Maila, Kurir Perempuan dari JNE Sungaiselan

Kurir JNE Sungai Selan

Persiapan Maila, kurir perempuan JNE Sungaiselan, sebelum delivery

Bila selama ini profesi kurir identik dengan kaum Adam, namun di JNE Cabang Sungaiselan, Bangka Tengah, Bangka Belitung ada Maila, seorang kurir perempuan muda. 

Selain menjunjung tinggi toleransi dan perbedaan, JNE juga menghormati nilai-nilai emansipasi perempuan. JNE memberi kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berkembang, tidak terkecuali petugas pengirim paket di lapangan atau kurir.

Salah satu kurir perempuan JNE adalah Maila. Sudah sekitar 1 tahun Maila sehari-hari bertugas mengantarkan paket ke para pelanggan di wilayah Sungaiselan. Ia mengaku enjoy dan bangga menjadi kurir JNE selama ini.

“Memang sih, pada kenyataannya mayoritas kurir itu laki-laki, jarang ada kurir perempuan. Namun bagi saya menjadi kurir adalah kebanggaan tersendiri, karena setiap hari bisa mengantarkan kebahagiaan dan bertemu dengan para customer yang mayoritasnya perempuan. Karena kan perempuan yang banyak belanja online, he-he-he…,” ujar Maila saat berbincang dengan JNEWS, Selasa (23/8/2022).

MaiIa bergabung di JNE Sungaiselan sejak Agustus 2021 dengan area antar mencakup beberapa desa, yakni Desa Keretak, Sarang Mandi, Air Itam dan Desa Melabun. Dalam sehari ia sukses mengantarkan puluhan paket ke pelanggan.

“Area delivery saya adalah kawasan perkampungan dengan kondisi jalan banyak yang masih tanah merah dan bebatuan. Bersyukur, penduduknya ramah-ramah dan baik. Saya selalu bersikap sopan, senyum dan sesekali humoris kepada mereka,” ucap Srikandi kelahiran Bangka Tengah 23 Mei 2004 ini.

Sebagai kurir perempuan yang setiap hari berada di lapangan, banyak suka dan duka yang tentu saja Maila temui. Meski demikian, segala tantangan dan kendala dalam proses delivery ia hadapi dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab. “Bagi seorang kurir segala tantangan seperti panas terik dan hujan adalah hal yang biasa, karena setiap pekerjaan ada tantangan dan kendalanya masing-masing,” ungkap Maila dengan bijak.

“Kita sebagai kurir harus juga bisa memberikan edukasi dan pemahaman yang baik kepada customer, misalnya bagaimana cara berbelanja online dan kemudian pembayaran COD yang benar, sehingga apabila dikemudian hari ada permasalahan mereka sudah mengetahuinya,” tambahnya.

Menurut Maila, dirinya betah menjadi kurir di lapangan, karena sejak menjadi kurir mempunyai banyak teman dan kenal banyak orang dengan berbagai latar belakang dan karakter. “Saya malah lebih dikenal para customer, karena satu-satunya kurir perempuan,” ujarnya.

Kunci sukses dirinya sebagai kurir agar mudah diterima dan dekat dengan para pelanggan, terang Maila, selain harus ramah, sopan dan murah senyum juga harus bisa memberi penjelasan atau solusi dengan baik bila ada customer yang bertanya maupun sesekali ada komplain.

“Kebanyakan pelanggan JNE di Sungaiselan adalah perempuan. Mereka sangat menghargai profesi kurir perempuan, itu menjadi kebanggaan tersendiri. Doa dan harapan saya untuk JNE, semoga ke depannya menjadi lebih sukses lagi,” tutup Srikandi yang hobi traveling ini. *

Baca juga: Sosok Kurir Teladan dari Kota Pahlawan

Exit mobile version