Mau Punya Rumah di BSD? Ketahui 7 Persiapan Sebelum Membeli

ilustrasi beli rumah dan tanah

Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan menjadi satu lokasi yang diincar para calon pembeli rumah. Pasalnya wilayah ini menjanjikan sejumlah kelebihan, di antaranya strategis dan fasilitas yang lengkap.

Namun, memilih rumah di daerah dengan fasilitas yang lengkap dan desain yang modern akan membutuhkan banyak hal. Interior Expert Pinhome, Shania Tahir, mengatakan ada sejumlah hal yang harus disiapkan untuk membeli rumah, terutama di BSD.

“Pembeli harus pahami kondisi ekonomi diri sendiri, jangan sampai (pembelian rumah) mengganggu kehidupan sehari-hari. Di BSD sekarang harga rumah sudah naik, kesiapan keuangan calon pembeli sudah harus matang,” tutur Shania.

Baca juga: Kiriman Busana Muslim Bordir Tasik dan Snack Ciamis Meningkat

Selain itu, Shania juga membeberkan persiapan penting lain yang harus diketahui oleh calon pembeli rumah, berikut penjelasannya.

Pertama, pahami kondisi ekonomi diri sendiri. Memiliki rumah idaman tentu memakan waktu yang lama dan biaya yang besar. Jadi, calon pembeli perlu memikirkan matang-matang sebelum memilih rumah agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Bila perlu, konsultasikan persoalan ini dengan pasangan atau orang terdekat terlebih dulu.

Kedua, ketahui properti apa yang akan dibeli. Ini bertujuan untuk menetapkan target, seperti biaya yang harus dikumpulkan, preferensi, dan tipe properti yang dibutuhkan. Jika calon pembeli menginginkan konsep kemewahan dalam tampilan hunian minimalis, Perumahan Tanakayu bisa jadi pilihan yang tepat!

Ketiga, selesaikan cicilan yang ada. Ketika akan membeli rumah, hendaknya calon pembeli terlebih dahulu menyelesaikan berbagai cicilan atau hutang yang ada. Pasalnya, tunggakan-tunggakan ini dapat membebani pengeluaran saat membayar kebutuhan properti yang sedang diincar atau diinginkan.

Baca juga: Siap Tembus Pasar Ekspor, Pemerintah Perkuat Model Bisnis UMKM Bambu

Keempat, siapkan budget. Setelah mengetahui kondisi diri dan tipe properti seperti apa yang sedang dicari atau diinginkan dengan harga yang sudah pasti, siapkan budget atau dana yang sekiranya diperlukan. Agar bisa memiliki sebuah hunian di daerah BSD, diperlukan sekitar ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung dari lokasi, tipe, dan pengembang.

Dana bisa didapatkan dari tabungan, investasi yang telah dilakukan, atau penghasilan. Cermat dalam mengelola keuangan adalah kunci untuk bisa memiliki hunian impian.

Kelima, miliki tabungan untuk DP dan dana darurat. Pastikan sebelum membeli rumah, calon pembeli juga memiliki tabungan yang dialokasikan untuk dana darurat dan pembayaran DP sekitar 25% hingga 30% dari total harga rumah yang diinginkan.

Seperti yang sudah diketahui, harga rumah di BSD bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran. Oleh karena itu, dengan memiliki tabungan ini, diharapkan akan meringankan pengeluaran dari calon pembeli.

Keenam, cari dan pilih developer terpercaya. BSD terdiri dari banyak sekali properti, mulai dari rumah, apartemen, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan jasa developernya. Hal ini tentu akan sangat membingungkan karena developer mana yang bisa memberikan pelayanan terbaik, jujur, dan tepercaya.

Baca juga: Industri Kemasan Produk Berperan Dukung Ekosistem Produk Halal

Pastikan untuk selalu melakukan background check terkait developer seperti apa yang terdapat pada daerah tersebut dan bagaimana kredibilitasnya.

Transaksi properti tentu akan melibatkan sejumlah uang dalam jumlah yang besar, oleh karena itu, dengan memilih developer tepercaya. Dapat meningkatkan keamanan dalam proses transaksi.

Ketujuh, cari opsi KPR terbaik! Membeli rumah di BSD tentu saja bisa dengan menggunakan metode KPR. Hal ini akan sangat membantu calon pembeli untuk membantu melunaskan pembayaran rumah.

KPR sendiri memiliki 2 tipe, KPR jangka pendek dan KPR jangka panjang. Oleh karena rumah di BSD sendiri memiliki harga yang relatif tinggi, maka disarankan untuk calon pembeli rumah untuk memilih tipe KPR jangka panjang.

Baca juga: Liburan Overbudget? Pelancong Wajib Hindari 7 Kesalahan Ini

Exit mobile version