10 Makanan Bangkok yang Halal dan Aman Dikonsumsi oleh Wisatawan Muslim

Makanan Bangkok yang halal dan dikenal di Indonesia antara lain tom yam dan mango sticky rice. Namun makanan-makanan tersebut mungkin menggunakan nama yang berbeda di kota asalnya. Misalnya mango sticky rice dalam bahasa Thailand adalah khaoniao mamuang. Nama-nama makanan dalam bahasa yang tidak familier akan membuat wisatawan muslim meragukan kehalalannya.

Berdasarkan pilihan para traveler, Tripadvisor menobatkan Bangkok sebagai destinasi populer ke-22 di dunia. Meski kalah dengan Phuket yang berada di ranking 16, tetapi kebanyakan wisatawan keluar masuk Thailand melalui Bangkok. Karena itu, penting bagi wisatawan muslim untuk mengetahui nama-nama makanan Bangkok yang halal agar tidak salah memesan makanan.

10 Makanan Bangkok yang Halal

Di daerah-daerah wisata Bangkok, banyak pemilik usaha yang sudah bisa berbahasa Inggris meski dengan logat Thailand yang kental. Namun yang masih belum bisa berbahasa Inggris juga tak kalah banyak. Karena itu, selalu ada kemungkinan kesulitan komunikasi ketika menanyakan apakah makanan yang tersedia halal atau tidak. Kata-kata yang wajib diwaspadai adalah moo, hmu, nuua mmuu, mu, dan sejenisnya karena artinya mengandung babi.

Di bawah ini adalah 10 makanan Bangkok yang halal.

10 Makanan Bangkok yang Halal dan Aman Dikonsumsi oleh Wisatawan Muslim

1. Tom Yam (Sup Sayuran Pedas)

Tom yam merupakan makanan Bangkok yang mudah ditemui di Indonesia sehingga wisatawan dari Indonesia tidak asing lagi dengan tom yam. Bagi wisatawan muslim dari Indonesia yang tidak tahu nama makanan lain yang halal, tom yam merupakan pilihan teraman.

Tom artinya mendidih atau sup, sedangkan yam artinya sayuran pedas. Tom yam adalah semacam sup dengan perpaduan rasa pedas dan asam. Umumnya tom yam berisi aneka seafood, bakso, ikan, sawi, dan jamur. Bagi yang tidak kuat dengan citarasa tajam kuah tom yam, bisa mengakali dengan hanya mengambil sedikit kuah untuk disiramkan ke nasi yang banyak.

Baca juga: 5 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

2. Pad Thai (Mie Goreng)

Pad merupakan pelafalan dalam bahasa Inggris untuk kata phat, yang artinya menggoreng atau menumis. Pad thai termasuk makanan kaki lima yang mudah dijumpai di kota Bangkok. Jika ingin menyantapnya langsung, pad thai juga dijual di restoran.

Pad thai terbuat dari mie beras atau mie dengan bahan dasar tepung beras. Mie beras ini ditumis bersama dengan udang, tauge, telur, dan berbagai macam saus. Seporsi pad thai sudah mengenyangkan.

3. Khao Pad (Nasi Goreng)

Nasi goreng merupakan menu yang sering dipilih ketika perut lapar tapi malas makan menu yang terlalu beragam. Tampilan khao pad mirip dengan nasi goreng oriental. Rasanya gurih karena ada campuran kecap ikan. Isian yang sering ditambahkan adalah daging ayam, daging sapi, udang, kepiting, dan sebagainya.

Variasi nasi goreng yang perlu dicicipi adalah menggunakan nanas atau khao pad sapparot. Sedangkan yang wajib dicoret dari pesanan adalah khao phat mu atau nasi goreng daging babi yang sudah pasti tidak halal.

4. Khao Mok Gai (Nasi Biryani ala Thai)

Jika pernah makan nasi biryani, maka khao mok gai ini mirip sekali dengan nasi biryani, baik dari wujud maupun rasanya. Nasi biryani merupakan makanan khas Timur Tengah berbahan beras berbulir panjang dicampur bumbu rempah-rempah yang komplet. Nasi biryani ala Thailand menggunakan daging ayam sebagai lauk sehingga merupakan makanan Bangkok yang dijamin halal.

5.  Pad Kra Pao Gai (Tumis Ayam Kemangi)

Tumisan ini nikmat disantap bersama nasi dan telur ceplok. Wujud pad kra pao gai ini mirip ayam mentega. Bahan utamanya adalah ayam yang dipotong kotak-kotak kecil ditambah dengan bumbu berupa bawang putih, saus tiram, kecap manis, gula, cabai, dan kemangi. Hidangan ini membuat suasana makan seperti di Indonesia.

6. Khao Soi (Mie Kari ala Thai)

Tampilan khao soi mirip dengan mie kari pada umumnya, yaitu dengan kuah santan yang berwarna kuning. Bahan utama khao soi adalah daging ayam atau sapi. Citarasa makanan ini pedas. Agar rasanya lebih segar meski menggunakan santan, kucuri dengan perasan jeruk nipis lebih dulu sebelum disantap.

7. Massaman Curry (Kari Massaman)

Massaman atau matsaman bukanlah bahasa Thailand. Diperkirakan massaman berasal dari kata mussulman, sebutan untuk orang muslim yang diberikan oleh bangsa Eropa. Bahan utama hidangan kari ini adalah daging sapi, daging bebek, atau daging ayam. Karena masih ada hubungannya dengan warisan kuliner muslim, maka kari massaman tidak menggunakan daging babi.

Selain itu, dalam kari ini juga ada tambahan tahu dan kentang. Sedangkan bumbu karinya sama dengan bumbu masakan kari pada umumnya.

8. Tom Kha Gai (Sup Ayam Santan)

Arti harfiah tom kha gai sebenarnya adalah sup ayam lengkuas. Tom kha gai merupakan makanan Bangkok yang wajib dicoba karena merupakan menu pertama khas Thailand yang tercatat dalam buku resep masakan Thai pada tahun 1890.  Bahan tom kha gai terdiri dari daging ayam, jamur, santan, lengkuas, serai, daun jeruk, dan seledri. Sup ini nikmat disantap selagi panas.

9. Som Tam (Rujak Pepaya)

Makanan yang berasal dari buah dan sayur termasuk aman karena hampir pasti halal. Orang Indonesia yang kebanyakan menyukai rasa pedas mungkin akan menyukai som tam. Ada yang menyebut som tam sebagai selada atau salad. Namun karena pembuatannya diulek, som tam lebih sering dianggap sebagai rujak.

Bahan utama rujak ini adalah pepaya mentah. Jadi bisa dibayangkan rasa asam dan tekstur renyahnya. Kadang rujak ini juga dilengkapi dengan mangga muda, tomat, dan terong hijau.

10. Khaoniao Mamuang (Mango Sticky Rice atau Ketan Mangga)

Ketan mangga juga merupakan makanan yang dijamin halal karena tidak ada unsur daging, lemak, dan minyak yang sering menjadi pertanyaan. Thailand terkenal dengan buah-buahan yang berkualitas tinggi sehingga mangga yang disajikan terlihat segar dan menerbitkan selera. Ketan mangga ini disajikan dengan siraman santan kental.

Baca juga: 14 Makanan Internasional yang Diakui Terenak Sedunia – Banyak dari Indonesia!

Demikianlah 10 makanan Bangkok yang halal dan aman dikonsumsi oleh wisatawan muslim yang enaknya enggak ketulungan. Jangan lupa dicatat agar tidak kebingungan sampai di sana.

Exit mobile version