Mau Vaksin? Simak Tips Sebelum Vaksin Covid-19 Berikut!

tips sebelum vaksin covid-19

Tips Sebelum Vaksin Covid-19 – Siapa di antara kamu di sini yang belum vaksin? Ayo dong segera vaksin. Karena dengan mengikuti program vaksinasi nasional Covid-19, kamu turut berpartisipasi untuk mengurangi angka penyebaran virus corona di Indonesia.

Sekarang ini ada banyak sekali program vaksin gratis yang diselenggarakan, salah satunya program 7.500 Vaksin Lagi! yang digelar oleh JNT untuk karyawan JNE, keluarga karyawan, dan masyarakat umum pada tanggal 8-19 Juli 2021 di Auditorium Gor Grogol, Jakarta Barat.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan vaksin Covid-19, ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang musti dilakukan sebelum vaksin. Apa saja? Simak informasinya berikut!

Baca Juga: JNE Gelar Program Vaksin Gratis Nih, Ayo Segera Ikutan!

Tips Sebelum Vaksin Covid-19

1. Pastikan tubuh dalam kondisi yang fit

Poin yang satu ini sangat penting ya! Pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang fit dan prima. Jubir dan Duta AKB dr. Reisa menyarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

“Pastikan suhu tubuh kita normal, dibawah 37,3 derajat celcius dan tekanan darah dibawah 180 per 110,” ujar dr. Reisa mengutip dari situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

2. Tidur yang cukup sebelum vaksin

Tips sebelum vaksin berikutnya adalah usahakan tidur yang cukup pada malam hari sebelum vaksin keesokan harinya minimal 7 sampai 9 jam.. Dengan tidur yang cukup maka bisa menjadi penunjang tubuh agar tetap fit dan sehat.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Stasiun Kereta yang Gelar Vaksin Gratis

3. Hindari minum akohol

Nah, bagi kamu pecandu alkohol, usahakan untuk berhenti sejenak jika ingin divaksin minimal 2 hari sebelum dan 2 minggu setelahnya. Mengapa? Karena penting agar sistem imun kamu tetap kuat dan menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik.

4. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga sih bagus buat kesehatan. Tapi buat kamu yang mau vaksin sih sebaiknya hindari kebiasaan dalam berolahraga secara berlebihan. Olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Jadi, pastikan olahraga hanya 25-30 menit dalam sehari ya.

5. Sarapan dan penuhi kebutuhan vitamin sebelum vaksin

Tips sebelum vaksin berikutnya adalah jangan lupa sarapan sebelum kamu vaksin. Dengan asupan makanan yang cukup, maka kamu tidak akan merasa kelaparan dan lemas ketika ingin divaksin. Toh, kamu tidak akan tahu kan dapat antrean ke berapa. Penuhi juga kebutuhan vitamin, seperti protein, vitamin C, A, D3, zinc, selenium, asam amino, dan probiotikdan mineral melalui suplemen tambahan dan makan makanan begizi.

Baca Juga: Tips Anti-Tumbang Setelah Vaksin ala JNE

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Ingat, kamu akan disuntik di lengan atas. Maka dari itu, gunakan lah pakaian yang senyaman mungkin dan tidak bikin kamu ribet. Kamu bisa mengenakan kaos atau kemeja lengan pendek. Hindari penggunaan lengan panjang atau pun jaket. Buat kamu yang berhijab, bisa mengenakan pakaian yang lengannya mudah digulung.

Exit mobile version