Meneropong Pelayanan JNE di Pulau Selayar

kiprah jne di pulau selayar

Pimpinan JNE Cabang Selayar, Martinus Wijaya (baju hitam).

JNEWS – Warga Kepulauan Selayar telah familiar dengan JNE untuk aktivitas kirim-mengirim paket. Mereka juga merasa terbantu dengan kehadiran JNE karena barang-barang produk UMKM setempat bisa terjual hingga ke luar pulau.

Kepulauan Selayar merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibukotanya berada di Kecamatan Benteng. Kabupaten ini memiliki dua sub area wilayah pemerintahan, yaitu wilayah daratan dan wilayah kepulauan.

Pada masa penjajahan Belanda, Kepulauan Selayar pernah menjadi rute perdagangan menuju pusat rempah-rempah di Maluku pada abad ke-14. Di Pulau inilah para pedagang singgah untuk mengisi perbekalan sambil menunggu musim yang baik untuk berlayar. Dari aktivitas pelayaran ini kemudian muncul nama Selayar hingga sekarang ini.

Kepulauan Selayar merupakan satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi. Dikelilingi oleh lautan dan dikaruniai tanah yang subur menjadikan sektor perikanan dan pertanian menjadi penyumbang perkonomian Selayar.

Baca juga: DITAJENAD dan JNE Perpanjang Kerjasama Pendistribusian Dokumen

Menurut pimpinan JNE Cabang Selayar, Martinus Wijaya, mayoritas mata pencaharian masyarakat Selayar sebagai nelayan dan petani, sehingga ikan hasil tangkapan nelayan cukup melimpah dengan berbagai produk turunannya yang dibuat para pelaku UMKM.

“Di Selayar ada produk unggulan seperti ikan kering, ikan asin, terasi dan lain-lain. Produk makanan dan yang lainnya menjadi penyumbang terbesar dalam kiriman outbound JNE Selayar, bahkan permintaannya terus naik,” ujar Martinus, saat berbincang dengan JNEWS, Kamis (15/8/2024).

Adapun dari hasil pertanian, berupa komoditi kopra dengan kualitas terbaik di mana produknya dikirim langsung ke Makassar hingga ke Pulau Jawa seperti ke Surabaya.  “UMKM terus berkembang meski secara step by step. Contohnya pengiriman ikan asin, terasi dan lain-lain. Sedangkan untuk hasil pertanian masih menggunakan truk atau pickup langsung ke Makassar,” jelasnya.

Potensi yang ada di wilayah Pulau Selayar, dituturkan Ksatria yang hobi olahraga sepak bola ini, sudah digarap secara baik. Meski demikian ke depannya masih bisa ditingkatkan dengan menggarap peluang yang lainnya.

Terkait proses pengiriman paket barang, baik inbound maupun outbound, terlebih dahulu menggunakan mobil melalui jalur darat dan kemudian kapal laut, dengan jadwal keberangkatan setiap harinya berubah-ubah dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi JNE Selayar.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Mengirim Paket lewat JNE bagi Pemula

“Namun demikian, dengan kerja keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer, terlebih performa JNE dengan pengirimannya yang cepat dan tepat waktu, kami optimis JNE akan tetap menjadi yang terdepan di Selayar,” jelas Martinus.

Area operasional JNE Selayar mencakup seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, termasuk pulau-pulau kecil dan terluar yang ada di sekitarnya. “Untuk delivery paket ke pulau-pulau kecil dan terluar, kami bekerjasama dengan kapal-kapal yang berlayar ke pulau tersebut, dengan terlebih dahulu berkomunikasi dengan customer yang akan menerima paket kirimannya,” tutup Martinus. *

 

Exit mobile version