Daftar Lengkap 15 Makanan Khas Jawa Barat yang Selalu Dicari Wisatawan

Makanan khas Jawa Barat memang terkenal enak dan bisa diterima oleh lidah sebagian besar masyarakat di Indonesia. Menikmati makanan khas di daerah asalnya akan merupakan petualangan yang menyenangkan. Karena itulah, wisata kuliner di Jawa Barat merupakan pilihan liburan yang tepat.

Dalam artikel di laman Kemenparenkraf tentang 20 Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, terdapat beberapa nama destinasi kuliner di Jawa Barat yaitu Gang Selot di Bogor, Suryakencana di Bogor, dan Braga di Bandung. Selain di 3 destinasi tersebut, makanan khas Jawa Barat bisa ditemui di berbagai kota dan rest area jalan tol wilayah Jawa Barat.

Daftar Lengkap 15 Makanan Khas Jawa Barat

Kepopuleran makanan khas Jawa Barat di mata wisatawan kekinian ditentukan oleh 2 hal, yaitu unggahan di media sosial dan sebaran outletnya. Berikut adalah 15 makanan khas Jawa Barat yang banyak dicari wisatawan.

makanan khas Jawa Barat seblak

1. Seblak

Kepopuleran seblak meroket bersamaan dengan tema-tema makanan pedas lainnya. Belakangan viral resep seblak yang diperkenalkan oleh Rafael Tan, anggota grup vokal Smash. Karena itu, Rafael dijuluki Duta Seblak Indonesia.

Dalam bahasa Sunda, seblak merupakan singkatan dari segak dan nyegak, yang artinya menyengat. Rasa menyengat itu berasal dari kencur dan cabai. Bahan utamanya adalah kerupuk ditambah isian lain. Seblak diperkirakan berasal dari Garut dan Cianjur Selatan.

2. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang sudah populer sejak lama. Tahu ini bisa ditemui di banyak rest area jalan tol, perempatan jalan raya, dan toko kue. Namun rasa terenaknya adalah yang dibeli di Kota Sumedang. Tahu Sumedang yang masih tradisional dikemas dalam keranjang anyaman bambu, bukan dus, apalagi tas kresek. Camilan merupakan oleh-oleh yang sangat disukai.

Baca juga: 38 Makanan Tradisional dari 38 Provinsi di Indonesia – Yang Mana Favoritmu?

3. Lotek

Banyak yang tidak tahu bahwa lotek berasal dari Jawa Barat. Lotek ada di seluruh Indonesia. Bahkan banyak penjual lotek dadakan yang muncul setiap sore di bulan Ramadan. Umumnya lotek berisi bayam, kubis, bakwan, kerupuk, lontong atau ketupat, dan dilengkapi dengan bumbu kacang. Lotek yang terkenal di Bandung adalah Lotek Alkateri.

4. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng, yang disajikan bersama bumbu kacang. Resep asli batagor menggunakan ikan tengiri. Batagor diketahui muncul di Bandung pada tahun 1968, yaitu dijual oleh perantau dari Purwokerto bernama Haji Isan. Sekarang batagor dijual bersama siomay sebagai bentuk gorengan dari siomay.

5. Surabi

Sura berasal dari bahasa Sunda yang artinya “besar”. Ukuran surabi memang lebih besar dari serabi. Serabi atau surabi adalah semacam pancake, yang merupakan pengaruh dari India dan Belanda.

Surabi di Jawa Barat telah dimodifikasi dengan menambahkan topping dan saus, antara lain oncom, durian dan smoked beef. Inovasi tersebut membuat surabi tampil modern dan tetap disukai. Surabi yang terkenal antara lain Cihapit, Durian Geboy, dan Waroeng Setiabudhi.

6. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi yang berasal dari pedesaan Jabar. Dalam bahasa Sunda disebut sangu timbel. Di restoran, nasi timbel dipadukan dengan ayam goreng, ikan asin, lalapan, sayur asem, tahu goreng, sambal, dan sebagainya. Nasi timbel yang terkenal antara lain Kedai Timbel Dago, Nasi Timbel Bawean dan Nasi Timbel Mangga.

