15 Lokasi Syuting Film Dunia yang Kemudian Menjadi Destinasi Wisata Terkenal

Film dunia banyak yang meninggalkan kesan sangat lama pada para penonton berkat pemilihan lokasi ikonik. Saking ikoniknya lokasi tersebut, banyak yang menduplikasinya di tempat lain. Contohnya rumah di serial Teletubbies dijadikan julukan untuk hunian korban gempa Yogyakarta, yaitu Dome Teletubbies. Ada pula bukit Teletubbies di Bromo yang baru saja terbakar.

Umumnya film dunia memiliki bujet sangat besar sehingga pemilihan lokasinya harus sempurna. Karena itu, film-film dunia sering mengambil lokasi di belahan dunia lain agar benar-benar seperti yang digambarkan dalam skenario atau novel yang diadaptasi.

15 Lokasi Film Dunia Terkenal

1. New York di Amerika, Home Alone 2: Lost in New York (1992)

Memang New York sudah terkenal di seluruh dunia tanpa film mana pun. Namun, berkat film ini, tempat-tempat pelarian McCaulay Culkin berubah, tak hanya sebagai kawasan bisnis tapi juga menjadi objek wisata.

Bahkan The Plaza, hotel tempat Kevin menginap, menawarkan paket tour ke lokasi-lokasi syuting, seperti Central Park, Rockefeller Center, Empire State Building dan sebagainya menggunakan limousine dengan layanan penuh.

Baca juga: Sutradara Legendaris dalam Dunia Film Action Terbaik: Pengaruh dan Karya-Karya Ikonik Mereka

2. Ko Phi Phi Lee di Thailand, The Beach (2000)

Lokasi ini lebih dikenal sebagai Phi Phi Islands oleh para wisatawan. Foto Phi Phi Islands muncul di mana-mana bak surga tersembunyi setelah Leonardo DiCaprio dikejar-kejar penjahat di sana. Kepulauan ini sempat hancur akibat tsunami yang sama dengan yang menimpa Aceh.

Lokasi Film Dunia - Hobbiton

3. Waikato di Selandia Baru, The Hobbit: Unexpected Journey (2012)

Di Yogyakarta ada beberapa rumah Hobbit yang dibuat sebagai spot foto. Rumah Hobbit yang orisinal merupakan lokasi pembuatan film The Hobbits sebagai bagian dari universe The Lord of Rings. Sekarang lokasi tersebut berubah menjadi destinasi wisata dengan nama Hobbiton, tepatnya di Waikato, Matamata.

4. Oxford’s Christ Church Cathedral di Inggris, Harry Potter (2001-2011)

Katedral Christ Church Oxford dikunjungi lebih dari 300.000 pengunjung setiap tahunnya. Banyak yang datang karena katedral abad ke-16 ini pernah digunakan sebagai Sekolah Sihir Hogwarts.

5. Ubud di Indonesia, Eat Pray Love (2010)

Sebenarnya Ubud di Bali ini sudah dikenal oleh wisatawan asing jauh sebelum film ini dirilis. Namun, Julia Roberts berhasil menampilkan Ubud yang menenangkan sekaligus romantis. Bahkan orang Indonesia sendiri baru tahu Ubud bisa digambarkan semanis ini, tak sekadar objek wisata.

6. Petronas Twin Towers di Malaysia, Entrapment (1999)

Gerakan merambat Catherine Zeta-Jones di menara tertinggi di dunia pada masa pembuatan film itu sangat ikonik. Film tentang sepasang pencuri muda dan lanjut usia ini mengeksplorasi seluruh pencakar langit di Kuala Lumpur yang baru saja diresmikan saat itu. Saat ini wisatawan bisa naik hingga puncak dengan membayar tiket.

7. Gardens by The Bay di Singapura, Crazy Rich Asian (2018)

Judul film ini membuat orang-orang kaya di Indonesia disebut crazy rich. Ada crazy rich Surabaya, crazy rich Depok, dan sebagainya. Lokasi pernikahan Rachel dan Nick ini digunakan untuk menggambarkan betapa kayanya si crazy rich yang mencintai si biasa-biasa saja. Film ini meledak di pasaran. Gardens by The Bay sendiri adalah sebuah taman perkotaan dengan flower dome berupa rumah kaca terbesar di dunia.

