5 Kuliner Kaki Lima di Jakarta yang Wajib Kamu Sambangi

tempat makan murah Jakarta

Mau makan enak tidak harus pergi ke restoran mewah. Makan di tempat kuliner kaki lima pun, kamu sudah bisa lho menyantap hidangan yang rasanya tidak kalah dari restoran mewah tadi. Ditambah juga kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam.

Bicara mengenai kuliner kali lima, kali ini kami akan ajak kamu untuk menyusuri sejumlah tempat makan enak yang murah di Kota Jakarta. Ketika bicara mengenai kota besar, terutama Jakarta, mungkin sebagian beranggapan bahwa kuliner di Ibukota ini identik dengan harga yang mahal.

Namun, untuk standar penghasilan di Jakarta pun, kamu masih menemukan tempat kuliner murah yang enak. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak saja rekomendasi kuliner kaki lima di Jakarta yang punya rasa enak dan bikin nagih!

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Berbahan Singkong, Pasti Kamu Familiar

1. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Nasi Goreng Apjay (foto: Instagram/tari_nila)

Menu nasi goreng yang satu ini memadukan cita rasa khas nasi kebuli dari Timur Tengah yang bikin lidah bergoyang. Nama Apjay sendiri diambil dari singkatan Apotek Jaya, di mana sang pemilik membuka kedainya tepat di depan Apotek Jaya tadi. Biasanya tempat ini buka dari sore sampai malam, jadi cocok buat teman makan malam. Soal rasa, jangan ditanya lagi deh. Untuk harganya sendiri berkisar Rp27.000 – Rp30.000 per porsi.

2. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy (foto: Instagram/foodbuddies.id)

Kuliner kaki lima yang terkenal di Jakarta apa lagi kalau bukan Roti Bakar Eddy. Coba deh tanya orangtua kalian, pastinya tahu tempat makan enak yang satu ini. Roti Bakar Eddy sudah buka sejak 1971 berawal dari tenda dan hingga kini sudah memiliki kurang lebih 9 cabang. Selain menjual roti bakar dengan isian manis, seperti coklat keju, Roti Bakar Eddy juga terkenal dengan isian yang asin, seperti keju, kornet, dan telur. Ada juga menu lain, seperti bubur ayam, nasi gore, hingga indomie.

3. Sate Sambas

Sate Sambas (foto: Instagram/Guiltyfoodies)

Buat kamu yang sedang ngidam sate, tapi bingung kuliner terdekat di Jakarta, Sate Sambas menjadi jawabannya. Meski tempatnya hanya bermodalkan tenda dan gerobak, yang datang dari berbagai kalangan.  Di sini ada berbagai macam menu sate yang disajikan, mulai dari sate campur, kulit, daging, hingga memakai telur. Selain bumbu kacang, ada juga sate dengan bumbu kecap, hingga ala taican yang tanpa bumbu dan dagingnya berwarna putih. Soal harga sudah pasti cukup terjangkau.

Baca Juga: 5 Gudeg Jogja Enak dengan Rasa Lezat dan Otentik

4. Gultik

Gultik (foto: Instagram/Gultikblokm_)

Nah, ini termasuk kuliner kaki lima terpopuler di Jakarta nih. Buat kamu yang belum tahu, nama Gultik sendiri merupakan singkatan dari Gulai Tikungan. Jangan salah ya, jadi bukannya Gulai Tikus. Disebut Gultik karena memang pedagangnya menjual gulai di tikungan. Gulai yang dijual pun gulai sapi dengan cita rasa yang gurih. Gulai dihidangkan dengan seporsi nasi. Selain daging sapi, di dalamnya juga terdapat tetelan, urat, dan jeroan sapi lainnya. Porsinya sendiri relatif sedikit, maklum namanya juga makan murah, seporsi kalau tidak salah hanya Rp10.000. Tapi dijamin jadi bikin kamu bakal nambah deh.

5. Bakmi Jhon

Bakmi Jhon (foto: Instagram/cabemicin)

Mie ayam selalu memiliki basis penggemar tersendiri. Nah, buat yang hobi makan mie ayam, jangan lupa untuk mampir ke kuliner kaki lima Bakmi Jhon Sampit yang terletak di daerah Melawai, Blok M. Berdiri sejak 1995, Bakmi Jhon terkenal dengan topping berupa jamur merang dan racikan bumbu mie ayamnya yang menurut sang pemilik diracik sendiri. Seperti biasa, kamu bisa menemukan varian mie ayam biasa dan yamin dengan tambahan topping pangsit dan bakso.

Baca Juga: 5 Burger Murah dan Enak Di Jakarta, Pas untuk Tanggal Tua

Exit mobile version