Indahnya Likupang yang Menjadi Salah Satu Destinasi Super Prioritas

Dulu wisata di Provinsi Sulawesi Utara identik dengan Taman Laut Bunaken, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa bumi nyiur melambai ini memiliki segudang potensi wisata menakjubkan. Salah satu yang menjadi perhatian wisatawan sekarang ini adalah Likupang.

Mengenal Likupang dan Daya Tarik Alamnya yang Memesona

Di tahun 2019, wilayah Likupang yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara oleh pemerintah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Lalu di tahun 2020, Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno menetapkan lima destinasi Super Prioritas, yang meliputi Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur.

Baca juga: 5 Destinasi Super Priotitas UMKM, Termasuk MotoGP Mandalika

Likupang menjadi bagian dari KEK dan Destinasi Super Prioritas karena mempunyai potensi, keunikan dari berbagai tempat wisata juga budaya dan daya tarik wisata yang besar. Namun masih memiliki catatan bahwa mesti ada sentuhan agar bisa berkembang laiknya Bali.

Perjalanan menuju Likupang bisa kamu tempuh dengan mobil selama 1,5-2 jam. Infrastruktur ke Likupang sudah sangat memadai, jalannya sudah diaspal dan aman untuk dilewati. Jalan menuju ke Likupang agak berkelok-kelok, jadi bagi kamu yang sering mabuk darat pastikan sudah minum obat antimabuk sebelum melakukan perjalanan.

Ketika kamu menginjakkan kaki ke Likupang, kamu akan terpukau dengan pemandangan alam yang eksotik. Di kawasan pesisir ini tersimpan surga wisata yang bisa dikunjungi mulai dari pantai, bukit, hutan bakau, savana hingga pemandangan bawah laut.

Likupang adalah surga bagi kamu yang hobi snorkeling dan menyelam

Kamu akan menemukan pantai yang panjang dengan pasir putih bersih, jernihnya air laut yang berwarna biru serta panorama bukit nan hijau membingkai manis keindahan alam Likupang.

Airnya sangat jernih belum terkontaminasi dengan sampah seperti halnya Bunaken. Kamu bisa menikmati keragaman biota laut serta keindahan terumbu karang. Di tahun 2007, ditemukan penyu hijau yang merupakan spesies langka di pantai Likupang. Ini menandakan bahwa ekosistem laut di wilayah tersebut masih terjaga.

Tertarik ingin berkunjung ke Likupang? Berikut 7 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke sana.

6 Destinasi Wisata Likupang yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Paal

pantai paal likupang

Pantai ini bisa disandingkan dengan Pantai Kuta di Bali. Hamparan pasir putih bersih, air laut berwarna biru dan jernih lalu ada perbukitan berwarna hijau yang membentang menjadi daya tarik utama dari Pantai Paal.

Foto doc. Pribadi Inge Anggarian

Di sini kamu bisa mencoba aktivitas banana boat sambil mengelilingi pantai. Kamu juga bisa bersantai di pasir putih yang lembut ditemani camilan pisang goreng khas Manado. Pantai Paal juga menyediakan fasilitas seperti lahan parkir, toilet dan tempat ibadah.

2. Pantai Pulisan

Terletak di Jalan Pulisan kecamatan Likupang Timur, Pantai Pulisan pun tak kalah menarik dengan Pantai Paal.

Di Pantai Pulisan bisa dikatakan memiliki ‘paket komplet’. Hamparan pasir putihnya mempunyai tiga bagian yang dipisahkan oleh tebing batu yang menjorok menuju arah laut. Bibir Pantai Pulisan lumayan panjang. Dari tebing batu tersebut terbentuk sebuah gua cantik secara alami. Kamu bisa menikmati pemandangan gua cantik ini dengan menyelam.

Berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, dan menyelam bisa kamu lakukan di sini untuk menikmati pesona Pantai Pulisan. Atau kamu bisa juga berkunjung ke rumah apung ikonik yang berada di pas tengah laut pantai ini.

3. Bukit Pulisan

Selain pantai ada juga Bukit Pulisan. Di sini sering dijadikan spot foto wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk mencapai Bukit Pulisan, kamu harus melakukan trekking kurang lebih 30 menit sampai 1 jam agar bisa mencapai puncak bukit.

Tenaga yang terkuras selama trekking akan dibayar lunas dengan pemandangan alam yang memesona dari atas Bukit Pulisan. Kamu akan melihat hamparan rumput hijau laiknya sebuah karpet alam dan pesona laut berwarna biru tosca yang jernih.

Baca juga: 5 Wisata Pulau Menarik di Sulawesi Utara

4. Pulau Lihaga

Belum banyak wisatawan yang tahu bahwa di Pulau Lihaga ada spot diving menarik dan menakjubkan! Semuanya masih bersih. Dengan luas kurang lebih enam hektare, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk menjajal keindahan pulau ini. Di sore hari, kamu bisa menikmati sunset yang memesona.

Untuk menuju Pulau Lihaga kamu butuh waktu kurang lebih dua jam dengan speedboat. Harga sewa speedboat kurang lebih 800 ribu untuk 20 orang. Sayangnya pulau ini masih tidak berpenghuni.

5. Pulau Gangga

Pulau Gangga berada di kecamatan Likupang Barat. Di pulau ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang masih asri dan juga terjaga kelestariannya. Keindahan Pulau Gangga ditopang oleh komunitas dan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut.

Ingin ke Pulau Gangga, kamu membutuhkan kapal dan waktunya pun relatif singkat dibandingkan Pulau Lihaga, yakni sekitar tiga puluh menit.

Pulau Gangga adalah surga terumbu karang. Wisatawan berduyun-duyun ke destinasi ini untuk diving sambil menikmati pesona terumbu karangnya. Menikmati matahari tenggelam adalah waktu yang ditunggu. Semburat oranye di langit tambah indah dipadu pantulannya di air laut. Kamu bisa menikmati sunset di spot ayunan favorit wisatawan sekaligus mengambil foto.

6. Desa Bahoi

Di Likupang Barat, ada desa nelayan yang dinamakan Ekowisata Desa Bahoi. Ini adalah kawasan wisata yang bertujuan melestarikan dan menjaga ekosistem laut Likupang.

Desa Bahoi ini terkenal dengan keindahan terumbu karang dan hutan mangrove. So, tidak heran bukan mengapa masyarakat setempat sangat menjaga kawasan ekowisata ini?

Kondisi bawah laut Desa Bahoi belum tercemar dan sangat jernih, membuatnya menjadi surga terumbu karang dengan aneka warna yang tak kalah indahnya dengan Taman Laut Bunaken. Ada juga jembatan yang dibangun mengikuti arah dari pertumbuhan hutan mangrove. Jadi, pembangunan jembatan ini sama sekali tidak merusak hutan mangrove.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Ada di Pecahan Uang Rupiah

Semoga ke depannya Likupang semakin berkembang sebagaimana yang diharapkan dari program Destinasi Super Prioritas. Jadi, udah siap untuk berlibur di Likupang? Selamat berlibur.

Exit mobile version