Memangkas Waktu Pengiriman ke Indonesia Timur dengan Layanan Fulfillment, Kiprah JNE Makassar

JNE Makassar menambah kapasitas fulfillment untuk percepat kiriman ke Indonesia Timur

JNEWS, September – Di pertengahan kedua tahun 2023 ini JNE Cabang Utama Makassar fokus  untuk meningkatkan kapasitas gudang fulfillment, antara lain melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, JNE terus mengupayakan terobosan untuk memangkas waktu pengiriman lebih cepat untuk para pelanggan di Indonesia bagian timur.

Kota Makassar atau yang terkenal dengan julukan Kota Angin Mamiri, kini menjelma menjadi kota metropolitan dengan aktivitas ekonomi yang sangat sibuk. Sektor perdagangan, UMKM, jasa dan pariwisata menjadi penyokong utamanya. Posisinya yang terletak di tengah Indonesia menjadikan Makassar sebagai gerbang Indonesia bagian timur.

Untuk itu, menurut Kepala Cabang Utama JNE Makassar Suci Indah Permatasari, JNE Makassar terus menambah gudang fulfillment untuk memendekkan proses distribusi ke wilayah Indonesia bagian timur, sehingga bisa menekan biaya ongkir dan memangkas waktu pengiriman. Semakin murah ongkos kirim dan semakin cepat waktu pengiriman, tentu konsumen akan semakin diuntungkan.

“Selama ini biaya ongkir ke wilayah timur cukup mahal, khususnya kiriman dari Pulau Jawa menuju Papua. Tetapi dengan adanya fulfillment di Makassar, barang-barang yang akan dikirim ke Papua tidak harus lagi dari Pulau Jawa, sehingga akan terjadi efisiensi baik itu ongkir maupun waktu pengiriman,” ujar Suci.

Baca juga: Kiriman Kargo Dibalik Tumbuhnya JNE Balikpapan …

Diungkapkan Suci, kebutuhan untuk pengiriman ke wilayah Indonesia Timur cukup tinggi, namun terkendala oleh ongkir yang mahal. Untuk itu JNE Makassar menyediakan fulfillment, bahkan telah bekerjasama dengan 10 perusahaan.

Kepala Cabang Utama JNE Makassar, Suci Indah Permatasari.

Gambarannya kurang lebih begini. Klien menyimpan barang-barangnya di gudang fulfillment, dan JNE menangani semua proses yang diperlukan agar barang sampai ke tangan pelanggan, mulai dari menangani pemesanan (order), pengemasan sampai pengiriman langsung ke alamat penerima.

“Ada tren pengiriman barang-barang besar, seperti kasur dan barang besar lainnya. Bila barang-barang ini dikirim langsung dari Pulau Jawa ke tujuan (baca: wilayah Indonesia Timur), maka akan mahal biaya ongkir dan waktu kirimnya lebih lama. Akan tetapi bila dikirim dari Makassar akan ada efisiensi ongkir dan waktu kirimnya,” terang Suci.

Suci menambahkan, di Makassar sendiri ada beberapa gudang fulfillment, baik itu yang berukuran besar maupun kecil dan telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan, seperti perusahaan sparepart kendaraan hingga perusahaan kosmetik.

Sementara terkait UMKM, belakangan ini banyak produk UMKM yang dikirim dari Pulau Jawa, tidak terkecuali produk UMKM dengan jenis barang yang besar. “Untuk produk UMKM, kami memberikan berbagai program dari mulai potongan biaya ongkir, hingga menawarkan agar barang-barangnya disimpan di gudang fulfillment yang telah disediakan JNE,” bebernya.

Baca juga: Berkat Layanan Super Speed, JNE Raih Penghargaan dari Tribun Lampung

Disinggung mengenai pencapaian di semester pertama tahun 2023, Suci menuturkan bahwa progress-nya sejauh ini sudah sesuai dengan target yang telah ditetapkan di awal tahun. “Alhamdulillah pencapaiannya memuaskan. Kami optimis dengan kerja keras dan fokus melaksanakan program yang telah dibuat sebelumnya, akhir tahun target yang dicanangkan akan terpenuhi,” tutup Suci saat berbincang dengan JNEWS di sela-sela acara Rakernas Asperindo beberapa waktu lalu. *

 

Exit mobile version