Liburan Naik Mobil Pribadi, Ada Razia Rapid Test Antigen

Ilustrasi kepadatan lalu lintas di Cikampek

Pemerintah rupanya juga akan melakukan random rapid test antigen bagi maryarakat yang akan berlibur saat Natal dan tahun baru. Termasuk juga mobil pribadi yang akan keluar masuk Jakarta.

Bahkan, Korlantas Polri sudah akan menggelar random rapid test antigen di seluruh rest area yang ada dari Merak hingga Cikampek. Tujuannya, untuk menekan paparan Covid-19 saat libur panjang.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, kepolisian dalam gelaran Operasi Lilin Tahun 2020 mendapat tugas baru, yakni bertanggung jawab atas kontrol pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di rest area.

BACA JUGA : Libur Panjang, Keluar Masuk Jakarta Wajib Rapid Test Antigen

Ilustrasi rapid test antigen
Ilustrai rapid test antigen/dok. alodokter

“Mulai Banten hingga Cikampek, ada sekitar 70 titik rest area, nantinya kita akan gelar random cek khusus menggunakan swab antigen bagi pengunjung yang melanggar protokol kesehatan,” kata ucap Istiono dilansir dari NTMC Polri, Jumat (18/12/2020).

Isition mengatakan pada Operasi Lilin Tahun 2020, Polri akan menegerahkan 123.451 personel di seluruh Indonesia. Target utamanya adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta terjadinya kerumunan massa.

“Mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal serta Tahun Baru, dan terciptanya Kamseltibcarlantas demi menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan,” kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, sudah menetapkan selain penumpang transportasi umum, pihaknya akan mengerahkan petugas untuk melakukan random rapid test antigen bagi pengendara mobil pribadi.

BACA JUGA : Vaksin Covid-19 Jadi Titik Terang Pelaku UMKM

Ilustrasi kemacetan di tol Cikampek

Lokasinya dan teksnisnya sampai saat ini masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhun), namun Riza memastikan bila hal tersebut berlaku bagi pengguna mobil pribadi yang ingin masuk atau keluar dari Jakarta.

Kemenhub sendiri juga sudah mengatakan hal senada, fokus utamanya nanti bagi bagi masyarakan yang akan melakukan perjalanan darat melalui tol.

Namun demikian, random rapid test antigen sendiri akan dilakukan secara acak, tidak semua pengendara mobil pribadi akan dilakukan pengetesan.

Exit mobile version