Tip dan Panduan Berkunjung ke Legoland Malaysia bersama Keluarga

JNEWS – Legoland Malaysia merupakan wahana yang masuk ke banyak daftar kunjungan keluarga-keluarga Indonesia yang berencana ke Malaysia. Wahana ini mengambil inspirasi dari merek mainan yang telah lebih dahulu terkenal.

Legoland pertama kali dibuka pada tahun 1968 di Denmark. Setelah itu, Legoland dibuka di berbagai negara hingga mencapai Malaysia pada tahun 2012. Legoland Malaysia merupakan Legoland yang terdekat dari Indonesia.

Daya Tarik Legoland Malaysia

Tip dan Panduan Berkunjung ke Legoland Malaysia bersama Keluarga

Meski merupakan taman bermain yang diperuntukkan bagi anak-anak, tentu saja anak-anak Indonesia harus didampingi para orang tua. Keluarga Indonesia juga sudah biasa liburan dengan keluarga besar dengan mengajak kakek, nenek, tante, om dan sepupu-sepupu. Itu tidak masalah karena banyak wahana yang bisa dicoba orang dewasa meski tidak ekstrem.

Ada 4 tema utama yang ditawarkan oleh Legoland. Apa saja?

1. Theme Park

Theme Park menyediakan lebih dari 20 permainan. Theme Park ini dibagi lagi menjadi 4 area dengan tema khusus, yaitu:

  1. Lego® Kingdoms, yaitu zona permainan yang menyerupai kerajaan dongeng, tempat para raja menaklukkan naga. Di sini ada permainan Royal Joust, Dragon’s Apprentice, Merlin’s Challenge, The Dragon, Castle Stage, The Forestmen’s Hideout.
  2. Miniland, merupakan zona wajib karena merupakan ikon dari merek Lego®. Pengelola telah membangun 17 miniature landmark Asia dengan menyusun 30 juta keping lego, antara lain Menara Kembar Petronas dari Malaysia, , Merlion dari Singapura, dan Taj Mahal dari India.
  3. Imagination, yaitu zona ketangkasan fisik yang terinspirasi dari DUPLO®. Anak-anak dapat bermain di area DUPLO® Playtown, Lego® Studios, Kids Power Tower, Build & Test, DUPLO® Express, dan Observation Tower.
  4. Land of Adventure, yaitu permainan yang mengajak anak-anak kembali ke zaman Firaun dan dinosaurus. Di sini anak-anak bisa menjajal atraksi Dino Island, Lost Kingdom Adventure, Beetle Bounce, dan Pharaoh’s Revenge.
  5. Lego® Ninjago™ World, yaitu permainan untuk mengasah keterampilan sebagai ninja hingga bisa mencapai Master Spinjitzu. Atraksi yang ada di area ini adalah Lego® Ninjago™ The Ride, Cole’s Rock Climb, Nya’s Practice, Zane’s Temple Build dan Kai’s Spinner.

Baca juga: Warisan UNESCO di Pulau Penang: Menyelami Keunikan George Town

2. Water Park

Anak-anak usia di bawah 3 tahun wajib mengenakan diaper antiair. Ada 20 permainan di sini tetapi tidak semua bisa dicoba oleh anak-anak. Ada peraturan tinggi badan yang wajib dipatuhi sebagai berikut:

  1. Di bawah 95 cm hanya boleh bermain di area Buit-A-Boat dan Imagination Station.
  2. Tinggi badan antara 95 hingga 105 cm boleh bermain di area Buit-A-Boat, Imagination Station Joker Soaker dan DUPLO® Splash Safari.
  3. Tinggi badan di atas 105 cm boleh bermain di area Buit-A-Boat, Imagination Station Joker Soaker, DUPLO® Splash Safari, Lego® Wave Pool, Brick Blaster, Buid-A-Raft River, Red Rush, Lego® Slice Racers, Splash & Swirl, Twin Chaser, Tidal Tube, Wave Rider dan Splash Out.

3. Sea Life Aquarium

Di aquarium ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai kehidupan air laut, antara lain kolam yang dihiasi bebatuan, hutan Malaysia, batu koral, bangkai kapal yang tenggelam, gua laut, ikan pari, ubur-ubur, terowongan laut dan kuda laut. Pengunjung juga dapat membuat efek foto seolah berada di dalam aquarium bersama ikan-ikan. Di sini juga ada media gambar digital yang akan membuat anak-anak antusias menggambar kehidupan laut.

