Mau Mendaki Gunung? Simak Doa Mendaki Gunung Berikut Ini!

doa mendaki gunung

Doa Mendaki Gunung – Bagi para petualang maupun traveler, mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menantang. Aktivitas ini hingga kini masih digemari bukan cuma oleh kalangan anak-anak muda, tapi juga orang tua sekalipun.

Ada banyak hal menarik yang bisa didapat ketika kita mendaki gunung. Selain menghirup udara yang segar di atas puncak gunung, kita juga bisa melihat pemandangan alam yang membuat hati kita menjadi damai sekaligus mendiringan kemah atau camping. Meski demikian, mendaki gunung juga tidak sembarangan.

Dibutuhkan berbagai macam persiapan mendaki gunung yang matang, mulai dari persiapan perlengkapan, mental, dan fisik. Selain itu, bagi pendaki pemula, sebaiknya kalian harus mendaki ditemani dengan yang lebih pengalaman.

Bukan cuma persiapan fisik dan mental, pastikan kamu juga harus membaca doa sebelum mendaki. Hal ini termasuk penting, mengingat kita mungkin tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada saat melakukan pendakian, bukan? Nah, berikut ini sejumlah rangkaian doa mendaki gunung yang bisa kamu pelajari.

Baca Juga: Cara Membuat Visa Agar Tidak Ditolak

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung

1. Doa sebelum mendaki gunung

Doa berikut ini bisa kamu baca sebelum kamu melakukan perjalanan untuk mendaki gunung atau di saat kamu melakukan persiapan mendaki gunung. Tujuannya tentu saja untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT selama perjalanan dari rumah menuju tempat pendakian.

Berikut lafal doanya:

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

2. Doa ketika mendaki gunung

Setelah tadi kita telah membaca doa sebelum melakukan perjalanan atau tepatnya ketika masih berada di rumah, berikut ini adalah bacaan doa ketika kita mulai mendaki gunung. Bacaan doa ini tercantum dalam Surat Al Hasyr ayat 21.

Berikut lafal doanya:

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Lau anzalna hadzal qurana ala jabalin lara-aitahu khasyian mutashaddian min khasy-yatillah, watilkal amtsalu nadlribuha lin nasi laallahum yatafakkarun.

Artinya: “Kalau sekiranya Kami turunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah SWT. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.”

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Instagramable di Palembang

3. Doa memasuki wilayah baru

Selain dua doa yang sudah disebutkan di atas, ada juga doa memasuki wilayah baru. Doa ini juga cukup penting dibaca karena ketika kita mendaki, pastinya kita memasuki wilayah baru. Doa ini juga bisa menjadikan pertolongan agar terhindar dari hal-hal buruk, sebagaimana diajarkan oleh HR. Hakim dan Ibu Hikam.

Berikut lafal doanya

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Allaahumma rabbas samaawaatis sabi wamaa adhlalna wal aradiinas sabi wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wanauudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, Rabb pemilik tujuh langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para setan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Perjalanan Bisnis yang Wajib Diperhatikan

Nah, itu dia tadi serangkaian doa mendaki gunung yang bisa kamu pelajari dan ucapkan. Dengan membaca dan mengamalkan doa-doa tadi, artinya kita memohon perlindungan kepada Allah SWT selama melakukan pendakian.

Ingat, selama di gunung, kita pun harus bertindak sewajarnya. Jangan bersikap semena-mena, jaga lisan dan perbuatan. Selain itu, tetap jaga kebersihan ya! Seusai camping atau mendaki gunung, bawa pulang kembali sampah-sampah yang berserakan.

Exit mobile version