Liburan ke Taman Hiburan Kini Lebih Aman dengan CleanXperience, Apa Itu?

Traveloka CleanXperience – Meski virus corona masih beredar, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang sudah mulai memilih kapan akan berlibur. Buat kamu yang memiliki rencana untuk berlibur, terutama berlibur ke taman hiburan, kamu kini bisa liburan dengan seru dan aman.

Hal ini karena beberapa waktu lalu Traveloka merilis program CleanXperience. CleanXperience sendiri merupakan satu dari serangkaian program terbaru dari Traveloka yang tergabung ke dalam kampanye Traveloka Clean Partners. Adapun program ini memiliki tujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di era new normal, terutama di tempat-tempat hiburan dan perawatan.

Dalam menjalankan program ini, Traveloka bersama dengan ribuan mitranya menerapkan protokol CHS (Clean Health Safety), di mana kesehatan pengunjung menjadi yang utama. Program CleanXperience sudah dijalankan oleh Traveloka secara bertahap sejak bulan Juni 2020 kemarin dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 1.000 mitra yang bergabung ke dalam program ini di sekitar 64 kota di Indonesia.

Mitra yang tergabung ke dalam CleanXperience ini berasal dari 12 industri yang berbeda, di antaranya atraksi, kebun binatang, taman wisata, salon, spa dan kecantikan, olahraga, tur lokal, dan hiburan lainnya.

Baca Juga: Tips Berlibur Ke Taman Hiburan yang Aman di Masa New Normal

Protokol Kebersihan CleanXperience

traveloka cleanxperience

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Traveloka memastikan jika mitra yang tergabung ke dalam program CleanXperience ini berkomitmen penuh dalam menerapkan standar protokol kesehatan yang dianjurkan oleh lembaga pemerintahan atau regulator dan organisasi kesehatan lainnya. Karenanya, berikut ini merupakan protokol kebersihan yang diterapkan mitra CleanXperience:

1. Mengurangi kapasitas tempat

Meski tempat wisata sudah diperbolehkan buka sejak bulan Juni 2020 lalu, pemerintah tetap memberikan syarat untuk pengelola tempat hiburan. Salah satu syarat yang musti diterapkan adalah pembatasan jumlah pengunjung, di mana hanya diperbolehkan 50% dari kapasitas normal dalam satu waktu tertentu.

2. Menerapkan physical distancing

Poin kedua yang tak kalah penting adalah menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Pihak pengelola akan memberikan jarak setidaknya satu sampai dua meter di setiap bangku dan antrean.

3. Memakai peralatan pelindung

Setiap pengunjung maupun staf berada di kawasan tempat hiburan wajib mengenakan masker setiap saat. Bahkan jika memungkinkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lain, seperti misalnya face shield guna menghindari penularan.

4. Melakukan pengecekan suhu tubuh

Sebelum masuk ke tempat wisata atau perawatan, pihak pengelola akan melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika ternyata ada pengunjung yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat atau memiliki masalah pernapasan maka akan dilarang masuk.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Trekking di Bogor yang Seru

5. Menyiapkan fasilitas sanitasi

Menjaga kebersihan menjadi tanggung jawab pihak pengelola dan penunjung. Karenanya, agar tetap bersih dan sehat, mitra CleanXperience menyediakan tempat mencuci tangan berikut sabun atau antiseptik di area lokasi.

6. Melakukan desinfeksi teratur

Selain menyiapkan tempat cuci tangan, mitra CleanXperience juga wajib rutin membersihkan permukaan dan fasilitas yang sering disentuh oleh pelanggan. Pembersihan menggunakan cairan disinfektan ini minimum dilakukan tiga kali sehari.

7. Menerapkan pembelian tiket online

Untuk bisa memasuki tempat hiburan, pengunjung tak lagi bisa membeli tiket secara langsung. Pembelian tiket dilakukan secara online untuk mengurangi kontak fisik.

8. Melakukan transaksi non-tunai

Selain pembelian tiket secara online, mitra CleanXperience juga musti menerapkan transaksi non-tunai di tempatnya. Transaksi ini berlaku untuk semua, mulai dari pembelian makanan, minuma, hingga souvenir.

9. Memasang panduan kebersihan

Pihak pengelola menyediakan panduan protokol kebersihan di sekitar lokasi sebagai panduan bagi staf dan pengunjung.

10. Menyiapkan protokol darurat

Memastikan bahwa sudah terdapat kotak Pertolongan Pertama dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi.

Nah, itu dia tadi 10 protokol keamanan yang disiapkan oleh mitra Traveloka melalui program Traveloka CleanXperience. Sudah siapkah kamu untuk pergi ke taman hiburan?

Baca Juga: Ini 5 Spot Foto Kece di Negeri Istana

Exit mobile version