Mengeksplorasi Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

Buah naga adalah buah tropis yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Siapa sangka, kulit buah naga yang selama ini dibuang begitu saja ternyata memiliki sejumlah manfaat baik bagi kulit. Salah satu manfaat kulit buah naga adalah untuk mengatasi permasalahan jerawat di wajah.

Kulit buah naga merah memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, ‘limbah’ dari kulit buah naga ini cocok untuk dijadikan bahan campuran pada beberapa produk perawatan kulit seperti masker wajah misalnya. Kandungan baik yang ada di kulit buah ini mampu merawat kulit wajah hingga bisa mengatasi penuaan pada sel kulit wajah.

Selain kandungan vitamin C dan antioksidan, kulit buah naga juga mengandung zat pewarna alami yang disebut dengan betacyanin dan juga memiliki mineral tinggi. Penggunaan pewarna alami ini bisa digunakan sebagai pewarna makanan yang lebih sehat dibandingkan pewarna sintetis.

Penasaran apa saja manfaat kulit buah naga untuk kecantikan dan perawatan kulit? Berikut ulasannya.

5 Manfaat Kulit Buah Naga

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

1. Mampu Melembapkan Kulit

Banyak yang menyepelekan perihal kelembapan kulit dan merasa tidak perlu menggunakan moisturizer. Padahal menjaga kelembapan dengan cara menggunakan moisturizer itu penting. Kulit yang lembap akan menjadi lebih kenyal juga kencang. Ringkasnya, kulit yang lembap mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Hubungan kelembapan dan keriput ada pada skin barrier yang berfungsi menjaga tingkat kelembapan kulit.

Buah naga merah mengandung sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit seperti vitamin C, vitamin E dan vitamin B3. Dalam menjaga kelembapan bisa menggunakan ekstrak kulit buah naga sebagai masker atau mengonsumsinya sebagai teh. Dengan rutin mengonsumsi atau menggunakan masker dari ekstrak kulit buah naga, maka kulit wajah dan juga tubuh akan terhidrasi dengan baik dan kelembapannya terjaga.

Baca juga: 10 Bahan Alami yang Bisa Menjadi Tabir Surya yang Ramah Lingkungan

2. Mengatasi Jerawat

Kombinasi antara antioksidan dan vitamin C, mampu untuk mengatasi jerawat membandel di wajah. Caranya? Cukup dengan cara alami yaitu ambil potongan buah naga yang kecil saja lalu haluskan. Kemudian, bersihkan wajah dan oleskan ke area wajah yang ada jerawatnya. Diamkan olesan tersebut hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan rutin 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Atau bisa juga dengan cara kerok semua ampas buah naga, lalu ditumbuk menjadi pasta halus dengan garpu. Oleskan pasta tersebut di area yang ada jerawatnya. Kalau kedua cara tersebut terasa ribet, kamu bisa menempelkan kulit buah naga yang dipotong kecil ke bagian wajah berjerawat selama 10 menit, lalu bersihkan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya penuaan dini seperti keriput, kerutan dan garis-garis halus di wajah adalah musuh bagi kaum perempuan. Namun, tenang, ekstrak kulit buah naga bisa mengatasinya. Kandungan vitamin E di buah naga dikenal sebagai kandungan yang membantu memperlambat penuaan dini pada kulit. Apalagi ditambah antioksidan, yang juga sangat bagus dalam menghempas kerutan di wajah.

Kandungan antioksidan, vitamin E dan betakaroten, akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas yang ada di lingkungan serta memperlambat dari proses penuaan sel. Karena seperti yang diketahui, faktor utama penuaan sel adalah radikal bebas.

Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin dengan sedikit gula tentunya. Untuk lebih maksimal, haluskan kulit buah naga yang masih ada sedikit dagingnya untuk digunakan sebagai masker.

4. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat kulit buah naga berikutnya adalah bisa untuk mencerahkan kulit wajah. Adanya kandungan vitamin B3 membuat manfaat ini sangat baik untuk tubuh dan juga kulit wajah. Tak hanya itu saja, manfaat lainnya mampu menghaluskan kulit yang kasar akibat penumpukan sel-sel kulit mati. Bahkan vitamin C, asam folat dan protein dipercaya ampuh dalam mengempaskan sel-sel kulit mati tersebut.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jus buah naga, menggunakannya sebagai masker, lulur, dan scrub. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Korean Beauty: Rahasia Perawatan Kulit yang Memikat dari Produk Korea Online

5. Meredakan Kulit yang Terbakar

Ternyata manfaat dari kulit buah naga mampu meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari. Manfaat ini bisa didapat karena adanya kombinasi kandungan vitamin C dan E di dalamnya yang mampu meredakan inflamasi.

Untuk merasakan manfaat ini bisa dengan cara mencampurkan ¼ potong dari buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk kemudian diolah menjadi krim yang kental. Oleskan krim tersebut ke kulit yang terbakar, biarkan kurang lebih 30 menit lalu bilas.

Secara keseluruhan, manfaat kulit buah naga datang dari kandungan di dalamnya. Selain digunakan menjadi masker untuk wajah, lulur dan scrub tubuh, krim untuk kulit terbakar, bisa juga digunakan sebagai lipbalm. Penggunaan ekstrak kulit buah naga di lipbalm mampu mengatasi permasalahan bibir seperti bibir pecah-pecah dan kering.

Gimana tertarik untuk mengonsumsi dan mengolah kulit buah naga?

Exit mobile version