Membanggakan! 5 Brand Lokal yang Sukses Mendunia

Membanggakan! 5 Brand Lokal yang Sukses Mendunia – Masih banyak diantara kita yang menganggap kualitas produk lokal jauh di bawah brand luar, sehingga masih banyak yang memburu produk luar negeri.

Jangan salah, karena ternyata ada banyak produk dalam negeri yang kualitasnya nggak kalah bagus dengan produk asing. Bahkan, di antaranya ada yang sudah mendunia dan go internasional, sangat membanggakan tentunya.

Ini adalah bukti bahwa brand lokal juga cukup membanggakan secara kualitas dan mampu bersaing dalam industri fashion.

BACA JUGA: Brand Clothing Lokal yang Jual Pakaian Bermotif Tie Dye

Membanggakan! 5 Brand Lokal yang Sukses Mendunia

1. Radio Magno

Foto by design.com

Radio Magno atau yang biasa dijuluki radio bernuansa vintage ini merupakan sebuah inovasi yang diciptakan oleh Singgih Susilo Kartono. Memulai usahanya pada tahun 2005, Radio Magno dibuat dari bahan dasar kayu pohon yang tumbuh di Indonesia, seperti pinus, mahoni, dan sonokeling (rosewood India).

Dengan menggunakan ketiga pohon tersebut, resonansi suara radio dapat terdengar sangat baik. Pria kelahiran asal Temanggung ini pun tak menyangka jika Radio Magno yang semula hanya sebuah prototype produk dari tugas akhir semasa kuliah ini bisa menembus pasar internasional dan mendunia hingga Amerika Serikat dan Eropa.

2. Blankenheinma

Sepatu Blankenheim

Beralih pada dunia fashion, Blankenheim adalah merek sepatu kulit asal Indonesia yang dibuat oleh Beny Sofara. Nama Blankenheim diambil dari nama kota di mana Beny tinggal di Belanda semasa kuliah.

Blankenheim dibuat menggunakan bahan kulit lokal premium dan desain yang trendi, harga yang dipatok untuk produk ini berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp1 juta.

Dalam satu bulan produk Blankenheim terjual lebih dari 100 pasang sepatu, baik di dalam maupun luar negeri. Blankenheim sudah merambah hingga ke Jerman, Belanda, dan Jepang.

Tidak hanya itu, Blankenheim sudah beberapa kali terpilih mengikuti pameran di luar negeri, salah satunya di Amerika Serikat pada 2019 dan beberapa bulan setelah itu terbang ke Korea Selatan.

3. Major Minor

Penampilan Brand Major Minor

Didirikan sejak 2011, Major Minor menjadi salah satu merek fashion Indonesia yang sudah melanglang buana mengikuti ajang fashion internasional.

Dalam beberapa kesempatan, brand lokal yang dibuat oleh pasangan suami istri Ari Seputra dan Seri Seputra beserta rekannya Inneke Margareth ini juga pernah mengikuti Tokyo Fashion Week pada tahun 2014.

Karena memiliki kualitas yang apik, Major Minor telah diakui di dunia internasional dan bahkan sudah bisa bersaing dengan desainer ternama sekelas Lanvin, Kenzo, dan Armani.

BACA JUGA: 5 Langkah Meningkatkan Branding Lewat Kemasan

4. Doris Dorothea

 

Membanggakan! 5 Brand Lokal yang Sukses Mendunia

Produk lokal yang mendunia selanjutnya adalah Doris Dorothea. Brand tas yang diproduksi di Ciledug, Tangerang, ini selalu menggunakan kualitas kulit reptil terbaik sebagai bahan bakunya, maka tak heran apabila pemasaran produknya sudah menjamur hingga ke Timur Tengah dan Eropa.

Produk Doris Dorothea yang terbilang simpel dan elegan ini juga sempat digunakan di runway New York Fashion Week 2017. Selain tas, brand fashion lokal ini juga menghadirkan beberapa koleksi lainnya, seperti dompet, sepatu, dan aksesoris.

5. Cotton Ink

Cotton Ink yang Sudah Mendunia

Merek fashion baju yang terakhir ini rasanya sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda. Berdiri sejak tahun 2008, Cotton Ink didirikan oleh dua desainer muda Indonesia, yakni Carline Darjanto dan Ria Sarwono.

Persahabatan yang terjalin sejak SMP ini membuat mereka berkolaborasi mendirikan sebuah brand fashion yang namanya kini dikenal hingga mancanegara.

Hal ini terbukti pada tahun 2013 lalu, Cotton Ink turut berpartisipasi dalam acara Designers Week di Singapura. Terlebih, saat ini Cotton Ink juga sudah membuka banyak gerai toko di berbagai kota.

Gimana, sangat membanggakan sekali bukan 5 brand lokal di atas. Itulah bukti bahwa brand lokal juga diperhitungkan di kancah internasional. Kalau orang luar negeri suka dengan brand lokal Indonesia, kenapa kita tidak?

BACA JUGA: 6 Artis yang Kelola Bisnis dengan Brand Namanya

Exit mobile version