkenal dan sering dipesan untuk acara khusus. Sendok Garpu juga beberapa kali mendapatkan penghargaan di bidang kuliner. Menu yang dihidangkan antara lain ayam kalasan, ayam kalio, gado-gado, ayam bakar, rendang sapi, dan sebagainya.

Kuliner Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya yang sangat terasa. Selain membuat kangen warga Indonesia, menu tersebut juga disukai warga asing. Keluhan yang sering keluar hanya rasa yang terlalu pedas untuk masyarakat Eropa. Kuliner Nusantara harus lebih banyak lagi diperkenalkan agar menyusul popularitas rendang, nasi goreng, sate, dan tempe.

Exit mobile version