Leadership: Pengertian dan Mengapa Penting untuk Dipelajari?

Leadership: Pengertian dan Mengapa Penting untuk Dipelajari?

Dalam dunia kerja atau organisasi dikenal salah satu istilah yang sering didengar yaitu leadership. Leadership adalah keterampilan memimpin sekelompok orang dalam mencapai suatu tujuan.

Memilih seorang pemimpin, ada bermacam faktor yang akan dipertimbangkan. Tidak dimungkiri, faktor leadership juga menjadi salah satu hal utama penentu seseorang menjadi pemimpin. Karena dengan leadership skill ini secara langsung akan memengaruhi jalannya kesuksesan perusahaan, lembaga, instansi atau organisasi yang dipimpinnya.

Sayangnya, masih sedikit yang memahami bahwa keterampilan leadership tak hanya tentang cara memimpin tapi ada banyak faktor lain yang saling melengkapi untuk membuat seseorang memiliki skill ini. Itulah mengapa leadership penting untuk dipelajari.

Memahami Pengertian Leadership

Menurut Kevin Kruse, CEO of LEADx dan penulis Great Leaders Have No Rules, seperti yang dikutip di laman Forbes, leadership adalah sebuah proses pengaruh sosial, di mana bisa memaksimalkan usaha orang lain untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian lain dari John Maxwell (seorang penulis dan pembicara yang fokus pada tema kepemimpinan), leadership adalah pengaruh – tidak lebih dan tidak kurang.

Dari dua pengertian di atas, bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa leadership adalah tentang pengaruh seseorang di mana bisa mengarahkan dan melakukan koordinasi yang baik dengan orang-orang yang bekerja dengannya untuk bersama-sama mencapai tujuan.

Baca juga: Indonesia Negara Nomor 2 Paling Positif, Ini Cara untuk Selalu Positif Setiap Hari (Riset Gallup)

Faktor yang Dibutuhkan dalam Mengembangkan Leadership Skill

Sebagian orang sering menganggap bahwa leader dan leadership memiliki arti dan makna yang sama. Padahal kedua kata tersebut sangat jauh berbeda.

Seorang pemimpin (leader) belum tentu memiliki keterampilan leadership yang baik. Sebaliknya, seorang yang memiliki leadership skill yang baik, bisa disebut sebagai seorang pemimpin (leader).

Untuk bisa memiliki keterampilan leadership, beberapa faktor di bawah ini penting untuk diasah dan dipelajari, antara lain :

Tidak berhenti di situ saja, orang yang memiliki leadership bisa memotivasi, menginspirasi dan memberikan contoh kerja serta perilaku yang baik bagi timnya. Sehingga, bisa menciptakan ruang lingkup kerja yang kondusif dan nyaman.

Sudah sangat jelas bahwa leadership yang mumpuni penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Apabila merasa belum cukup menguasai, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan terus mengasah kemampuan tersebut mulai sekarang.

5 Alasan Mengapa Leadership Penting untuk Dipelajari

 

Sebenarnya leadership adalah hal esensial bagi semua orang. Tidak menunggu mesti menjadi seorang pemimpin perusahaan atau organisasi baru mempelajari hal ini. Dalam kehidupan sehari-hari pun ini dibutuhkan karena erat kaitannya dengan bagaimana cara memimpin diri sendiri agar mampu menjalankan sesuatu secara efisien.

Berikut ini alasan mengapa leadership penting untuk dipelajari.

1.    Mampu memberikan motivasi dan bimbingan

Dengan kemampuan leadership, seorang pemimpin bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan kepemimpinan bisa dilihat dari bagaimana cara dia memberikan penghargaan atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Termasuk di dalamnya kinerja yang telah dilakukan anggota timnya.

Penghargaan yang diberikan ke anggota tim bisa meningkatkan motivasi dan suasana kerja pun lebih nyaman.

Selain motivasi, memberikan bimbingan juga harus bisa dilakukan oleh seorang pemimpin. Memberi bimbingan dalam hal bukan sekadar menyampaikan apa yang mesti dilakukan, tapi mampu menjelaskan tentang sesuatu hal. Karena terkadang, seseorang dalam bekerja membutuhkan bantuan tambahan dan seorang pemimpin harus mengambil langkah terbaik seperti apa untuk melakukannya.

2.    Bisa membawa perubahan

Seorang pemimpin dengan leadership skill yang baik bisa menciptakan sebuah perubahan dan melahirkan inovasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi.

Sebuah perubahan tentunya tidak datang begitu saja, namun butuh sosok yang mampu mengarahkan anggota tim untuk melakukan tindakan yang memberikan efek bagi perusahaan. Perubahan ini bisa dimulai dengan munculnya strategi-strategi bisnis, perubahan pola kerja dan juga kebijakan.

Perubahan juga identik dengan inovasi. Yang membedakan seorang pemimpin dan pengikut adalah inovasi itu sendiri. Leadership bisa membawa seorang pemimpin menjadi sosok yang membawa perubahan dan inovatif.

3.    Berorientasi pada solusi

Kemampuan leadership membuat seseorang akan fokus pada solusi untuk mengurai masalah-masalah. Tapi, sayangnya masih banyak yang lebih memikirkan siapa yang salah, siapa yang memulai ketimbang mengambil tindakan terbaik untuk mengatasi permasalahan.

Seorang yang berjiwa leadership tidak akan sekedar hadir saja tapi mampu memahami bagaimana menyelesaikan permasalahan tanpa membuat masalah tersebut berlarut-larut dan menjadi besar. Selain itu dia juga mampu mendorong anggota tim untuk terus bersemangat dalam menjalankan pekerjaan.

Keterlibatan seorang pemimpin dalam proses penyelesaian masalah tentu saja akan menambah wawasannya tentang bagaimana cara berkomunikasi, mengenal karakter dan berhadapan dengan orang lain dalam sebuah masalah.

4.    Mampu meningkatkan produktivitas

Dari leadership skill pun seorang pemimpin bisa menunjukkan sejauh apa pemahamannya terhadap kemampuan dari anggota-anggotanya. Apabila muncul sebuah masalah, pemimpin yang baik akan mendengarkan semua pendapat dan keluhan dari anggotanya. Melakukan hal ini, membuat anggota tim merasa dihargai dan bisa membangun kepercayaan mereka terhadap pemimpinnya.

Ketika seorang pemimpin mampu mendengarkan, akan tercipta sebuah target kerja yang realistis, bisa dikelola bersama dan efeknya bisa meningkatkan produktivitas dan pekerjaan pun bisa selesai tepat waktu.

5.    Mampu untuk menentukan visi

Dalam memimpin suatu perusahaan atau organisasi, visi ini penting untuk dimiliki. Orang yang memiliki leadership mampu menunjukkan ke anggota tim visi dari organisasi atau perusahaan. Ketika sudah paham dengan visi perusahaan dan visi seperti apa dalam menjalankan pekerjaan maka pemimpin akan mampu menjelaskan serta meyakinkan anggota tentang apa yang mesti dilakukan agar bisa mencapai target.

Baca juga: 4 Hari Kerja Seminggu: Apa Plus Minusnya?

Jadi, dari ulasan di atas, leadership adalah hal esensial dalam menjalankan roda perusahaan atau organisasi. Karena dengan leadership bisa menciptakan strategi bisnis mumpuni demi perkembangan bisnis dan juga kesejahteraan karyawan. Selain itu, leadership juga bisa menciptakan iklim kerja yang kondusif dan ini akan berpengaruh ke produktivitas.

Exit mobile version