Mengenal Lebih Jauh Peran Tax Department JNE

Head Tax Department Nurhayati Harianja (tengah) bersama staf (Foto diambil sebelum pandemic Covid-19)

Tax Department  atau Departemen Pajak JNE merupakan bagian penting dari struktur dan proses bisnis di JNE. Sebab sebagai perusahaan kebanggaan bangsa, JNE selalu berkontribusi bagi penerimaan negara lewat pajak perusahaan yang dibayarkan tepat waktu.

Selama ini JNE merupakan perusahaan yang dikenal taat pajak. Semua kewajibannya kepada negara sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia selalu dipenuhi tepat waktu. Beberapa kali JNE mendapat penghargaan dari Kantor Wilayah Pajak Jakarta Barat sebagai salah satu perusahaan yang taat pajak di wilayah Jakarta Barat.

Mengingat vitalnya urusan yang berkaitan dengan pajak, maka pada 2015 dibentuk departemen khusus yakni Tax Department. “Sekarang ada 6 orang staf di Tax Department”, ujar Head Tax Department Nurhayati Harianja kepada JNEWS, Jumat (9/10/2020).

“Departemen ini mempunyai tugas dan tanggung jawab mengurus perpajakan di mana JNE sebagai wajib pajak badan usaha sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Kami diberi target oleh perusahaan untuk melakukan kewajiban pajak kepada negara tepat waktu”, jelasnya.

Baca Juga : JNE dan Ruang Guru Cerdaskan Panti Asuhan

Head Tax Department JNE, Nurhayati Harianja (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Terkait dengan masalah perpajakan di kantor cabang daerah, Srikandi yang juga pencipta lagu Mars JNE ini mengatakan, secara peraturan perpajakan kewajiban pajak yang dilakukan oleh kantor cabang sesuai dengan wilayahnya. “Dalam mengelola pajaknya masing-masing kantor cabang memiliki PIC pajak sendiri, yang bertugas melakukan pembayaran kewajiban pajak dari cabang tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, dari tim pajak JNE Pusat membantu dengan melakukan training perpajakan kepada PIC pajak di kantor cabang. Tujuan supaya mereka mahir dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam menganalisa dan mengkalkulasi pajak  perusahaan.

“Selama ini, kami memiliki media tersendiri sebagai sarana komunikasi untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan up date peraturan perpajakan maupun sharing knowledge dengan cabang-cabang lain,” ungkap Nurhayati.

Baca Juga : Punya Bisnis Kuliner? Begini Cara Daftar Grabfood

Namun hal itu berbeda untuk cabang mitra, Tax Department JNE Pusat hanya sebatas memberi pelatihan secara berkala kepada para PIC-nya agar mereka mahir dan mengusai serta dapat menerapkan perpajakan sesuai peraturan yang berlaku di daerahnya. “Sebagai elemen penting dari perusahaan, Tax Department ikut berperan dalam menyukseskan pencapaian target perusahaan,” ucap Nurhayati.

Baca Juga : Jangan Panik Gaes! Begini Cara Melacak HP yang Hilang

Ke depannya, lanjut Nurhayati, Tax Department mempunyai beberapa program yang akan dijalankan, seperti sosialisasi terhadap up date tentang ketentuan perpajakan yang berlaku. Kegiatan perpajakan secara online dan sistematis dengan program yang ada di perusahaan juga terus dimaksimalkan.

Nurhayati menjelaskan bahwa tujuan dari program-program tersebut adalah agar dapat meminimalisir kesalahan atau human error. “Tax Department akan terus memastikan bahwa JNE sebagai wajib pajak yang taat alias bayar pajak tepat waktu,” tutup perempuan yang memiliki vocal bagus saat bernyanyi ini. *

Baca Juga : Bahagia Bersama JNE Pekanbaru dengan Panti Asuhan

Exit mobile version