Kurir Pecinta Fotografi Sepak Bola dari JNE Surabaya

Saat ini Erwin Baihaqi bertugas sebagai kurir delivery di JNE Surabaya.

JNEWS – Di tengah kesibukannya sebagai kurir di JNE Cabang Utama Surabaya, bila libur kerja Erwin Baihaqi selalu menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi fotografinya. Selain sering memotret saat Persebaya bertanding, Erwin juga kerap diminta untuk mendokumentasikan kegiatan JNE Surabaya, Regional JNE JTBNN dan juga Asperindo Jawa Timur.

Di tengah gegap gempita dan keriuhan ribuan suporter yang datang ke lapangan saat Persebaya bertanding, terselip sosok Erwin Baihaqi. Berbekal kamera di tangan dan kejelian mata, Erwin bersiap untuk menangkap momen-momen menarik selama pertandingan berlangsung.

“Ada kepuasan tersendiri yang sulit dilukiskan dengan kata-kata kalau mendapat momen bagus dalam jepretan kamera kita. Apalagi kalau foto kita ditampilkan misalnya di official account Persebaya,” ujar Erwin saat membuka obrolan dengan JNEWS, Rabu (29/5/2025).

Erwin bercerita, menekuni hobi fotografi berawal dari kesukaannya pada dunia fotografi dan tim kesayangannya, yakni Persebaya Surabaya, sejak dirinya masih sekolah. Maka ia pun memutuskan untuk bergabung dalam Komunitas Fotografi Bonek (KFB) pada Juli 2017 tepat saat komunitas ini didirikan. Bonek adalah sebutan bagi para suporter Persebaya.

Salah satu karya foto hasil jepretan Erwin Baihaqi.

“Ada sebuah hasil karya foto saya saat laga opening Liga 1 pada tahun 2019 tepatnya di Gelora Bung Tomo saat itu Persebaya VS Persik Kediri yang paling diapresiasi karena bisa tayang dalam postingan IG Official Persebaya. Itu suatu kebanggaan tak ternilai bagi saya selaku fotografer,” kata Erwin.

Baca juga: Siasat Kurir Teladan JNE Manokwari Mengantar Paket ke Daerah Rawan Konflik

“Lewat karya fotografi saya ingin ikut menebarkan sportivitas dunia sepak bola dan sekaligus mengubah stigma pendukung persebaya alias Bonek yang kerap dicap negatif. Alhamdulillah sekarang Bonek sudah hadir dengan wajah baru yang positif dan menjunjung sportivitas dalam sepakbola,” tambahnya.

Seperti komunitas pada umumnya, KFB menurut Erwin juga sering menggelar kopdar dan menggelar berbagai event seperti pameran foto, lomba foto, workshop hingga talkshow tentang dunia fotografi. “Seringkali kita kopdar, ini uniknya, anggota KFB biasa kopdar di warkop-warkop milik anggota komunitas,” jelasnya.

Terkait pekerjaan sehari-harinya, Erwin merasa senang menjadi bagian dari JNE Surabaya. “Saya sudah bergabung menjadi petugas delivery JNE Surabaya sejak 2014. Saat ini meng-handle kiriman layanan Roket untuk seluruh wilayah Surabaya,” tandas Erwin.

Kini berkat keahliannya dalam dunia fotografi, Erwin sering menjadi seksi dokumentasi untuk berbagai kegiatan JNE Surabaya maupun JNE Regional JTBNN. Tidak hanya itu, Erwin juga sering diminta bantuannya untuk mendokumentasikan saat ada kegiatan Asperindo Jawa Timur. *

Exit mobile version