Panduan Memilih Small Budget Hotel untuk Liburan Hemat

JNEWS – Small budget hotel tidak selalu berarti memiliki kualitas rendah. Kini, ada banyak pilihan hotel berkualitas dengan harga terjangkau.

Memang, dengan harga murah, beberapa fasilitas mungkin tidak tersedia. Fasilitas tertentu bisa jadi juga harus dikorbankan untuk mendapatkan fasilitas lain yang lebih istimewa.

Namun, pengunjung masih dapat menemukan hotel yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bahkan banyak hotel kecil yang juga menawarkan kamar dengan kolam pribadi, dengan tarif yang sangat terjangkau.

Apa itu Small Budget Hotel?

15 Small Budget Hotel Terbaik di Asia Tenggara untuk Backpacker

Small budget hotel sering disebut juga budget hotel atau hotel bujet. Beberapa literatur asing menyamakan hotel bujet dengan hotel murah atau cheap hotel. Namun, rasanya hotel jenis ini lebih tepat disebut hotel dengan harga terjangkau, karena tarif menginap murah, tetapi fasilitas yang disediakan tidak murahan.

Dikutip dari Little Hotelier, small budget hotel adalah akomodasi cost-effective (hemat) yang menukar kemewahan dengan sarana yang lebih simpel dan tidak terlalu mengejar kelengkapan fasilitas. Di Indonesia, hotel-hotel seperti ini banyak terdapat di daerah-daerah wisata utama, seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta.

Baca juga: 7 Hotel Ramah Lingkungan: Berlibur Tanpa Mengorbankan Alam

Panduan Memilih Small Budget Hotel di Indonesia

Berikut adalah panduan memilih small budget hotel yang bisa diterapkan di Indonesia.

1. Perhatikan Ulasan di Media Sosial

Tamu hotel zaman sekarang senang berbagi informasi selengkap-lengkapnya melalui media sosial. Kadang, tamu non-influencer justru memerhatikan hal-hal kecil yang tidak dibahas oleh influencer. Misalnya, cara pengoperasian perlengkapan kamar mandi yang menyulitkan, jendela yang tidak aman untuk anak kecil, lantai yang licin, dan sebagainya. Sedangkan influencer dapat diandalkan untuk mengetahui gambaran umum hotel tersebut secara menyeluruh.

Di media sosial, ada nilai tertentu dalam menarik perhatian atau interaksi dengan membagikan informasi tentang hotel yang menawarkan fasilitas terbaik dengan harga termurah. Pemilik akun juga mampu mendulang engagement dari banyaknya pertanyaan seputar hotel tersebut.

Di samping itu, banyak hotel bujet yang tidak ditemukan di OTA karena dikelola secara pribadi dan hanya dipromosikan di media sosial.

2. Perhatikan Peta

Salah satu nilai jual hotel adalah letak yang strategis, tak terkecuali letak hotel bujet. Jika ada promosi dengan kalimat “hotel bujet di tengah kota”, ‘hotel bujet cuma 10 menit dari Malioboro”, dan sebagainya, sebaiknya dicek ulang terlebih dahulu.

Yang harus dilakukan adalah membuka peta dan melihat posisi sebenarnya di dalam peta. Jika sudah ada street view, lakukan penelusuran melalui street view. Dengan demikian, akan terlihat apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan promosinya.

3. Pilih Low Season

Low season merupakan masa-masa hotel sepi tamu. Biasanya hotel-hotel memberikan harga yang sangat terjangkau pada low season. Umumnya ini terjadi pada hari Senin hingga Kamis, bukan masa liburan sekolah, tidak dekat hari raya, tidak dekat libur hari kejepit, musim hujan, dan sebagainya. Meski belum liburan tetapi hari-hari setelah ujian juga patut diperhitungkan, karena banyak sekolah yang mengadakan study tour.

4. Bandingkan Secara Online

Cara untuk mendapatkan harga terbaik dari jaringan hotel atau hotel yang telah dikelola oleh manajemen profesional adalah dengan membandingkannya. Perbandingan dapat dilakukan dengan cara mengetik kata kunci di pencarian Google atau di OTA (Online Travel Agent).

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain tak hanya harga yang harus menjadi perhatian, tetapi juga ulasan para tamu sebelumnya dan rating hotel tersebut. Selain itu, perhatikan pula fasilitas hotel dan letaknya dari lokasi kegiatan yang akan dilakukan selama menginap di kota tersebut.

5. Telepon Langsung Hotelnya

Kadang hotel memberikan harga spesial bagi tamu yang menelepon hotel secara langsung untuk memesan kamar. Namun sebelum menelepon hotel tersebut, ketahui dulu berapa harga sewa kamar hotel tersebut di OTA sebagai perbandingan. Calon tamu dapat memilih harga terbaik dari dua cara memesan hotel ini.

6. Coba Alternatif Homestay atau Guest House

Di daerah-daerah wisata, sering ditemukan beragam jenis penginapan, mulai dari homestay, guest house, vila, dan hotel. Umumnya suatu penginapan disebut homestay, vila, atau guest house lantaran properti tersebut dikelola secara pribadi. Sebagian di antaranya memiliki rating hotel.

Beragam tipe penginapan ini perlu dicoba karena umumnya jauh lebih murah dan fasilitasnya lebih fun, karena tidak mengikuti standar jaringan hotel yang kaku. Bahkan tak sedikit yang menawarkan private swimming pool dan plunge pool. Sebagai contoh di Jogja, dengan harga Rp300.000 banyak penginapan yang menawarkan kamar dengan private plunge pool selama low season.

Baca juga: Perbandingan Akomodasi: Hotel Bintang 2 vs Hostel

7. Telusuri Hotel Apartemen

Di Jakarta, ada beberapa hotel yang menyatu dengan apartemen. Tipe kamarnya mirip apartemen tetapi manajemen hotel terpisah dengan apartemen. Hotel seperti ini lebih cocok untuk keluarga karena umumnya satu unit terdiri lebih dari satu kamar, lengkap dengan dapur bersih. Karena itu, harganya bisa lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa dua kamar hotel biasa atau terpisah.

Tip dan trik untuk memilih small budget hotel tanpa mengorbankan kenyamanan memerlukan banyak riset dan ketelitian.

Ingat, hemat bukan berarti pelit. Hemat adalah cara cerdas untuk membelanjakan tabungan. Yang pasti, keuangan harus tetap sehat setelah liburan.

Exit mobile version