Lagi Cari Mobil Bekas, Ini Tipsnya Biar Tak Rugi

photo: internet

 

Mahalnya harga mobil baru membuat sebagian orang mencari alternatif lain dengan melirik deretan mobil bekas. Tak hanya karena harga yang lebih terjangkau, pilihannya pun jauh lebih beragam.

Dari data idxchannel.com yang dipaparkan Carsome, pembeli mobil bekas mengalami peningkatan signifikan. Sejak awal 2022 sampai saat ini, terpantau peningkatannya mencapai 40 persen seiring membaiknya daya beli masyarakat dan membaiknya ekonomi nasional.

Nah, namun dalam membeli mobil bekas, tak boleh asal pilih atau sekadar suka, apalagi tergiur dengan iming-iming harga yang murah. Perlu dilakukan pengecekan menyeluruh agar tak menyesal dikemudian hari.

Carsome sendiri memberikan empat pertimbangan yang perlu diperhatikan calon pembeli mobil bekas sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Apa saja, cek pembasannya berikut :

BACA JUGA : Hati-Hati, Kenali Penyebab Ban Mobil Kerap Kempes

Mesin

Poin utama dalam membeli mobil bekas adalah kondisi mesin. Untuk memastikan hal ini, pembeli dapat melihat rekam jejak servis pemilik sebelumnya. Apabila mobil bekas masih berusia di bawah 5 tahun, biasanya pemilik sebelumnya masih rutin melakukan servis ke bengkel resmi. Hal ini dapat dipastikan berdasarkan buku servis yang didapat dari pabrikan.

Sebelum membeli mobil bekas, lakukan test drive dan pastikan mobil berjalan dengan baik. Lakukan pengecekan saat berakselerasi, juga saat pindah gigi manual maupun otomatis. Periksakan bagian cairan seperti oli mesin, minyak rem, dan radiator, untuk memastikan tidak ada kebocoran dan masih dalam kondisi baik. Jangan lupa periksakan kondisi baterai aki untuk memastikan tegangan voltase masih normal.

Suspensi

Bagian lain yang juga wajib diperiksa adalah kaki-kaki alias suspensi. Tidak hanya kondisi ban atau velg, namun juga shockbreaker dan komponen dalam lainnya. Bagian ini juga dapat diuji ketika melakukan test drive melewati polisi tidur atau jalanan agak rusak.

Bila bantingannya terasa terlalu kencang atau terlalu pelan, maka terdapat kemungkinan komponen yang bermasalah dan harus melalui proses pengecekan lebih lanjut di bengkel spesialis kaki-kaki, hal ini untuk memastikan komponen-komponen yang harus diganti atau masih berkendara ke keluar kota.

AC

AC atau sirkulasi udara menjadi bagian penting lainnya yang juga wajib diperiksa. Saat melakukan test drive, nyalakan AC pada posisi terendah dan rasakan kesejukannya. Apabila dalam waktu 5 menit belum terasa sejuk dan harus dinaikkan kekuatan anginnya, maka kemungkinan ada komponen yang harus diganti.

Umumnya, komponen seperti filter AC harus dibersihkan apabila kotor. Namun, pada kondisi yang sudah terlalu parah, maka komponen tersebut harus diganti. Kerusakan terparah pada komponen AC adalah kompresor yang sudah rusak dan harus diganti, atau freon yang kerap harus diisi.

Cari di tempat terpercaya

Agar tak rugi, ada baiknya mencaru mobil bekas di showroom bekas terpercata atau memanfaatkan e-commerce terpercaya, transparan dan memiliki ragam pilihan, layaknya Carsome.

Membeli mobil bekas secara online memberikan kemudahan untuk membandingkan banyak pilihan, sehingga calon pembeli dapat menganalisa kondisi mobil secara keseluruhan sesuai dengan budget yang tersedia.

Exit mobile version