7. Peuyeum

Peuyeum sudah populer sejak belum ada media sosial. Dahulu peuyeum dijual di jalan-jalan sebelum masuk Jakarta atau setelah keluar dari Jakarta. Camilan ini merupakan oleh-oleh yang umum dibeli kala itu. Peuyeum terbuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya lebih manis daripada tapai singkong lainnya. Peuyeum dijual dalam bentuk lonjoran.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan perhentian wajib bagi pecinta kuliner yang melintas jalur Bandung – Jakarta. Sate Maranggi yang terkenal adalah yang ada di Purwakarta dan Cianjur. Bahan utamanya daging sapi atau kambing. Beda sate ini dengan sate lainnya adalah terdapat proses marinasi (proses merendam bahan makanan dalam cairan bumbu). Umumnya sate Maranggi disajikan dengan nasi timbel atau lontong dengan sambal oncom.

9. Asinan Bogor

Asinan Bogor banyak dijumpai di Suryakencana dan sekitar Bogor lainnya. Ada 3 pilihan asinan, yaitu sayuran, buah-buahan atau campur yang segar dan renyah. Kuah asinan bercita rasa asam dan sedikit pedas. Asinan Bogor merupakan oleh-oleh yang banyak dinantikan teman atau kerabat. Asinan Bogor yang terkenal antara lain Asinan Sedap Gedung Dalam, Asinan Asli Bogor, dan Asinan Ahauw.

10. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon. Para pelintas pantai utara Jawa sering menyempatkan mampir Cirebon untuk menikmati empal gentong. Empal gentong terbuat dari daging dan jeroan sapi dalam kuah santan berbumbu kuning. Makanan tersebut dimasak di dalam gentong tanah liat. Empal gentong yang terkenal antara lain Empal Gentong H. Apud, Empal Gentong Mang Darma dan Empal Gentong Krucuk.

11. Karedok

Sepintas, karedok terlihat sama dengan lotek. Namun, jika dilihat lebih dekat dan dicicipi akan tampak bedanya. Karedok menggunakan sayuran mentah, antara lain tauge, kubis, kacang panjang, daun kemangi, dan sebagainya. Karedok juga menggunakan bumbu kacang. Namun karedok memiliki ciri khas, yaitu penggunaan oncom bakar. Ada pula yang menyederhanakan deskripsi karedok sebagai lotek ditambah oncom bakar.

12. Cireng

Umumnya cireng dijual oleh pedagang keliling, namun ada pula yang dijual dalam bentuk beku di supermarket. Belakangan, cireng juga menjadi menu snack di kafe. Cireng merupakan gorengan yang terbuat dari tepung tapioka yang dicocol saus bumbu rujak. Beberapa penjual berinovasi dengan membuat cireng isi keju, ayam, abon, dan sebagainya. Cireng termasuk mudah dibuat oleh siapa saja.

13. Ubi Cilembu

Ubi cilembu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang berasal di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang. Ubi cilembu dapat dibeli di pinggir-pinggir jalan, baik dalam bentuk mentah maupun matang. Cara memasak ubi cilembu umumnya hanya dengan dioven agar rasa manisnya keluar. Ubi cilmebu mentah merupakan pilihan oleh-oleh yang tepat karena tahan busuk selama dibawa dalam perjalanan.

Baca juga: Resep Soto Ayam dari 3 Daerah di Indonesia yang Mudah Dibuat

14. Combro

Combro merupakan singkatan dari oncom di-jero atau oncom di dalam. Bentuknya seperti timus. Combro terbuat dari parutan singkong yang diisi sambal oncom, lalu digoreng. Combro adalah makanan khas Jawa Barat yang cocok untuk menemani minum teh atau kopi.

15. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya tetapi bisa ditemui di seputar daerah di Jawa Barat lainnya. Nasi tutug oncom terdiri dari nasi yang diaduk dengan oncom yang digoreng atau dibakar. Nasi tersebut dibungkus atau dibentuk di piring agar estetik. Nasi tutug oncom adalah salah satu menu makanan tradisional yang ditawarkan di maskapai Garuda dan Citilink.

Itulah daftar lengkap 15 makanan khas Jawa Barat yang selalu dicari oleh wisatawan, baik untuk wisata kuliner maupun oleh-oleh. Pastikan untuk mencatatnya sebelum berangkat ke Jawa Barat.

Exit mobile version