Mengenal Sate Bandeng, Oleh-Oleh Khas Cilegon Produk UMKM Lokal

Sate bandeng kuliner khas unggulan dari Kota Cilegon, Serang, Banten.

JNEWS – Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung atau wisatawan. Tidak terkecuali di Kota Cilegon, Serang, Banten. Kalau kita berkunjung ke Kota Baja ini jangan lupa dengan salah satu makanan khasnya yakni sate bandeng yang lezat yang dibuat para pelaku UMKM kuliner setempat. Bahkan pemerintah setempat sering menggelar festival sate bandeng.

Kota Cilegon letaknya tidak jauh dari Jakarta dan mudah ditempuh karena terhubung dengan jalan tol. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta, bisa menjadi salah satu alternatif untuk berlibur sambil kulineran. Meskipun terkenal sebagai kota industri, namun sisi lain Cilegon juga memiliki beragam makanan khas. Soal rasa pun tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah kelezatan sate bandengnya.

Sate bandeng disajikan dengan dibungkus daun pisang dan dibakar sampai matang. Rasanya bikin ketagihan karena dimasak dengan aneka bumbu dan parutan kelapa yang menggugah selera.

Sudah sejak lama, banyak pelaku UMKM kuliner yang memproduksi sate bandeng ini. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Daging ikan bandeng yang sudah dibersihkan dan dicampur bumbu khas serta disangrai setengah matang tersebut, dijepit dengan bilah kayu atau bambu sebelum dipanggang hingga matang dan siap disajikan. Rasa nikmat dan lezat, bila disantap selagi masih hangat yang dipadukan dengan nasi.

Baca juga: Kurir di Segala Medan, Mengenal Kurir Terbaik JNE Cilegon

Kegiatan festival sate bandeng yang diadakan pemerintah setempat. (Foto: Istimewa)

Selama ini pemerintah setempat menjadikan sate bandeng menjadi produk UMKM unggulan di Kabupaten dan Kota Serang. Para pengrajin sate bandeng saat ini terkonsentrasi baik di Kota dan Kabupaten Serang dan kebanyakan mereka sudah menekuni usaha ini puluhan tahun.

Karena banyak diminati masyarakat luas, eksistensi sate bandeng tetap bertahan hingga kini dan mampu menyerap tenaga kerja dalam skala industri rumah tangga yang cukup banyak. Seiring waktu dan masifnya dunia digital, para pengrajin sate bandeng sudah merambah penjualan online sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka.

Sejalan dengan itu, pemerintah setempat lewat instansi terkait terus membina para pelaku industri rumahan pembuat sate bandeng ini. Seperti peningkatan dalam hal pengemasan, branding maupun pemasaran lewat digital marketing serta mengadakan ajang pameran maupun festival sate bandeng. Dan, JNE Cilegon juga terus berperan aktif memberi support agar mereka naik kelas, bisa menjual sate bandeng ke suluruh Indonesia dengan bermitra memakai jasa JNE untuk pengirimannya. *

 

Exit mobile version