Lasiana Beach: Destinasi Sempurna untuk Liburan di Kupang

JNEWS – Lasiana Beach adalah destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Timur karena pemandangannya yang memesona dan jaraknya yang tidak jauh dari pusat Kota Kupang, Ibu Kota NTT. Wisatawan hanya butuh waktu 30 menit untuk menyaksikan sunset di Pantai Lasiana yang terkenal. Pengunjung dapat bersantai menikmati jagung bakar dan kelapa muda sambil menanti proses tenggelamnya matahari di ufuk.

Keunikan Lasiana Beach

Lasiana Beach: Destinasi Sempurna untuk Liburan di Kupang

Pantai Lasiana dibuka untuk umum tahun 1970-an. Pada tahun 1986, berbagai fasilitas dilengkapi karena merupakan bagian dari rencana Pemkot Kupang untuk membangun Taman Budaya Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor).

Objek utama yang diburu pengunjung adalah atraksi alam berupa matahari tenggelam. Sinar matahari yang makin condong dengan warna oranye membuat suasana pantai menjadi syahdu. Tak heran jika masyarakat berkumpul di pantai pada sore hari. Suasana makin ramai di akhir pekan.

Pantai Lasiana tidak hanya terdiri dari sunset dan laut, melainkan juga ratusan pohon lontar tinggi di sepanjang pantai. Dikutip dari myKupang, jumlahnya sekitar 719 pohon. Daun lontar digunakan masyarakat NTT untuk membuat alat musik tradisional sasando. Sedangkan pohonnya bisa disadap untuk diolah menjadi gula lontar, yang mirip dengan gula aren.

Pantai ini memiliki panjang 1.365 meter dengan panjang tanggul 515 meter. Di sebagian pantai  terdapat tembok penahan abrasi yang di atasnya terdapat pedestrian. Pedestrian ini bebas dari padagang kaki lima sehingga nyaman untuk jalan-jalan.

Baca juga: Spot Diving Terbaik di Nusa Tenggara Barat untuk Menikmati Keindahan Bawah Laut

Akses ke Lasiana Beach

Lokasi Lasiana Beach terletak di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Jaraknya dari pusat kota sekitar 12 km. Sedangkan NTT terletak di Kepulauan Nusa Tenggara atau Kepulauan Sunda Kecil. Kupang adalah Ibu Kota NTT dan kota terbesar di Pulau Timor. Kota Kupang disebut juga Karang karena kondisinya yang sangat kering di musim kemarau. Kota Kupang berada di iklim sabana tropis yang panas dengan curah hujan rendah. Karena itu, perhatikan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Lasiana.

Pantai Lasiana merupakan pesisir dari Teluk Kupang. Pantai ini dapat dicapai dengan berbagai kendaraan karena berada di jalur utama Pulau Timor sehingga dilewati transportasi umum. Transportasi umum yang bisa dipilih adalah naik bemo ke arah Oesapa, ojek online, taksi online, dan sewa kendaraan. Jalan menuju Pantai Lasiana cukup bagus dan mulus.

Sedangkan rute menuju Pantai Lasiana adalah dari Kota Kupang menuju timur laut menyusuri Jalan Timor Raya menuju ke bagian tengah Pulau Timor. Ketika sampai di penanda jarak 12 km, belok kiri. Pengunjung yang menggunakan transportasi umum dapat berjalan dari jalan raya ke pantai. Sebagai pantai yang terkenal, sangat mudah menemukan lokasi Pantai Lasiana karena ada banyak papan penunjuk.

Aktivitas Seru di Lasiana Beach

Sumber: Indonesia Kaya

 

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Lasiana adalah sore hari, tetapi pagi hari juga menarik. Hindari datang pada siang hari karena cuaca sangat panas, kecuali jika dihabiskan di dalam bangunan. Pantai Lasiana termasuk bersih dengan pasir coklat muda.

Tarif tiket masuk dewasa Rp6.000 dan anak-anak Rp3.000. Sementara ongkos parkir roda 2 Rp3.000 dan roda 4 Rp6.000.

Sedangkan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Lasiana adalah sebagai berikut.

1. Menunggu Sunset

Lasiana Beach identik dengan sunset. Rugi sekali jika sampai Lasiana tidak menunggu sunset. Sambil menunggu sunset, biasanya pengunjung berjalan-jalan di sepanjang pantai atau pedestrian tepi pantai. Matahari mulai redup setelah pukul 15.00. Sebaiknya, hindari datang terlalu siang agar tidak tersengat sinar matahari.

2. Bermain Air

Laut Lasiana termasuk tenang sehingga aman untuk bermain air atau berenang seluruh anggota keluarga. Apalagi ada tanggul laut. Namun pengunjung tetap tidak boleh lengah, terutama jika laut pasang.

3. Duduk-Duduk di Tepi Pantai

Duduk-duduk sambil mengobrol dengan teman, pasangan atau keluarga menghadap laut untuk menunggu sunset akan merekatkan hubungan. Lokasi duduk-duduk antara lain di sepanjang tepi pedestrian, lopo-lopo, atau menggelar tikar di atas pasir. Lopo-lopo adalah pondok seperti payung dengan tiang dari pohon kelapa dan atap dari pelepah kelapa atau lontar.

4. Jajan di Kafe atau Warung

Di tepi pantai sudah ada kafe-kafe yang bagus dengan menu kekinian. Ada pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah. Tapi warung-warung ini kebanyakan buka di akhir pekan. Sedangkan yang banyak dijual adalah kelapa muda, jagung bakar, dan pisang epe.

5. Main Bola Voli Pantai atau Sepak Bola

Jika laut surut, banyak anak muda yang main sepak bola atau bola voli. Permainan seru meski tanpa gawang atau net. Kadang mereka mengajak pengunjung yang tidak kenal untuk turut serta.

6. Foto-Foto

Foto wajib yang harus ada di galeri ponsel adalah foto dengan latar belakang pohon lontar, suasana pantai, dan sunset. Belakangan pengunjung juga berfoto dengan latar belakang kafe.

Baca juga: Temukan Khasiat dari 5 Bahan Pangan Khas Nusa Tenggara Timur

Berkunjung ke Kupang tak lengkap tanpa berdiam meresapi indahnya sunset di Lasiana Beach. Jika tidak ada yang mengantar, cukup buka aplikasi ojek online maka Lasiana akan berada di depan mata 20-30 menit kemudian.

Exit mobile version