8. Kuil Ta Prohm di Thailand, Lara Croft: Tomb Rider (2001)

Angelina Jolie bermain sangat keren sebagai arkeolog sekaligus jagoan di film dunia adaptasi dari game ini. Ta Prohm dibangun oleh Jayavarman VII pada abad ke-12. Keunikan kuil ini adalah pohon spung berusia ratusan tahun yang tampak menempel di dinding. Kuil Ta Prohm memang merupakan objek wisata religi.

9. Salzburg di Austria, The Sound of Music (1965)

Film dunia dengan genre musikal yang hingga kini lagu-lagunya masih dihafal banyak orang ini menyajikan pemandangan gunung, padang rumput, dan kastel-kastel di sekitar Salzburg yang menawan. Adegan yang paling ikonik adalah ketika Maria bernyanyi di sebuah bukit bernama Untersberg pada awal dan akhir film. Adegan tersebut menjadi cover film yang paling diingat orang.

10. Tiffany & Co di Amerika, Breakfast at Tiffany’s

Gaya Audrey Hepburn yang stylish ketika menatap jendela sambil sarapan roti danish dan kopi di Tiffany & Co menjadi inspirasi hingga sekarang. Kafe tersebut merupakan bagian dari toko perhiasan terkenal dengan cabang di seluruh dunia. Jadi siapa pun yang punya uang boleh ke sana.

11. Penjara Alcatraz di Amerika, Escape From Alcatraz (1979)

Dahulu Alcatraz merupakan penjara yang digunakan untuk menampung penjahat besar seperti Al Capone. Clint Eastwood berhasil membuat sebuah penjara menjadi menarik untuk dikunjungi. National Park Service menawarkan tur ke The Rock dengan kapal feri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi penjara yang konon berhantu ini.

12. Empire State Building di Amerika, Sleepless in Seattle (1993)

Empire State Building merupakan lokasi syuting favorit bagi film-film produksi Hollywood. Tapi film dunia ini telah membuat pencakar langit pertama di dunia yang melebihi 100 lantai tersebut menambah julukan, dari ikon budaya dan pusat bisnis, juga menjadi ikon romantis. Di sinilah Tom Hanks menyatakan cintanya pada Meg Ryan di film komedi romantis terbaik sepanjang masa, Sleepless in Seattle. Wisatawan dapat naik ke tempat tersebut dengan mambayar Rp741.620,45 tergantung kurs.

13. Tangga West 167th Street Bronx di Amerika, Joker (2019)

Sebelumnya tangga ini hanyalah tangga biasa yang menghubungkan Shakespeare dan Anderson Avenues di lingkungan Highbridge, Bronx. Namun, setelah Joaquin Phoenix menggila dan menari-nari di sini, tangga ini menjadi tangga paling terkenal di dunia. Wisatawan berbondong-bondong datang ke New York City hanya untuk berfoto di depannya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

14. Petra di Yordania, Indiana Jones: The Last Crusade (1989)

Petra merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru dan disahkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sinilah Sean Connery dan Harrison Ford menerobos masuk untuk menemukan Cawan Suci. Wisatawan melihat ratusan fasad menakjubkan yang diukir di tebing batu pasir merah.

15. Wadi Rum di Yordania, The Martian (2015)

Ternyata Yordania memiliki lebih dari satu lokasi syuting film dunia yang menarik. Wadi Rum menjadi saksi perjuangan yang Matt Damon dan kru pesawat ruang angkasa untuk kembali dari Mars. Film yang sangat menegangkan ini meraih posisi teratas di Box Office pada masa peluncurannya.

Keberuntungan yang sama diperoleh film Dune (2021) yang dibintangi aktor-aktor muda Timothée Chalamet dan Zendaya. Bahkan Lawrence of Arabia dan Starwars juga syuting di lokasi wisata yang seru ini dengan naik jeep atau berkemah ala suku Bedouin.

Itulah daftar lokasi syuting film dunia yang kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata yang terkenal. Wisata bertema unik ini patut dijadikan agenda liburan untuk mendapatkan kenangan yang tak biasa.

Exit mobile version