Mengenal Spek Maung Garuda, Mobil Tunggangan Presiden Prabowo

mobil maung garuda disebut-sebut tahan peluru

Mobil Maung Garuda buatan PT Pindad yang ditungangi Presiden Prabowo Subianto.

JNEWS – Mobil Maung Garuda yang dinaiki Presiden Prabowo Subianto saat iring-iringan dari Gedung MPR menuju Istana Kepresidenan usai dilantik menjadi Presiden RI pada Minggu (20/10/2024), menjadi pusat perhatian masyarakat.

Mobil Maung Garuda yang ditunggangi Presiden Prabowo Subianto merupakan buatan PT Pindad, yang terlihat kokoh dan berspesifikasi canggih serta disebut kebal peluru tajam ukuran besar.

Mengutip keterangan PT Pindad, mobil Maung Garuda, memiliki tenaga mesin yang besar yakni 199 HP. Sekilas, mobil tersebut memiliki tampang seperti jenis mobil SUV. Namun, mobil ini bukanlah SUV biasa.

Mobil ini memiliki tulisan ‘Garuda’ di bagian belakangnya. Selain itu, bodinya juga panjang dibandingkan Maung Pindad standar. Mobil tersebut memiliki tipe MV3 Garuda Limousine. Mobil ini merupakan pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain khusus untuk mengakomodir secara langsung arahan Presiden.

Pindad menjelaskan, mobil berkelir putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin ini memiliki proteksi tinggi. Selain itu juga memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Dari sisi eksterior, mobil Maung Garuda dilengkapi automatic footstep untuk memudahkan pijakan ke luar masuk mobil. Logo garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan.

Sementara itu, bagian interiornya menggunakan material wood finish accents. Dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel.

Baca juga: Mobil Tercepat Di Dunia

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan head unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage dan portable WiFi. Maung Garuda memiliki bobot 2,95 ton dengan dimensi panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter dan tinggi 1,87 meter.

Mobil ini memiliki daya mesin 199 HP, transmisi otomatis dengan 8 percepatan di mana saat dipacu memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam. Mobil ini dibekali fitur keamanan di seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor. Mobil ini juga memiliki ketahanan terhadap amunisi kaliber 7,62×51 mm NATO ball & kaliber 5,56×45 mm M193.

Mobil ini memiliki kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT). Mobil ini bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan. *

Exit mobile version