14 Makanan Internasional yang Diakui Terenak Sedunia – Banyak dari Indonesia!

Setiap makanan memiliki bahan baku, bumbu dan cara pengolahan yang berbeda. Sehingga menghasilkan cita rasa yang unik, lezat dan autentik. Di tiap negara mempunyai makanan tradisional yang digemari seluruh masyarakatnya. Bahkan ada beberapa masuk ke dalam daftar makanan internasional yang telah diakui terenak sedunia.

Kebudayaan setiap negara turut berpengaruh terhadap penggunaan bumbu dalam memasak. Sebagai contoh negara Indonesia yang dikenal dengan masakan kaya akan rempah. Cita rasa yang dihasilkan pun memiliki ciri khas tersendiri seperti aroma rempah tajam, gurih, pedas, dan asam. Inilah yang kemudian membuat beberapa makanan digemari tidak hanya oleh warga lokal tapi juga masyarakat negara lain.

Berikut ini beragam makanan internasional yang diakui terenak sedunia dan beberapa di antaranya berasal dari Indonesia.

14 Makanan Internasional yang diakui Terenak Sedunia

makanan internasional - rendang

1.    Rendang (Indonesia)

Makanan internasional pertama adalah rendang. Masakan yang berasal dari Sumatra Barat ini telah diakui oleh UNESCO sebagai kuliner autentik Indonesia sejak tahun 2013. Terbuat dari daging sapi dan diolah dengan aneka rempah dan santan, proses memasak rendang terbilang cukup lama. Kurang lebih pengolahannya selamat empat jam sampai santannya meresap dan potongan dagingnya berubah warna menjadi hitam pekat. Di suhu ruang, rendang bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

Di samping itu, ada juga rendang yang dimasak dalam waktu singkat dan santannya masih kental. Masakan ini disebut dengan kalio. Warna kalio masih cokelat terang keemasan.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan di Jogja yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

2.    Massaman Curry (Thailand)

Massaman Curry memiliki cita rasa yang khas gurih dan pedas. Berbeda dengan kari dari Indonesia, kari massaman ini menggunakan pasta khusus. Pembuatan pasta kari massaman berasal dari rempah-rempah seperti pala, kapulaga, adas manis, dan juga kayu manis.

Dilihat dari aneka rempahnya, kari ini hampir mirip dengan kari Timur Tengah. Anggapan tersebut tidaklah salah. Dari catatan sejarah, massaman curry memang merupakan perpaduan masakan dari Persia dan Thailand.

Massaman berasal dari kata mussulman, sebuah istilah kuno dari beberapa negara Eropa dalam menyebutkan muslim. Konon, hidangan ini datang dari Thailand tengah di abad ke-17 Masehi. Masakan ini diperkirakan dibawa oleh seorang saudagar sutra asal Persia, Sheikh Ahmad Qomi, dan kemudian menurunkan resepnya kepada keluarga bangsawan Thailand bermarga Bunnag.

3.    Pizza (Italia)

Siapa yang meragukan kelezatan seporsi pizza? Makanan internasional yang berasal dari Italia ini sudah termasyur di seluruh dunia. Bahkan setiap negara pun memiliki restoran pizza yang disesuaikan dengan rempah negara tersebut.

Di abad ke-18, makanan pizza identik dengan kemiskinan. Hal ini dilatarbelakangi oleh Napoli yang mengalami peningkatan jumlah populasi penduduk. Kemudian menjadi faktor penyebab sebagian besar masyarakatnya jatuh miskin. Agar bisa bertahan hidup, masyarakat di sana menjual pizza dalam potongan kecil dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan si pembeli. Pizza dari Napoli inilah yang kemudian dikenal di seluruh dunia.

4.    Nasi Goreng (Indonesia)

Nasi goreng Indonesia mendunia dan menjadi makanan internasional favorit banyak masyarakat dunia. Bahkan, kelezatan seporsi nasi goreng dengan rempah bawang putih, bawang merah, kecap, dan aneka topping telah diakui oleh Barrack Obama (mantan presiden Amerika Serikat). Dalam lawatannya terdulu ke Indonesia, beliau mengakui bahwa nasi goreng adalah panganan favoritnya.

Selain Barrack Obama, ada dua personel BTS yang mengakui menyukai nasi goreng. Adalah Suga dan Jungkook yang dalam berbagai kesempatan menyatakan bahwa nasi goreng merupakan makanan terenak dari Indonesia.

Baca juga: 3 Resep Nasi Goreng Paling Sederhana Antigagal

5.    Sushi (Jepang)

Sushi adalah makanan yang terbuat nasi kemudian dicampur dengan berbagai topping seperti crabstick, sayuran lalu digulung dengan nori (rumput laut ala Jepang). Cara pembuatan yang praktis dan bahan yang mudah ditemukan, membuat sushi terkenal di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, makanan ini favorit para ibu-ibu dalam membuat bekal untuk anak ke sekolah.

Sejarah mencatat bahwa sushi sudah ada dari zaman Edo sekitar 1600-1800 di negara Jepang. Ketika pertama kali muncul, sushi dijual dengan harga yang mahal. Seiring perkembangan zaman di masa itu, sushi menjadi makanan cepat saji yang dijual di tenda-tenda kaki lima. Sekarang ini, sushi bisa ditemukan di mana saja dengan penyajian topping yang berbeda-beda.

