Marak Pemerasan Berkedok Ketabrak, Jangan Lupa Pentingnya Dashcam

 

Belakangan ini banyak aksi penipuan berujung pemerasan yang dialami pengendara mobil. Modusnya dengan berpuara-pura ketabrak, baik pengguna jalan atau pengendara sepeda motor.

Contoh, seperti video viral di Pasar Rebo, Jakarta Timur, ada orang yang berpura-pura tertabrak dan mengejar mobil pengendara yang menjadi target penipuannya dengan dibocengi seorang rekannya.

Sesampainya di depan mobil target, oknum tersebut langsung berpura-pura pincang. Pelaku sambil menunjuk pengendara di mobil mengaku habis terserempet yang membuatnya cidera.

BACA JUGA : Ini Pentingnya Mengaplikasi Dashcam di Mobil

Padahal, ketika pelaku turun dari motor, masih sempat berlari normal untuk mengejar mobil  yang dianggap jadi target penipuannya.

Untungnya pengendara di dalam mobil bersama penumpangnya, sempat mebuat video ketika oknum penipu tersebut berlari. Dengan demikian, semua pernyataan oknum terbantahkan dan langsung balik kanan alias cabut karena tak berhasil memeras korban.

Belajar dari kejadian tersebut, aksi penipuan ini bisa terjadi di mana dan kapan saja. Karena itu, penting untuk saat ini pemilik mobil melengkapi kamera pengawas pada kabin layaknya dashcam alias kamera dasbor.

Dengan adanya perangkat dashcam, otomatis semua aktivitas di depan mobil bisa terekam dan dijadikan barang bukti bagi semua aksi kejahatan. Tak hanya itu, pemilik mobil juga bisa menjadikan dashcam sebagai alat bukti ketika mengalami tabrakan.

Hal ini cukup penting mengingat rentan dengan risiko dan konflik. Bahkan dengan adanya video dari dashcamp, bisa dijadikan bagi pemilik mobil untuk meminta ganti rugi sampai mengklaim proses asuransi.

BACA JUGA : Bikin UMKM Naik Kelas, KemenkopUKM Lunurkan New PLUT

Nah, bicara soal dashcamp untuk mobil sendiri, sebenarnya ada banyak pilihannya di pasaran. Harganya juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan yang tentunya disesuaikan dengan kualitas video serta kapasitas dari penyimpanannya.

Meski demikian, dianjurkan atau disarankan untuk memilih dashcamp yang memiliki kualitas kamera mempuni, dengan demikian kinerjanya juga lebih optimal karena tangkapan lebih jernih dan jelas.

 

Exit mobile version