Mau Coba Berbisnis Tahun Ini, Cek 4 Langkahnya

Ide Bisnis Dari 5 Produk Paling Laris di E-commerce

Ilustrasi Online Seller.

 

Memasuki lembaran baru di 2022, mungkin ada sebagai kecil masyarakat yang ingin mulai mengembangkan bisnis mandiri guna mencari penghasilan. Walau secara kompetisi makin ketat, bukan berarti langsung menyerah.

Seperti diketahui, ada beberapa potensi usaha yang bisa dilirik belakangan ini, seperti kerajinan tangan, fashion, dan juga kuliner. Dari tiga diantaranya, masing-masing memiliki prospek yang cerah, termasuk bagi yang baru mau mulai merintis.

Terlebih, untuk memulai usaha kini tak begitu sulit dengan adanya keberadaan internet dan platform digital lainnya. Ragam ide bisa didapat untuk pengembangan, tapi meski demikian jangan mudah terlena.

Dok ; sulawesibisnis.com

Perlu diingat semuanya berjalan dengan proses, dan proses membutuhkan waktu. Dengan demikian, bila tergesa-gesa makan potensi bisnis bisa jadi tak berjalan mulus.

BACA JUGA : Sah, Truk ODOL Masuk Dalam Kategori Kejahatan Lalu Lintas

Biar maksimal, ada empat langkah yang mungkin saja bisa diserap bagi yang baru akan memulai bisnisnya :

1. Memilih Bisnis

Selain keahlian, dalam memulai bisnis memang butuh yang namanya nyali alias keberanian. Tapi hal tersebut juga harus dilandasi beberapa hal penting, jangan hanya sekadar karena ikutan tren dan lainnya.

Karena itu, dalam perencanaan ada baiknya sudah menentukan pilihan bisnis yang mau digeluti termasuk arah dan mengevaluasi bagaiman ke depannya. Pada poin ini, sangat dibutuhkan riset, mengecek kondisi dan sebagainya, paling penting lagi, pilih bisnis yang benar-benar disukai.

2. Nama dan Branding

Bila sudah dapat bisnis yang mau dijalanan, langkah selanjutnya tinggal mengasah kreativitas untuk nama atau brand yang akan digunakan. Jangan lupa, pastikan nama masih kosong atau belum digunakan bran lain.

Tak lupa bikin juga logo yang jadi icon dari produk agar mudah dikenali pasar. Hal ini juga akan menjadi identitas dari produk yang dipasarkan nanti.

3. Keunikan Produk

Perlu dipertimbangkan akan pentinya kehadiran ciri khas atau keunikan pada suatu produk, karena hal ini yang menjadi pembeda dengan produk serupa dipasar.

BACA JUGA : Dukung Pemberdayaan UMKM, Pemerintah Tingkatkan Porsi Kredit

Tak hanya itu, bila produk punya keunikan tersendiri juga bisa menjadi daya tarik utama dalam berbisnis. Karena itu sangat penting memuiliki unique selling point.

4. Sabar

Dari rangakai beberapa tips di atas, yang paling harus disadari adalah memhami bila merinti usaha butuh perjuangan, karena itu wajib dipahami berbisnis butuh proses untuk sukses.

Jangan fokus atau berpatokan mendapat keuntungan besar dalam waktu yang cepat, apalagi buat yang baru mulai. Hal yang terpenting adalah harus berani melakukan perbaikan di berbagai sektor yang dirasa kurang serta terus tawarkan sesuatu yang autentik.

Ilustrasi rating online/pic.www.health.harvard.edu

Kondisi tersebut bertujuan agar bisnis mudah diingat dan dapat bertahan lebih lama. Jangan cepat menyerah dan mau terima kritik yang ada untuk bisa lebih maju.

 

 

Exit mobile version