Mau Asuransi, Pahami Dulu Soal Arti Polis

 

Istilah polis asuransi sampai saat ini belum banyak yang mengerti, padahal sangat penting untuk dipahamis terutama bagi yang akan memulai asuransi. Baik itu kesehatan, jiwa, bangunan, atau lainnya sampai dengan kendaraan.

Dari beragam sumber, kebanyakan orang yang sudah berasuransi ternyata belum paham betul soal masalah polis, bahkan ada yang tak mengerti. Salah satu alasannya karena malas mempelajarinya.

Melansir dari Prudential, polis merupakan suatu perjanjian memiliki fungsi lebih dari itu, antara lain, yakni mengatur hak dan kewajiban antara perusahaan asuransi dan nasabah.

BACA JUGA : Pentingnya Punya Asuransi Jiwa!

Secara garis besar, isi polis asuransi mencakup beberapa hal, yakni:

1. hal yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi
2, manfaat yang akan diterima
3. data tertanggung
4. periode pembayaran dan tenggat waktunya.
5. jumlah premi yang dibayarkan oleh nasabah.

Tak hanya itu, biasanya juga turut dicantumkan tentang fasilitas tambahan, tanggal penerbitan polis dan periode asuransi, potongan biaya yang akan dikenakan, hingga nilai premi yang harus dibayar.

Seperti diketahui, polis asuransi memiliki fungsi penting bagi tertanggung dan penanggung karena statusnya sebagai bukti sah atau perjanjian yang legal.

Nah, karena itu, isi polis asuransi akan lebih menjelaskan soal aturan kesepakatan yang harus dipatuhi selama perjanjian tersebut berlangsung.

Bagi penanggung, ada tiga fungsi dari polis, yakni bukti tertulis jaminan pertanggungan yang akan diterima dari perusahaan asuransi ketika terjadi risiko, bukti pembayaran premi tertanggung kepada penanggung sesuai jangka waktu yang disepakati, dan bukti sah jika penanggung tidak memenuhi tanggung jawabnya berupa pemberian jaminan sesuai hak tertanggung.

Sementara fungsi bagi penanggun diantaranya adalah sebagai bukti penerimaan premi asuransi yang dibayarkan tertanggung, dan bukti tertulis atas jaminan perlindungan yang diberikan kepada tertanggung ketika mengalami risiko yang telah disepakati.

BACA JUGA : Smesco Skyeats, Bikin Produk Makanan UMKM Lebih Tahan Lama

Nah, dengan ringkasan artikel singkat mengenai polis asuransi ini, diharapkan tiap-tiap orang yang ingin melakukan asuransi bisa memahami dengan mudah. Tak ada salahnya juga untuk menanyakan secara detail dan terperinci mengenai aturan mainnya.

 

 

Exit mobile version