6.    Poke (Hawai)

Dalam bahasa Hawai, poke artinya potongan melintang menjadi beberapa bagian atau mengiris. Makanan internasional ini berasal dari ikan mentah yang dipotong dadu kemudian disajikan sebagai hidangan utama atau pembuka.

Bisa dikatakan Poke merupakan makanan asli Hawai. Dalam pembuatannya, poke akan dibumbui dengan minyak wijen, kecap serta daun bawang. Umumnya poke terbuat dari tuna Ahi atau gurita, tapi ada juga yang menggunakan ikan salmon dan kerang.

Sekilas pasti akan berpikir bahwa Poke mirip dengan sushi, tapi dua makanan ini berbeda. Hanya menggunakan bahan mentah tapi untuk Poke, ikannya tidak difermentasi. Singkatnya, poke sajian hidangan yang berisi ikan mentah kemudian dicincang atau potong dadu, ditambah sayuran, buah dan kacang.

7.    Kebab (Turki)

Walaupun berasal dari Turki, tapi ternyata nama kebab berasal dari bahasa Arab yaitu kabab, yang artinya daging goreng. Di zaman Kesultanan Utsmaniyah, kebab digunakan sebagai penyebutan daging panggang. Dan di masa itu, kebab menggunakan daging domba, lalu seiring perkembangan beralih ke daging sapi.

Sekarang ini kebab mudah ditemui di mana saja. Penyajiannya ada yang menggunakan potongan daging sapi dipanggang, ada juga dicincang lalu dicampur dengan aneka rempah. Campuran daging, sayur, mayones ditata di atas roti tortilla kemudian digulung dan dipanggang. Sebagai makanan cepat saji, popularitas kebab tidak kalah dengan burger.

8.    Dimsum (Hong Kong)

Kuliner dari Hong Kong sudah populer di berbagai negara. Dim sum diolah dengan minyak wijen dan daging ayang sehingga menciptakan aroma yang khas dan rasa lezat.

Makanan internasional ini terbuat dari dari adonan tepung beras dengan cara dikukus. Namun ada juga yang menyajikannya dengan dipanggang atau digoreng. Kemudian disajikan dengan bumbu saus.

9.    Sate (Indonesia)

Sate kini populer di kalangan mancanegara. Hidangan dari daging ayam yang dimarinasi dengan aneka rempah membuat makanan ini disukai banyak orang. Apalagi proses pembuatanya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Umumnya sate disajikan bersama saus kecap, cabai iris, bawang merah yang diiris atau dengan saus kacang. Bisa dimakan dengan nasi atau lontong.

10. Pho (Vitenam)

Makanan asal Vietnam mulai populer belakangan ini. Bahkan di Indonesia sudah banyak yang menjual Pho.

Pho terbuat dari kaldu, dilengkapi dengan potongan daging sapi atau ayam, bihun segar, sayur dan aneka bumbu lainnya. Cita rasa yang dihasilkan sangat lezat, segar, agak asam dan aromanya harum. Konon masakan ini dipengaruhi oleh masakan dari negara Prancis dan Tiongkok.

11. Nasi Biryani (India)

Kuliner India hampir serupa dengan Indonesia yang menggunakan aneka rempah sehingga menghasilkan aroma yang khas dan cita rasa autentik.

Nasi Biryani berasal dari kalangan muslim yang ada di India. Penyajian makanan ini dengan cara mencampur kari dan nasi setengah matang kemudian dimasak hingga matang. Dalam pembuatan nasi biryani, sering menggunakan daging kambing.

12. Laksa (Malaysia)

Laksa adalah makanan internasional dari negeri jiran, Malaysia. Hidangan ini cocok disantap selagi hangat apalagi ketika masuk musim hujan. Perpaduan berbagai bahan seperti pasta kari, santan, tahu, bihun, udang menghasilkan aroma yang khas dengan cita rasa gurih, pedas, manis dan asam.

Makanan khas ini hasil perpaduan dari budaya Tionghoa dan Melayu. Selain di Malaysia, makanan ini juga mudah ditemukan di Singapura, serta Indonesia.

13. Pisang Goreng (Indonesia)

Jangan salah, pisang goreng telah dinobatkan sebagai dessert terenak sedunia versi TasteAtlas. Camilan ringan dari Indonesia ini memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Berbahan dasar pisang yang dibalur dengan tepung terigu kemudian digoreng, menghasilkan camilan dengan rasa manis. Di Indonesia bagian timur, pisang goreng sering disajikan bersama aneka sambal seperti sambal roa dan sambal terasi.

14. Croissant (Prancis)

Siapa yang tidak mengenal pastry dari negara Prancis ini? Di seluruh dunia pasti ada toko kue yang menjual hidangan pastry ini. Ada beragam bentuk pastry yang sering dijual, dan seringnya disajikan dengan taburan gula halus atau mentega. Dijadikan hidangan bersama segelas teh hangat atau kopi, croissant tentunya akan sangat nikmat.

Seiring perkembangan, croissant sekarang ini dijual dengan berbagai isian mulai dari daging cincang, daging asap, keju hingga cokelat.

Baca juga: 10 Makanan Khas Semarang dari Tahu Gimbal sampai Lumpia

Ternyata Indonesia memiliki aneka kuliner yang diakui lezat oleh dunia internasional bahkan jajaran publik figur pun menjadikan beberapa di antaranya sebagai favorit. Dari daftar makanan internasional di atas, adakah yang sudah pernah dicoba?

Exit mobile version