Cara Jualan via Live TikTok untuk Olshop dan Tips supaya Banyak Viewers

Berjualan via media sosial menjadi tren belakangan ini. Kemudahan dalam berinteraksi langsung dengan penjual menjadi poin plus cara jualan melalui media sosial. Di antara platform digital yang ngehits untuk berjualan, TikTok hadir menawarkan fitur seperti live TikTok dan keranjang kuning.

Live TikTok dirilis pertama kali di tahun 2021. Fitur ini bisa diakses dengan menyesuaikan kebutuhan. Ada empat fitur yang merupakan bagian dari Live TikTok yakni Live Events, Go Live Together, Live Q&A dan Live Shopping.

Walaupun fitur live ini juga sudah ada di media sosial lainnya, tapi TikTok membuat terobosan baru dengan menghadirkan inovasi yang bisa menyesuaikan kebutuhan para content creator hingga pemilik bisnis. Yang menjadi primadona dari fitur live TikTok adalah Live Shopping.

Live Shopping adalah bagian dari TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan fitur dari aplikasi TikTok yang memudahkan pemilik bisnis dan pengguna dalam menjual dan membeli produk. Pengguna bisa dengan leluasa berbelanja di TikTok tanpa perlu membuka toko online atau beralih ke aplikasi lain.

Bisa dikatakan fitur Live Shopping ini menjadi pionir cara berjualan terbaru bagi pebisnis. Setelah kemunculannya di TikTok dan mendapat sambutan hangat dari para pengguna, bahkan pemilik bisnis berhasil meraup cuan besar, fitur ini diduplikasi oleh beberapa platform e-commerce.

Cara Live TikTok Shop untuk Jualan

Dikutip dari laman resmi TikTok, live TikTok mengizinkan para pengguna juga kreator untuk bisa berinteraksi dengan pengikutnya secara real time. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki followers minimal 1.000.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk live TikTok jualan harus gabung terlebih dulu di TikTok Shop. Kelebihan jika bergabung di TikTok Shop adalah pemilik bisnis bisa memperluas pasar mereka. Selain itu ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan bila olshop bergabung di fitur ini antara lain:

Satu aplikasi untuk belanja dan sharing konten

Tidak hanya menyajikan video pendek saja, pengguna bisa memiliki pengalaman berbelanja sekaligus bermain media sosial. Sehingga lebih praktis dan tentunya menarik.

Baca juga: Patut Dicoba, Ini Trik Jitu Tambah Followers TikTok

Banyak pengguna aktif

TikTok sekarang ini memiliki pengguna aktif kurang lebih 800 juta. Sementara,n aplikasi ini menempati urutan kedua paling banyak digunakan di Indonesia.

Perluasan brand

Pemilik usaha atau olshop dimudahkan dengan hadirnya fitur ini karena bisa menjangkau calon pembeli lebih luas. Dan ini bisa menambah keuntungan bisnis.

Cara Bergabung di TikTok Shop

Berikut ini cara untuk gabung di TikTok Shop bagi pemilik olshop.

Jika sudah terdaftar di TikTok Shop, maka pemilik olshop sudah bisa melakukan live TikTok. Nah, untuk melakukan live jualan, berikut langkah-langkahnya:

Jika sudah memulai live TikTok dan membutuhkan tambahan, klik ikon “⋮”. Untuk memudahkan olshop dalam live streaming, bisa menambahkan akun lain (misalnya pegawai toko) agar dijadikan moderator. Fungsi moderator untuk mengatur jalannya live TikTok.

Selesai live, tentunya pemilik olshop ingin mengecek orderan yang sudah masuk, berikut langkah-langkah untuk tracking pembelian yang masuk.

Tips Live TikTok Banyak Viewers

Salah satu tantangan dalam melakukan live adalah menjaring banyak viewers. Tentunya saat mau live jualan diharapkan ada banyak pengguna yang menonton sehingga bisa meningkatkan penjualan. Apabila live streaming jualan masih sedikit penonton, gunakan beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkannya.

1. Pilih prime time

Setiap media sosial memiliki prime time yaitu waktu di mana pengguna banyak mengakses aplikasi. Dari berbagai referensi menyebutkan, waktu terbaik dalam live di TikTok adalah siang hari di pukul 12 sampai 2 siang dan di malam hari mulai pukul 7 sampai 10 malam.

2. Durasi

Tidak semua orang menyukai menonton siarang langsung dengan durasi yang lama. Oleh karena itu, penting memperhatikan durasi agar tidak terlalu lama. Dari TikTok merekomendasikan durasi paling efektif untuk siaran langsung itu selama 30 menit.

3. Siapkan peralatan

Kualitas video saat live itu sangat penting agar produk yang ditampilkan bisa jelas. Maka, pemilik olshop perlu menyiapkan peralatan pendukung seperti tripod, stabilizer dan ring light agar mendapatkan kualitas cahaya yang baik.

4. Judul yang menarik

Sudah rahasia umum bahwa judul yang menarik akan menarik perhatian penonton. Coba gunakan beberapa judul seperti “Diskon Hanya Hari Ini”, “Sale Besar-Besaran”, “Cuci Gudang Nih!”, dan sejenisnya. Silakan sesuaikan judul tersebut dengan isi live streaming jualan.

5. Lakukan interaksi dengan penonton

Untuk meningkatkan viewers, interaksi dengan penonton sangat penting. Ini menghindari agar live tidak membosankan jadi harus ada komunikasi dua arah. Pemilik olshop bisa bertanya atau menjawab pertanyaan yang ditulis di kolom komen.

Jika penonton belum banyak, kamu bisa memulai dengan menyapa dan berterima kasih sudah bergabung di live jualan. Dan jangan lupa juga ucapkan terima kasih untuk setiap gift dan pujian yang diberikan.

6. Kolaborasi dengan TikTokers lain

Sekarang zamannya kolaborasi, begitu pun dengan live jualan. Kamu bisa mengajak TikTokers lain yang dikenal untuk live jualan. Salah satu rekomendasi brand yang sering menggandeng influencer TikTok adalah brand Jiniso. Pemilik olshop bisa mengadaptasi cara brand ini dalam meningkatkan viewers dan penjualan.

Baca juga: Ini 3 Alasan TikTok Bisa Tingkatkan Penjualan

7. Giveaway

Ini adalah cara terampuh dalam menarik perhatian banyak pengguna TikTok. Sesekali gunakan konsep giveaway untuk mengenalkan produkmu.

Bagaimana, sudah mengerti cara live TikTok jualan? Tidak sulit kok, yang penting konsisten dan hadirkan inovasi kreatif di setiap penjualan. Selamat mencoba, dan semoga sukses.

Exit mobile version