4. Special Events

Atraksi ini diselenggarakan untuk merayakan hari tertentu, misalnya Imlek, Lebaran, liburan sekolah, peluncuran produk, dan sebagainya. Di bagian ini ada pertunjukan atau live show dari berbagai grup sesuai tema, baik dari dalam maupun dari luar Malaysia.

Cara Mencapai Legoland Malaysia

Legoland terletak di Johor Bahru, Malaysia. Transportasi ke Legoland cukup mudah dan terjangkau, hanya saja rute dari Jakarta perlu beberapa pertimbangan.

Johor Bahru berada di ujung selatan Malaysia yang jauh dari Kuala Lumpur, tetapi hanya dihubungkan oleh jembatan dengan Singapura. Jika dari Jakarta turun di Kuala Lumpur, maka untuk ke Johor Bahru harus naik pesawat lagi atau naik mobil selama 3,5 jam.

Jika dari bandara Changi Singapura, wisatawan bisa naik bus atau kereta ke JB Sentral selama 1 jam, kemudian dilanjutkan naik taksi online ke Legoland selama setengah jam. Di sini, wisatawan harus melewati imigrasi karena tidak sebebas Uni Eropa meski perbatasan sangat dekat.

Jam Buka dan Harga Tiket Legoland Malaysia

Jam buka Legoland Malaysia adalah sebagai berikut:

  1. Theme Park: Buka setiap hari jam 10.00-18.00 waktu Malaysia. Pintu masuk dibuka hingga jam 17.00. Untuk hari-hari khusus, misalnya perayaan Imlek, buka hingga jam 19.00.
  2. Water Park: Hari Selasa tutup. Hari lain buka jam 10.00-18.00 waktu Malaysia. Pintu masuk dibuka hingga jam 17.00.
  3. Sea Life Aquarium: Buka setiap hari jam 10.00-18.00 waktu Malaysia. Pintu masuk dibuka hingga jam 17.00.

Legoland juga memiliki jadwal perawatan sehingga akan menutup salah satu area permainan secara bergiliran. Jika sudah mengincar arena permainan tertentu, pastikan area tersebut tidak tutup di tanggal rencana kunjungan. Informasi perawatan arena ada di laman resmi Legoland Malaysia.

Berikut harga tiket Legoland Malaysia yang ditawarkan dalam beberapa paket. Kurs ringgit Malaysia berkisar 1 RM = Rp3.300.

  1. Theme Park = dewasa RM199; lansia dan anak-anak RM169; di bawah 3 tahun gratis.
  2. Theme Park + Sea Life Aquarium = dewasa RM279; lansia dan anak-anak RM219; di bawah 3 tahun gratis.
  3. Theme Park + Sea Life Aquarium + Water Park = dewasa RM339; lansia dan anak-anak RM279; di bawah 3 tahun gratis.
  4. Water Park = dewasa RM149; lansia dan anak-anak RM129; di bawah 3 tahun gratis.
  5. Sea Life Aquarium = dewasa RM89; lansia dan anak-anak RM69; di bawah 3 tahun gratis.

Tip Berkunjung ke Legoland Malaysia

Sumber: tiket.com

Agar kunjungan memuaskan, berikut adalah beberapa tip yang penting untuk diperhatikan:

  1. Berhubung sebagian besar merupakan wahana luar ruangan, sebaiknya kunjungan direncanakan pada musim kemarau.
  2. Gunakan busana sesantai dan senyaman mungkin.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki jauh.
  4. Ikuti aturan pengelolan terkait batasan usia dan tinggi badan demi keamanan.
  5. Gunakan tabir surya berkualitas dan bawa payung.
  6. Meski dirancang unuk anak-anak, jangan melepas pengawasan selama berada di Legoland karena banyak permainan fisik.
  7. Tunjukkan pada anak-anak tentang petugas atau pos yang harus mereka datangi jika terpisah dari rombongan atau keluarga.

Baca juga: Panduan Terlengkap untuk Liburan Keluarga di Universal Studio Singapore

Panduan lengkap untuk mengunjungi Legoland Malaysia di atas harus dicek kembali dengan informasi terkini dari pengelola karena harga tiket dan jadwal bisa saja berubah. Namun panduan tersebut dapat membantu mempersiapkan rencana ke Legoland mengingat letaknya yang unik.

Exit mobile version