Lebih Murah, Ini Beda Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 4 dirilis

Samsung resmi merilis smartphone flagship terbarunya, yakni Samsung Galaxy Z Flip 4 lewat ajang Galaxy Unpacked yang diadakan di New York, Amerika Serikat, pada Rabu malam (10/8). Galaxy Z Flip 4 hadir sebagai penerus dari Galaxy Z Flip 3. Lalu apa yang menjadi pembedanya?

Seperti biasanya, smartphone baru pasti memiliki sejumlah peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Namun, ada yang menarik dari Galaxy Z Flip 4 ini, yakni harga peluncurannya yang lebih murah ketimbang Galaxy Z Flip 3 diluncurkan tahun lalu.

Harga peluncuran Galaxy Z Flip 3 ketika diluncurkan di angka Rp14.999.000. Sementara yang terbaru ini diluncurkan hanya selisih Rp1 juta lebih murah, yakni Rp13.999.000. Berikut ini beda Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 3.

Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Z Flip 3

1. Desain

Dari segi desain sepertinya tidak ada yang menjadi pembeda signifikan. Hanya ada tepian di Galaxy Z Flip 4 yang lebih membentuk persegi dan rata. Kemudian di sisi tombol, kini dibuat lebih menonjol dengan ukuran lensa kamera yang sedikit lebih besar. Oh iya, engsel pada ponsel ini pun dibuat sedikit lebih tipis atau ramping dengan selisih hanya sekitaran 1 mm.

Maka dari itu, kalau sepintas dilihar secara kasat mata, tidak ada perbedaan desain yang signifikan di antara keduanya. Untuk pilihan warna tersedia pihlihan warna Graphite, Bora Purple, Pink Gold dan Blue. Ada juga pilihan Bespoke Edition hingga 75 kombinasi. Sementara untuk generasi sebelumnya terdapat pilihan warna Cream, Lavender, Phantom Black dan Green dengan opsi Bespoke Edition yang tidak sebanyak sekarang.

2. Layar

Dari desain, beralih ke layar, di mana keduanya sama-sama punya layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inch dengan resolusi 2640 x 1080 piksel. Perbedaan hanya terlihat dari bezel pinggiran layar yang kini lebih tipis. Untuk refresh rate, generasi sebelumnya dibekali refresh rate 120Hz, sedangkan yang terbaru punya adaptive refresh rate 1-120Hz yang bikin awet baterai.

Adapula dukungan HDR10+. Kemudian untuk layar kedua menggunakan panel Super AMOLED 1,9 inch dengan resolusi 512 x 260 pixel. Di Generasi terbaru sudah dibekali opsi tema yang beragam, termasuk kemampuan utnuk merekam foto secara portrait.

3. Spesifikasi

Spesifikasi Galaxy Z Flip 4 kini lebih canggih dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang punya RAM 8GB. Sementara generasi sebelumnya menggunakan chipset Snapdragon 888 dengan RAM 8GB. Dari kapasitas penyimpanannya, kini punya hadir dengan tiga varian kapasitas penyimpanan, yakni 128GB, 256GB, dan 512GB.

Di generasi sebelumnya hanya ada dua, yakni 128GB dan 256GB. Kapasitas baterainya juga meningkat dari yang sebelumnya 3300 mAh menjadi 3700 mAh. Samsung turut membekali generasi terbaru ini dengan pengisian kabel 25W dan keduanya juga sudah mendukung pengisian wireless.

4. Kamera

Ngomong-ngomong soal kamera, di generasi sebelumnya ada kamera ganda di bagian luar dengan konfigurasi 12 MP dengan lensa wide bukaan f/1.8 dan lensa utra wide dengan bukaan f/2.2. Untuk kamera selfie-nya mengandalkan lensa 10 MP dengan bukaan f/2.4.

Di generasi terbaru ini sebenarnya menggunakan konifigurasi yang sama. Namun di generasi terbaru kamera utama di bagian luar diklaim 65 persen lebih terang, semula 1,4µm piksel ke 1,8µm piksel. Ada juga mode Nightography pada Z Flip 4 untuk foto di malam hari.

Exit mobile version