5 Tip Menghilangkan Bau Badan Agar Tak Mengganggu Orang Lain

Baru-baru ini ramai dibicarakan tentang surat edaran dari Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Aceh tentang anjuran kepada mahasiswa untuk memperhatikan bau badan. So, berikut ini ada beberapa tip menghilangkan bau badan agar tak mengganggu orang lain, yang seharusnya menjadi rutinitas membersihkan badan.

Merasa terganggu dengan bau badan orang lain itu sebenarnya merupakan hak. Namun, dalam kasus ini, keluhan tersebut disampaikan dalam sebuah surat edaran resmi sebuah institusi. Itu artinya persoalan bau badan tersebut sudah sangat mengganggu hingga dosen tidak bisa fokus mengajar. Susahnya, sering kali diri sendiri tidak merasa bau, tapi orang lain mengeluhkannya.

Baca juga: Cara Usir Bau Rokok di Kabin Mobil

Solusi yang diberikan sebaiknya 2 arah, yaitu kampus memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan dan mahasiswa mengikuti tip menghilangkan bau badan di bawah ini.

Tip Menghilangkan Bau Badan

1. Mandi dan Keramas

Untuk menghilangkan bau badan, pertama-tama, mandilah secara rutin sehari dua kali atau setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat. Sedangkan untuk keramas cukup satu atau dua kali seminggu dan setelah keluar keringat berlebihan.

Masyarakat di negara tropis mudah berkeringat karena panas matahari yang kadang memang berlebihan. Mungkin ada mahasiswa yang setelah ikut unit kegiatan fisik, tanpa membereskan diri dulu, langsung masuk ruangan kuliah. Maka, tentu saja, bau badan bercampur bau ruangan terbuka (sering disebut dengan bau matahari) menjadi menguar.

Sementara, bagi perempuan yang sedang haid, bau badan pun lebih tajam dibandingkan hari lain.

Bagi yang merasa bau badannya sangat tidak sedap, pilih sabun yang mengandung antibakteri, antiseptik, triclosan, triclocarban atau anti perspiran. Dahulu sabun antiseptik sering digunakan para penderita panu dan penyakit kulit lainnya. Baunya cukup menyengat. Sekarang banyak sabun antiseptik yang wangi.

2. Mengenakan Baju Bersih

Adakah yang menggantungkan baju setelah dipakai untuk dikenakan lagi keesokan harinya?

Ini merupakan kebiasaan yang cukup umum dilakukan. Namun, juga bisa menjadi sumber bau badan yang cukup mengganggu.

Sebaiknya, untuk menghiangkan bau badan, sebelum baju dipakai coba untuk dibaui dulu, apakah masih bisa dipakai atau sebaiknya dicuci. Lama pemakaian baju bukan merupakan penyebab utama munculnya bau. Kadang dalam cuaca yang sangat gerah, pemakaian sebentar saja bisa membuat baju apek.

Perlu diketahui, minyak wangi tidak bisa menolong untuk baju yang sudah apek, bahkan baunya malah semakin tidak karuan.

Baju yang bersih adalah baju yang dicuci dan langsung dikeringkan secara maksimal. Baju yang pengeringannya tidak sempurna juga akan menimbulkan bau lembap yang tidak enak. Sedangkan setrika hanya merupakan pilihan untuk memastikan baju benar-benar kering dan rapi.

Baca juga: Begini Cara Cuci Pakaian Bekas Hasil Thrifting di Thrift Shop

3. Menggunakan Deodoran

Dalam artikel yang ditulis oleh Mohamad Aprianto Paneo, Dosen Farmasi di Universitas Negeri Gorontalo, yang diunggah di www.dosen.ung.ac.id disebutkan bahwa deodoran adalah sediaan kosmetika yang digunakan untuk menyerap keringat, menutupi bau badan dan menghilangkan bau badan. Ternyata, deodoran tidak hanya untuk diaplikasikan ke ketiak, tapi juga ke bagian tubuh lainnya.

Merek deodoran terbaik adalah yang cocok dengan kulit pengguna, yaitu tidak menimbulkan gatal atau iritasi. Klaim iklan perlu dibuktikan dengan membeli produk tersebut dalam ukuran kecil atau travel size lebih dulu untuk percobaan.

Di internet banyak yang memberikan tip pengganti deodoran dengan menggunakan bedak bayi, tawas, hand sanitizer hingga odol. Perlu diingat bahwa tiap produk self care, skin care maupun kosmetik telah melalui proses riset dan pengembangan untuk mencapai tujuan produk tersebut dibuat. Jadi gunakan produk-produk tersebut sesuai dengan fungsinya.

Bedak bayi memang segar aromanya tapi kurang ampuh untuk menghilangkan bau badan orang dewasa yang sudah dipengaruhi hormon. Sedangkan tawas diakui memiliki banyak manfaat, antara lain menghilangkan bau ketiak dan warna hitam. Namun penggunaan tawas harus berhati-hati agar tidak melukai kulit lantaran bentuknya seperti bongkahan garam.

4. Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

Sebenarnya keringat saja tidak bau. Salah satu yang membuat keringat bau adalah reaksi kimia akibat dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung zat alisin seperti bawang-bawangan dan keluarga kol atau cruciferous seperti kubis, brokoli, dan sebagainya termasuk jenis bahan makanan yang bisa menyebabkan bau tak sedap.

Untuk menghiangkan bau badan yang tidak sedap, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, herbal, dan bahan olahan hasil fermentasi. Makanan dan minuman fermentasi banyak dikonsumsi warga Korea dan terbukti menghilangkan bau badan.

Banyak ibu yang rajin minum rebusan sirih atau kemangi untuk menghilangkan bau badan. Namun anak muda tidak suka karena baunya yang khas dedaunan. Sebenarnya minum air putih saja akan sangat membantu karena bau badan juga disebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak lancar.  Minum air putih yang banyak akan membantu memperlancar metabolisme dan menghilangkan racun dari dalam tubuh.

5. Mencukur Rambut yang Berlebihan

Rambut yang dimaksudkan adalah rambut yang ada di seluruh badan, yaitu ketiak, kemaluan dan kepala. Pasalnya, rambut dapat menahan keringat yang menjadi tempat hidup bakteri. Apalagi jika tertutup, bakteri inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

Ketika sedang berolahraga dan berkeringat, rambut kepala yang basah adalah yang pertama kali bau dan akan menjadi yang paling bau tak sedap. Karena itu rapikan rambut kepala.

Jika rajin berolahraga, sebaiknya rambut kepala dipotong pendek agar mudah kering ketika keramas. Jadi tak perlu dicukur habis. Jika rambut kepala yang panjang tergerai penting untuk penampilan, maka tidak wajib dipotong, tapi harus lebih rajin keramas dan mengeringkannya. Jika lembap, ketombe akan muncul bersamaan dengan bau tak sedap.

Baca juga: Tips Bebas Kucel Setelah Seharian Motor-motoran di Jalan Raya

Bau badan yang tak sedap sudah menjadi persoalan institusi. Suatu saat nanti, bisa saja hal itu menjadi masalah nasional, misalnya menjadi imbauan di pesawat atau kereta api. Wangi tidak hanya milik perempuan. Semua orang harus menjaga kebersihan diri untuk menghilangkan bau badan.

Exit mobile version