Masjid Jami Soeprapto Soeparno dan Semarak Syiar Islam di Bulan Ramadan

JNEWS – Di bulan suci Ramadan kegiatan syiar Islam di Masjid Jami Soeprapto Soeparno tampak lebih padat dibandingkan biasanya. Berbagai kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan 1445 digelar di masjid yang dibangun oleh pendiri JNE (alm) H. Soeprapto Soeparno ini.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, masjid yang arsitekturnya terinspirasi dari Masjid Cordoba di Spanyol ini menjadi persinggahan dan tujuan masyarakat sekitar maupun dari luar daerah yang berkunjung di Pangkalpinang atau Bangka Belitung. Mereka melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya di masjid yang kubahnya berwarna emas terukir kaligrafi dari surat Al-Maun dan Al-Baqarah.

“Selain warga sini, banyak juga warga dari luar kota Bangka Tengah sengaja datang. Mereka datang untuk berbuka puasa, salat Maghrib yang dilanjutkan dengan salat Tarawih di Masjid Jami Soeprapto Soeparno ini. Di hari pertama puasa Ramadan kemarin, para jamaah membludak sampai ada yang shalat Tarawih di luar, padahal kapasitas masjid mampu menampung sekitar seribu jamaah,” ujar M. Dayat, sekretaris pengurus Masjid Jami Soeprapto Soeparno saat berbincang dengan JNEWS, Rabu (13/3/2024).

Menurutnya, banyak warga yang datang selain ingin beribadah karena mereka juga  tertarik dengan kemegahan dan keunikan artsitekturnya, sehingga masjid ini sekarang cukup terkenal di Bangka Belitung.

Baca juga: JNE Bogor Berbagi Bekal Ramadan untuk 11 Panti Asuhan

Kegiatan pengajian di bulan Ramadhan 1445 H yang digelar pengurus Masjid Jami Soeprapto Soeprano.

Dan pada bulan Ramadhan, pengurus masjid menggelar berbagai kegiatan dengan tujuan memakmurkan masjid dan juga menyemarakkan syiar Islam. Kegiatan tersebut di antaranya menyediakan takjil pada saat buka puasa, menggelar salat tarawih berjamaah yang dilanjutkan dengan tadarusan (membaca Al Quran) dan menjelang berakhirnya bulan Ramadhan menerima serta menyalurkan zakat fitrah.

Alhamdulillah kegiatan keagamaan di masjid ini selalu mendapat sambutan antusias dari para jamaah, termasuk mereka yang datang dari luar kota. Dan semoga pahalanya akan tetap mengalir ke (alm) Bapak H. Soeprapto,” M. Dayat mengakhiri.

Seperti diketahui Masjid Jami Soeprapto Soeparno diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama istri almarhum H. Soeprapto, yakni Hj. Nuraini Soeprapto dan Presiden Direktur JNE M. Feriadi, pada Rabu (9/6/2021) silam.

Masjid Jami Soeprapto Soeparno yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Desa Beluluk, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, marupakan hasil renovasi dari masjid sebelumnya yang sudah berdiri sejak 1979. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 1.405 m2 dan mampu menampung sekitar 1.000 jamaah.

Baca juga: Cerita Kurir yang Jadi Saksi Perjalanan JNE Pangkal Pinang, Bangka

 

Exit mobile version