Mana Lebih Sehat untuk Rambut, Sisir Plastik atau Kayu?

ilustrasi gambar sisir untuk perawatan rambut

Man brushing his hair with a wooden comb and show how to take care about hair at home. Modern and stylish haircut after barbershop

Hampir semua orang, khususnya kaum wanita, mendambakan rambut yang tebal dan berkilau. Demi mewujudkannya, perawatan rambut tertentu pun dilakukan, seperti menggunakan sampo, kondisioner, hingga serum yang ramah rambut. Namun, selain itu kamu harus memperhatikan jenis sisirnya, berbahan plastik atau kayu. Tapi sisir mana yang lebih efektif membuat rambut sehat?

Baca juga: Ucapan Alhamdulillah Pintu Pembuka Keberkahan

Dokter spesialis kulit dr Aanchal Panth, mengatakan sisir kayu cenderung mengurangi listrik status dan meminimalisir rambut kusut.

Akan tetapi, sisir jenis ini sejatinya dibuat bukan untuk semua orang. Menurut dr Panth, mereka yang memiliki masalah kulit kepala sangat berminyak, ketombe tebal, dan infeksi kulit kepala, sebaiknya tidak menggunakannya.

“Sisir kayu berpori dan dapat menjebak minyak, bakteri, dan jamur,” terangnya, dikutip dari Indian Express, Rabu (11/1).

Menghilangkan beberapa mitos, Dr Panth mengatakan bahwa sisir kayu tidak memperbaiki kerontokan rambut atau meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala atau mengurangi ketombe – seperti yang diyakini secara umum.

Hanya saja, sisir kayu mempunyai kelebihan dapat terurai alami dan ramah lingkungan.

Dia menyarankan untuk mengingat langkah-langkah berikut:

1. Sisir kayu perlu dibersihkan secara menyeluruh setelah setiap keramas.
2. Bersihkan dengan sampo atau sabun dan air saat mandi. Biasakan untuk membersihkan sisir sesering waktu keramas.
3. Sisir saat rambut hampir kering. Namun bagi pemilik rambut keriting, sebaiknya sisir rambut saat basah.
4. Pastikan menyisir rambut usai mandi untuk memastikannya tidak kusut.
5. Menyisir sekali sehari sudah cukup.
6. Mitos bahwa menyisir berulang kali meningkatkan kualitas rambut atau meningkatkan sirkulasi kulit kepala.

Baca juga: Cleanser Berbahan Dasar Minyak Ampuh Hapus Riasan Waterproof

Dokter kulit menyimpulkan bahwa sisir kayu adalah pilihan yang baik bagi pemilik rambut keriting. Tapi, jangan berharap itu mengubah kualitas atau tekstur rambut.

“Sisir kayu perlu dibersihkan dengan benar dan sering dicuci untuk menghindari penumpukan minyak. Sisir kayu tidak akan mengurangi kerontokan rambut. Sisir kayu jauh lebih baik untuk lingkungan daripada alternatif plastik,” katanya.

Konsultan dokter kulit dr Trupti D Agarwal, menekankan bahwa sisir kayu “unggul” dibandingkan sisir plastik, karena lebih sedikit rambut yang mengalami kerusakan.

Sisir kayu juga dapat mengurangi trauma kulit kepala dan meningkatkan aliran darah.

Baca juga: Kulit Leher Menghitam Seperti Kerak Daki, Waspada Penyakit Ini

“Ini meningkatkan kualitas rambut, meningkatkan produksi minyak alami, mengurangi kekeringan dan gatal pada kulit kepala, serta membantu Anda merasa lebih tenang.” tutupnya.

Exit mobile version