Menanam Sayur di Lahan Rumah Minimalis

 

Tak bisa dipungkiri, desain dan ukuran rumah saat ini rata-rata minimalis. Namun demikian, bukan berarti tak ada ruang untuk bercocok tanam.

Dengan memanfaatkan lahan yang minimalis, pemilik rumah masih bisa menanam beberapa tumbuhan, termasuk dari kalangan sayuran yang pastinya memberikan keuntungan sendiri karena bisa dikonsumsi.

Menanam sayuran di ruang terbatas masih bisa dilakukan menggunalan polybag. Karena berdasarkan Cybex Kementerian Pertanian Republik Indonesia, menanam sayuran dengan polybag kini tak perlu lagi tempat dan biaya yang besar.

BACA JUGA : 5 Jenis Sayuran yang Baik untuk Diet, Enak Semua Kok

Dengan kata lain, menanam sayuran bisa dilakukan di ruang terbatas seperti halnya halaman rumah yang minimalis. Namun demikian tetap ada aturan mainnya agar maksimal.

Tanaman sayur

Nah bagi yang ingin mencoba, berikut tips ringannya ;

– Polybag menyesuaikan ukuran yang dibutuhkan
– Sekop
– Balok 5 cm x 7 cm (sesuai kebutuhan)
– Paku dan palu
– Gergaji Pupuk kandang, arang sekam, tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1
– Kotak semai Insektisida dan fungisida, serta pupuk (bila diperlukan)
– Benih sayuran

Tata caranya bisa dilakukan dengan menyiapkan tanah yang telah dicampur dengan arang sekam dan pupuk kandang. Setelah itu diisi dalam kantong polybag yang tersedia hingga penuh dan sisakan sedikit kurang lebih 2 cm. Setelah siap, lakukan persemaian benih sayuran dalam kotak semai atau polybag semai ukuran kecil.

Nah, sambil menunggu benih tumbuh pada penyemaian, wusun polybag yang sudah terisi media tanam tersebut pada rak kayu dari balok ukuran 5×7 cm, yang sudah dibuat berbentuk anak tangga, sehingga memudahkan pemeliharaan bila diperlukan buatkan pemagaran dengan rang plastik atau paranet.

 

 

 

 

 

Exit mobile version