Cara Membuat Visa Agar Tidak Ditolak

Cara membuat visa

Cara Membuat Visa – Salah satu syarat untuk bisa bepergian ke luar negeri, selain paspor, tentu saja adalah visa. Meski demikian, membuat atau mengajukan visa bukan lah perkara yang mudah. Cukup banyak dari pelancong atau calon wisatawan yang mendapat penolakkan ketika ingin membuat visa.

Mendengar hal itu, kamu mungkin akan panik dan khawatir jika nantinya visa yang kamu ajukan akan ditolak. Padahal mungkin kamu sudah membeli tiket pesawat atau bahkan sudah memesan penginapan di negara tujuan kamu berlibur.

Pada dasarnya, mengajukan visa sendiri tidak sulit-sulit amat, asalkan kamu mengetahui tips dan trik cara mengajukan visa. Nah, kalau kamu takut visa kamu ditolak, coba deh baca cara membuat visa berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Restoran Halal yang Ada di Tokyo

Syarat-syarat Visa

Sebelum kamu membaca tips pengajuan visa, ada baiknya kamu ketahui dulu apa sih visa itu? Apa saja syarat-syaratnya? Visa merupakan suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara.

Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon. Nah, untuk mengajukan visa dibutuhkan berbagai macam dokumen. Berikut syarat-syara visa:

Langkah-langkah Membuat Visa

1. Isi formulir pengajuan visa yang baik dan benar

Hal pertama yang diwajibkan ketika mengajukan visa adalah mengisi formulir. Formulis ini biasanya bisa diunduh di situs pengajuan visa masing-masing kedutaan besar. Setiap negara memiliki formulir pengajuan visa yang berbeda.

Kebutuhan visa-nya sendiri berbeda-beda, ada visa turis, visa bisnis, visa working holiday, dan lain-lain. Kalau kamu hanya mau berlibur, maka pilih lah visa turis. Sebaliknya jika kamu memang ada kebutuhan untuk bekerja, maka pilih visa bisnis. Telitilah saat mengisinya, dan pastikan kalau semua data yang kamu tulis telah sesuai dengan yang seharusnya.

2. Lengkapi dokumen persyaratan

Poin yang satu ini bersinggungan dengan syarat-syarat visa yang disebutkan sebelumya. Kamu harus mempersiapkan segala dokumen penting secara lengkap. Jangan sampai tidak lengkap, karena pihak kedutaan besar biasanya akan menolak pengajuan visa karena dokumen tidak lengkap. Oleh karenanya, pastikan agar tak ada satu pun dokumen yang terlewat.

Untuk pas foto, kamu tinggal bilang ke pihak penyedia jasa pas foto. Biasanya pihak penyedia jasa pas foto sudah paham kebutuhan untuk membuat visa. Jangan lupa paspor, bukti pemesanan pesawat (pulang pergi), bukti pemesanan hotel, rencanan perjalanan, dan juga identitasmu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Menarik di Turki

3. Siapkan bukti keuangan

Selain menyiapkan dokumen yang disebutkan di atas, kamu juga musti mempersiapkan bukti keuangan. Laporan keuangan termasuk ke dalam salah satu dokumen penting yang juga harus kamu sertakan saat mengajukan visa.

Biasanya, hampir semua negara akan meminta laporan keuangan kamu dalam tiga bulan terakhir. Hanya saja memang nominalnya akan berbeda, sebagai contoh, Jepang. Negara ini biasanya akan meloloskan minimal bukti keuangan di rekeningmu Rp10 juta.

Cara mencetak bukti keuangan, kamu tinggal pergi ke bank tempat kamu menabung dan mintalah kepada petugas bank untuk mencetakkan rekening koran milikmu. Ingat, jangan sampai terjadi transaksi atau trasnferan dalam jumlah yang besar selama tiga bulan. Karena pasti akan menjadi pertanyaan pihak kedutaan besar.

4. Jangan gugup saat wawancara

Beberapa kedutaan besar ada yang menggelar wawancara ketika kamu membuat visa. Tips pengajuan visa yang satu ini juga tak kalah penting, yakni jangan gugup saat wawancara. Tujuannya tentu saja memastikan apa keperluanmu untuk berkunjung ke negara tersebut.

Selain itu, pakai pakaian yang sopan dan pantas. Pelajari dulu tujuanmu ke negara tersebut. Jawab setiap pertanyaan dengan sigap dan lugas. Tingkatkan rasa percaya diri akan membuat pewawancara akan meloloskanmu.

Nah, itu dia tadi tips dan cara membuat visa kunjungan ke negara luar. Pelajari cara-caranya dan syaratnya agar tidak ditolak! Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Tips Perjalanan Bisnis yang Wajib Diperhatikan

Exit mobile version