Mainan Kucing Ramah Lingkungan: Pilihan Terbaik untuk Hewan Peliharaan dan Bumi

Memelihara kucing di rumah bisa dijadikan sarana untuk meredakan stres. Namun, memiliki hewan peliharaan ada berbagai tanggung jawab yang mesti dilakukan yaitu merawat dan membuat mereka tetap aktif. Salah satu cara membuat mereka terus aktif adalah dengan memberikan mainan kucing.

Salah satu manfaat memberikan mainan kucing adalah agar bisa merangsang mentalnya dan membuat tubuh hewan peliharaan tetap sehat karena aktif bergerak. Selain itu, pemilik anabul juga bisa memanfaatkan mainan ini untuk bermain bersama kucing sebagai bentuk pelepas rasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Di pasaran banyak yang menjualnya dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi, perlu diperhatikan bahwa tidak boleh memberikan sembarang mainan pada kucing karena bisa saja kandungan bahan di dalamnya berbahaya atau ukurannya terlalu besar.

Bagi yang tengah mencari mainan kucing yang ramah lingkungan, berikut ini rekomendasi yang bisa dijadikan panduan sebelum membelinya.

7 Mainan Kucing Ramah Lingkungan

Mainan kucing bouncy ball

1. Bouncy Ball

Ini adalah mainan kucing yang bisa ditemui di setiap pet shop. Bentuknya unik, menggemaskan dengan tekstur yang lunak sehingga aman saat digigit.

Untuk bahan dari bouncy ball ini menggunakan thermoplastic rubber (TPR), sejenis karet yang tidak akan menimbulkan efek negatif saat digigit oleh anabul kesayangan. Jadi, gigi kucing akan tetap bersih dan juga sehat.

Baca juga: Kucing Persia: Ciri-Ciri, Cara Mengadopsi, dan Cara Merawatnya

2. Opo Cat Play Toy with Grass Planter

Mainan kucing berikutnya ada Opo Cat Play Toy with Grass Planter. Ini adalah permainan interaktif 3in1, di mana selain bisa bermain, rumputnya pun aman dimakan oleh kucing.

Agar rumputnya bisa tumbuh, kamu mesti menanamnya terlebih dulu sekitar 4-5 hari. Beberapa keunggulan dari mainan ini antara lain bisa mencegah kucing memakan tanah, mudah ditanam dan sebagai makanan sehat.

Untuk cat grass sendiri memiliki manfaat seperti membantu nafas kucing lebih segar, mengurangi muntah bola rambut, membantu pencernaan dan bulu lebih sehat. Menariknya, rumput ini mengandung vitamin dan asam folat esensial.

3. Cat Scratcher

Saat kuku kucing sudah agak panjang, biasanya mereka suka ‘mengasah’ dengan mencakar sofa, karpet hingga keset kaki. Sehingga, membuat furnitur di rumah mudah rusak. Untuk mengatasinya, bisa dengan memberikannya cat scratcher.

Di beberapa merek ada yang terbuat dari bahan corrugated yang tidak beracun dan aman. Namun, ada pula dari bahan sabut kelapa yang dililit ke papan kayu, ada pula yang terbuat dari karton bergelombang bahan daur ulang ramah lingkungan dengan lem tidak beracun.

Dengan memberikan produk ini membuat kucing di rumah lebih leluasa menggaruk, mencakar untuk melatih kukunya dan pastinya furnitur di rumah aman dari cakaran anabul.

4. Mainan Kucing Bola Putar

Ternyata, ada banyak ya mainan anabul dari bahan dengan kategori green living. Salah satunya, jika ingin membeli mainan ini di e-commerce bisa masukkan kata kunci “mainan kucing bola putar”. Ada banyak ragam pilihan yang nantinya akan muncul, seperti dari toko Alobon yang menjual mainan ini dari bahan ABS ramah lingkungan. Untuk desainnya sendiri bisa dilepas dan tidak sulit dibersihkan. Untuk tikar non slip bagian bawah bisa meredam kebisingan.

Bermain ini membuat kucing penasaran, karena ketika menyentuh bolanya, maka bola tersebut akan jalan dan kucing pun tertarik menangkapnya.

5. Rumah Kucing dari Heysa X10

Ingin membuat sebuah rumah kucing bagi anabul kesayangan? Mau mengikuti ala DIY di YouTube, kok repot. Sekarang ada Heysa x10, rumah kucing dari bahan karton yang ramah di kantong.

Rumah kucing dari Hesya X10 ini bisa dirakit dengan mudah. Terbuat dari bahan cardboard atau kardus tebal dengan ukuran 52x27x46. Tinggal dipasang sesuai instruksi, jadi deh rumah kucing sederhana di rumah.

6. Catnip Boneka Ikan

Mainan kucing catnip boneka ikan ini bentuknya persis ikan. Tentunya kucing pun akan lebih bersemangat bermain dengan permainan ini. Di dalam boneka ada catnip-nya, sehingga tidak sulit untuk mengajak kucing bermain.

Mainan kucing lucu berikutnya adalah Mainan Kucing Catnip Boneka Ikan. Selain karena bentuknya yang menyerupai ikan, di dalam boneka ini juga terdapat catnip yang tentu akan membuat kucing semakin semangat bermain.

Untuk catnip merupakan tanaman mint yang di dalamnya ada senyawa nepetalactone atau terpene di mana sangat disukai oleh kucing. Bermain permainan ini akan membuat kucing lebih berenergi dan rileks.

7. Cat Play Toy & Cat Feeder

Bermain sambil makan merupakan konsep dari Cat Play Toy & Cat Feeder. Mainan edukasi ini bisa memberikan kesenangan bagi kucing. Menariknya, di mainan ini telah menggunakan sistem penyeimbangan berat badan sendiri, jadi tidak lagi memerlukan listrik. Mainan ini bisa maju mundur dengan sentuhan anabul.

Mainan ini sudah memiliki sistem gravitasi otomatis. Tampilannya sendiri seperti robot. Kucing akan mendapatkan camilan sebagai hadiah ketika berhasil mengetuk dispensernya. Untuk bahan dari mainan ini terbuat dari ABS yang ramah lingkungan.

Baca juga: Ini Ciri dan Cara Merawat Kucing Anggora yang Menggemaskan dan Banyak Digemari

Beragam mainan kucing di atas bisa dibeli melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia hingga Lazada. Memberikan mainan ke kucing selain bisa melatih ketangkasan juga mampu mempererat hubungan pemilik dengan anabul kesayangan. Dari daftar di atas mana nih yang mau dibeli duluan?

Exit mobile version