Lindungi Diri Saat Naik Motor, Ini Fungsi Perlengkapan Safety Riding

closeup of biker holding helmet side view on black background

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati dan dimiliki masyarakat Indonesia. Hanya saja, tidak semua orang memahami keamanan dalam berkendara atau safety riding. Baik dari cara berkendara hingga perlengkapan keamanan.

Namun, tak semua pengendara motor menggunakan perlengkapan keamanan berkendara dengan baik. Gunanya adalah untuk dapat memproteksi diri dari risiko kecelakaan di jalan.

Baca juga: Cara Pantau CCTV Online Saat Mudik dengan Aplikasi Travoy

Lalu, apa saja perlengkapan safety riding dan apa saja fungsinya?

Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)

Badan Sertifikasi Nasional atau BSN mengeluarkan sertifikasi SNI untuk helm yang wajib dipakai saat berkendara. Fungsi dari helm ini adalah untuk melindungi kepala dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Selain untuk menekan risiko saat kecelakaan, helm juga berfungsi untuk menghindari debu dan kotoran saat berkendara.

Jaket

Bagi pengendara motor, jaket berfungsi menahan terpaan angin dan panas saat siang hari. Dan menjaga tubuh tetap hangat ketika berkendara malam hari.

Tapi, tidak sembarang jaket motor yang bisa kamu gunakan. Pakai bahan jaket yang mampu menahan angin dingin agar suhu tubuh tetap terjaga.

Sarung tangan

Banyak manfaat sarung tangan bagi pengendara motor yaitu memproteksi tangan dari kemungkinan lecet saat berkendara. Terlebih bagi kamu yang menjadikan motor sebagai alat transportasi harian.

Baca juga: Buat Ojol dan Kurir, Ini 7 Langkah Sehat Naik Motor di Tengah Pandemi

Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga lebih mudah mencengkeram setang di cuaca yang panas, basah, atau lembap.

Grip sarung tangan yang makin baik berpengaruh pada baiknya mengontrol sepeda motor. Di samping itu, sarung tangan juga berfungsi memberi rasa hangat saat udara dingin.

Exit mobile version