Memudahkan Bisnis UMKM, Ini Keunggulan Layanan Jemput Paket JNE

JNEWS – Dari tahun ke tahun, JNE selalu menghadirkan inovasi yang memudahkan pelanggan dalam mengirimkan barang. Salah satu yang menjadi favorit pelanggan bisnis UMKM adalah layanan jemput paket JNE.

Barangkali ada yang berpikir bahwa layanan jemput paket JNE ini berarti kurir akan mendatangi toko atau rumah pebisnis. Sayangnya, konsepnya tidak seperti itu.

Layanan jemput paket atau JNE Pick-Up Point (PIPO) memungkinkan pengirim dan juga penerima dalam memilih cara mengirimkan barang dengan cara diambil sendiri di kantor cabang JNE terdekat. Namun, perlu diperhatikan adalah apakah cabang tersebut memiliki layanan PIPO atau tidak.

Mengenal Layanan Jemput Paket JNE

Saat Paket JNE Belum Sampai, Apa yang Harus Dilakukan?

JNE Pick-Up Point merupakan layanan yang memudahkan proses pengiriman paket. Menggunakan layanan ini, pebisnis UMKM tentunya mempunyai kesempatan dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam  memilih paket dengan cara mengambil langsung di cabang JNE terdekat yang menyediakan layanan ini.

Tentu saja hal ini akan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memilih opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan dan lebih fleksibel. Layanan jemput paket JNE ini bisa digunakan untuk berbagai jenis pengiriman paket JNE. Mulai dari pengiriman dalam kota, antar kota, mengirim pesanan online bahkan kirim dokumen penting.

Bagi pebisnis UMKM, layanan ini bisa menjadi ceruk bagus yang ditawarkan pada pelanggan yang tidak bisa menerima paket secara langsung atau memiliki jadwal pekerjaan yang padat. Karena, penerima bisa mengambil paket kapan saja dalam rentang waktu lima hari sejak paket tersebut tiba di cabang JNE yang memiliki layanan PIPO.

Lantas bagaimana cara melakukan request pick up dan jam berapa pihak JNE bisa melakukannya?

Jadi request pick up bisa dilakukan melalui customer service JNE. Sedangkan untuk waktunya, merujuk dari website resmi JNE, waktu kerjanya 24/7, yang pasti sesuai dengan request customer service.

Nantinya petugas akan datang maksimal 90 menit dari jam ready pick up. Apabila ada perubahan jadwal dari penerima, maka harus melaporkan terlebih dulu pada customer service.

Baca juga: Kesalahan yang Umum Terjadi dalam Cara Bungkus Paket JNE yang Perlu Diketahui

Keunggulan Layanan Jemput Paket JNE

1. Adanya Fleksibilitas dalam Pengiriman Paket

Layanan dari jemput paket JNE ini memberikan fleksibilitas bagi pengirim paket untuk memilih cabang JNE mana saja yang terdekat dan menyediakan layanan ini. Jadi, penerima pun dapat mengambil paket kapan saja dalam rentang waktu lima hari setelah paket tiba.

2. Cocok untuk Pelanggan yang Sibuk dan Membutuhkannya Secara Cepat

Kadang kala ada paket yang sangat urgent sehingga dengan mendatangi langsung kantor cabang JNE adalah solusi yang praktis. Begitu pula bagi pelanggan yang sibuk dan mesti melakukan perjalanan ke luar kota sehingga tidak bisa menerima kiriman secara langsung. Menggunakan layanan jemput paket JNE ini, pelanggan akan lebih leluasa dalam memilih waktu serta tempat pengambilan paket sesuai jadwal mereka.

3. Kemudahan yang Diberikan dalam Pengambilan Paket

Melalui JNE PIPO, penerima dapat mengambil paket di cabang JNE terdekat yang menyediakan layanan PIPO. Apalagi untuk jadwal pengambilan bisa dengan cara request ke customer service. Apabila ada perubahan pun bisa dilakukan dengan mengontak CS saja.

4. Pertimbangan Keamanan

Layanan JNE PIPO akan memberikan keamanan ekstra bagi pengiriman paket. Paket-paket tersebut akan disimpan di cabang JNE sehingga dipastikan aman dan terkendali.

5. Hemat Biaya dan Waktu

Hadirnya layanan ini, pengirim bisa menghemat waktu dan biaya. Mengapa demikian? Karena pelanggan tidak perlu menunggu pengiriman langsung ke alamat mereka ataupun mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman di hari dan jam tertentu.

6. Lebih Menjaga Privasi

Ada kasus tertentu di mana penerima tidak menginginkan penerimaan paket langsung di alamat mereka. Alasannya terkait keamanan dan privasi. JNE sangat menghargai privasi pelanggan, sehingga layanan jemput paket JNE ini merupakan solusi praktis dan efisien agar mereka bisa mengambil paket sendiri di cabang terbedak tanpa perlu merasa khawatir akan keamanan serta privasi.

Langkah-Langkah Melakukan Layanan Jemput Paket JNE

Untuk bisa menikmati layanan ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan baik dari sisi pengirim maupun penerima. Berikut ulasannya.

1. Menghubungi Customer Service

Langkah pertama adalah pengirim harus mengontak customer service di counter JNE bahwa kamu akan menggunakan layanan jemput paket JNE.

2. Mengisi Data Penerima di Resi Pengiriman

Langkah berikutnya adalah mengisi data penerima dengan lengkap mulai dari nama, nomor identitas seperti KTP atau SIM di resi pengiriman. Pengirim juga mesti memilih lokasi cabang JNE yang menyediakan layanan ini di tempat pengambilan kota tujuan.

3. Menerima Bukti

Berikutnya setelah data diisi dan memilih lokasi, petugas cabang JNE dari tempat pengiriman akan memberikan bukti pengiriman berupa PIN yang bersifat rahasia dan nomor resi.

4. Memberitahu Nomor Resi dan PIN ke Penerima

Pengirim wajib memberitahukan nomor resi serta PIN kepada penerima, agar nantinya mereka bisa mengambil paket saat sudah tiba di kota tujuan.

5. Pengambilan Kiriman

Setelah paket terkirim dan tiba di kota tujuan, penerima mesti ke cabang JNE yang telah ditentukan oleh pengirim. Tiba di cabang JNE, penerima wajib menunjukkan nomor resi dan PIN serta identitasnya. Verifikasi akan dilakukan oleh petugas JNE. Apabila telah selesai, paket bisa diambil.

6. Tanda Tangan Resi Pengiriman

Terakhir adalah menandatangani resi pengiriman sebagai bukti pengambilan setelah kiriman diambil.

Baca juga: Cek Paket JNE sebelum Pengiriman: Ceklis agar Kiriman Aman

Bisa disimpulkan, layanan jemput paket JNE adalah solusi ideal akan kebutuhan pengiriman dari sisi bisnis UMKM dan penerimaan paket yang praktis, cepat dan tentunya bisa diandalkan bagi pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi atau membutuhkan paketnya segera mungkin.

 

Exit mobile version