Mengulik Maskot Olimpiade Paris 2024*

maskot olimpiade paris 2024

Sumber: olympic.com

JNEWS – Maskot Olimpiade Paris 2024 adalah Phryges, terinspirasi dari topi Phrygian yang melambangkan kebebasan dan revolusi Prancis. Topi ini memiliki sejarah panjang dalam masyarakat Prancis. Phryges muncul dalam berbagai aspek kehidupan, dari lukisan, prangko, balai kota, hingga koin.

Topi Frigia atau dikenal juga sebagai topi kebebasan menjadi lambang perjuangan kemerdekaan pada Mei 1789 hingga November 1799 atau yang kita kenal sebagai Revolusi Prancis.

Topi merah berbentuk kerucut ini terlipat ke depan di bagian puncak. Ilustrasi tudung Frigia sebagai maskot Olimpiade dilengkapi tangan yang mengibarkan bendera Prancis yang berwarna merah, putih dan biru yang dikenal sebagai Tricolor. Panitia Olimpiade Paris 2024 berupaya agar perhelatan olahraga empat tahunan ini berbeda dari yang sudah-sudah.

Pertama, akan ada kesetaraan dari segi jumlah atlet laki-laki dan perempuan yang berkompetisi dalam perebutan medali. Kedua, upacara pembukaan pun dilakukan di tepian Sungai Seine, di bawah bayang-bayang Menara Eiffel. Tidak seperti pembukaan olimpiade sebelum-sebelumnya yang pementarasannya di dalam stadion.

Begitu pula dengan maskot, Prancis dengan sengaja tidak mengikuti tradisi dalam memilih simbol global Olimpiade yang ke-33 ini, yang sebelumnya biasanya memakai maskot binatang. Panitia mengatakan desain ini dipilih karena mereka percaya olahraga bisa mengubah hidup orang banyak.

Agar inklusif terhadap Paralimpiade, panitia juga merancang satu maskot Frigia lainnya dengan kaki prostetik berbentuk lengkung yang biasa dipakai atlet lari. Motto dari maskot Frigia untuk Olimpiade dan Paralimpiade adalah, “Berjalan sendirian mungkin lebih cepat, tetapi bersama-sama kita bisa meraih hasil yang lebih baik”.

“Kami lebih memilih gagasan alih-alih binatang,” tutur Tony Estanguet, ketua komite Olimpiade Paris 2024 yang juga mantan atlet peraih tiga medali. “Tudung Frigia dipilih karena ini maknanya sangat kuat bagi Republik Prancis. Bagi masyarakat Prancis, topi ini adalah lambang kebebasan yang amat dikenal,” tambahnya.

Baca juga: 5 Kawasan Sport Center Terintegrasi dan Terkemuka di Asia

Asal muasal topi Frigia ini bisa ditilik sejak zaman dahulu kala. Nama topi bersejarah ini diambil dari Frigia (Bahasa Inggris: Phrygia), sebuah distrik kuno di bagian barat tengah Anatolia. Wilayah itu mendapatkan namanya berdasarkan satu suku yang oleh orang Yunani disebut suku Frigia yang pada akhirnya memicu terjadinya revolusi Perancis dikemudian hari.

*Berita diolah dari berbagai sumber

 

Exit mobile version