Kurir Motor Wajib Tahu, Ini Ruginya Malas Servis Rutin

Perawatan motor

 

Praktis, terjangkau, dan mudah menjadi salah satu alasan kenapa sepeda motor menjadi salah satu kendaraan favorit bagi masyarakat untuk beraktifitas sehari-hari, termasuk bagi para kurir dalam mengirimkan barang.

Apalagi ditambah dengan harga dan biaya operasionalnya juga sangat terjangkau, yang membuat masyarakat banyak mengandalkan motor dalam menemani kesibukan sehari-hari.

Tapi di balik itu, pada kenyataannya banyak pemilik motor yang masih malas untuk melakukan perawatan dengan cara melakukan servis rutin ke bengkel. Padahal merawat sepeda motor secara rutin sangat dianjurkan, agar mesin awet, aman dan nyaman saat digunakan berkendara.

BACA JUGA : Buat Kurir Motor, Pahami Jenis Helm Biar Tak Celaka

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, jika dilihat dari tujuannya sebenarnya servis rutin bertujuan untuk meremajakan mesin sepeda motor dan mengembalikan setelan-setelan setiap komponen dikembalikan ke setelan pabrik.

“Jika motor tidak dilakukan servis secara berkala, maka dapat mengakibatkan penyimpangan setelan-setelan, jarak main bebas, umur pakai dan lain sebagainya pada bagian komponen sepeda motor, baik itu dari bagian mesin maupun bagian lainnya seperti chassis dan kelistrikan,” kata Ade.

Berikut bagian-bagian yang tidak terkontrol dan bisa menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan servis secara rutin adalah sebagai berikut :

BACA JUGA : Begini Cara Hindari Ganjil Genap Pakai Google Maps

1. Keausan kanvas rem depan
2. Keausan kanvas rem belakang
3. Keausan ban luar depan
4. Keausan ban luar belakang
5. Renggang celah klep
6. Kebersihan throttle body / karburator
7. Kebersihan & umur pakai saringan udara
8. Kinerja system pendingin & kapasitas air radiator
9. Jarak main bebas rantai roda
10. Tekanan angin pada ban dan masih banyak lagi.

“Jika sepeda motor jarang dilakukan servis tentunya lambat laun kondisi motor akan mengalami penurunan performa yang terkadang tidak disadari oleh pemiliknya,” ujar Ade.

Exit mobile version