Manfaat Memanaskan Mesin Kendaraan Sebelum Mengantar Paket

salah satu cara sederhana untuk merawat kendaraan bermotor adalah dengan rutin memanaskan mesin kendaraan

JNEWS – Bagi para kurir yang mengantarkan paket, kendaraan operasional baik itu motor maupun mobil adalah alat vital sehari-hari yang harus dijaga kondisinya prima dan laik jalan.

Nah, agar kendaraan yang digunakan tidak cepat rusak atau bermasalah, sebaiknya selain melakukan service rutin, perlu diperhatikan hal-hal sederhana yang kerap luput tapi penting buat menjaga kondisi kendaraan. Salah satunya dengan memanaskan mesin sebelum menggunakan kendaraan tersebut.

Memanaskan mesin adalah dengan menyalakan mesin motor atau mobil beberapa saat sebelum digunakan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi optimal kendaraan tersebut, terutama performa mesin.

Secara umum, memanaskan mesin kendaraan akan membantu sirkulasi atau pelumasan oli untuk mencapai celah-celah mesin sempit yang perlu dilumasi dan mengurangi potensi kebocoran kompresi. Berikut manfaat memanaskan mesin kendaraan.

Mengisi daya aki

Aki pada kendaraan berfungsi menyuplai listrik ke sejumlah sistem kelistrikan pada kendaraan. Nah, memanaskannya termasuk upaya meningkatkan daya listrik pada aki. Pada kendaraan yang tidak dinyalakan dalam waktu lama, oli akan turun dan daya listriknya akan berkurang. Hal ini dapat mempengaruhi performa kendaraan, misalnya kendaraan susah dinyalakan dan sebagainya.

Menjaga sirkulasi oli

Memanaskan mesin kendaraan secara rutin dapat membantu menjaga oli tersirkulasi dengan baik atau merata ke seluruh bagian mesin mobil. Hal ini membuat daya aki tetap bekerja dengan baik sehingga proses starter kendaraan tidak terkendala. Jika kendaraan lama tidak dinyalakan, oli bisa turun dan bagian atas mesin akan mengering.

Menghindari mesin aus

Proses pelumasan oli ke seluruh bagian mesin mobil dapat memperkecil risiko gesekan antarlogam. Gesekan yang terjadi akibat oli kering ini bisa menyebabkan aus atau kerusakan pada berbagai komponen mesin. Jika mesin aus, maka akan timbul suara berisik saat kita menyalakan kendaraan. Selain itu, gesekan antarmesin yang diakibatkan oleh oli kering juga bisa menyebabkan kerusakan komponen pada mesin.

Mencegah kebocoran kompresi

Khusus pada mesin mobil, ada bagian tertentu pada komponennya yang sengaja tidak dibuat presisi. Komponen tersebut akan dengan kembali presisi ketika terkena panas. Pemanasan ini yang mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Kebocoran kompresi dapat membuat proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak sempurna. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan jadi kurang optimal dan membuat mesin mobil jadi boros bahan bakar. *

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Motor Bekas

Exit mobile version