Menilik Seni Debus, Media Dakwah Zaman Dulu di Banten

seni debus dari Banten, antara lain menggunakan senjata tajam untuk menguji kekebalan tubuh

Source: Canva.com

JNEWS – Debus merupakan kesenian tradisional dari Provinsi Banten yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh dari berbagai benda tajam. Debus tak lepas dari asal istilah dalam bahasa Arab yakni ‘dablus’ yang berarti sejenis senjata dengan ujung yang runcing.

Menyaksikan atraksi debus selain bisa membuat jantung berdebar juga membuat orang terperangah kagum. Hal ini karena para pemainnya menunjukkan “kekebalan”, misalnya menyayat diri dengan parang, menguyah pecahan beling atau kaca bahkan terjun ke dalam bola-bola api tetapi tidak ada sedikit luka pada bagian tubuh mereka.

Sebuah pertunjukan kesenian debus adalah perpaduan unsur seni dan religi dengan ilmu kebatinan yang bernuansa magis. Awalnya dulu kesenian ini hanya ada di tanah Banten, namun seiring berjalannya waktu kemudian menyebar ke wilayah Jawa Barat atau juga disebut tanah Parahyangan, terlebih saat itu Banten masih masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kesenian ini menunjukkan kemampuan manusia yang kebal terhadap senjata tajam, air keras dan benda-benda tajam lainnya. Tidak semua orang bisa melakukan dan bisa menguasai ilmu debus. Seseorang harus memiliki komitmen dan sikap istiqomah tinggi dalam berlatih sebelum akhirnya bisa menguasai ilmu debus.

Menilik sejarahnya, kesenian debus bermula sejak abad ke-16 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin dari Banten (1532-1570). Kala itu debus mulai dikenal masyarakat Banten sebagai salah satu cara penyebaran agama Islam oleh seorang ulama Nurrudin Ar-Raniry, yang merupakan salah seorang tokoh Muslim dari Tarikat al-Rifa’iyah.

Baca juga: Wisata Religi Jelang Ramadhan di Masjid Banten Lama

Kala itu, para pemain debus menunjukkan kekuatan tubuh dengan cara melukai diri dengan berbagai benda sambil membaca doa-doa dari Kitab Suci Al Quran sebagai upaya memohon keselamatan. Hebatnya, tubuh yang dilukai benda-benda tajam tersebut tidak terluka.

Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1692) kesenian debus digunakan sebagai media memompa semangat rakyat Banten dalam menghadapi penjajahan Belanda. Namun, kesenian debus sempat menghilang seiring dengan melemahnya Kesultanan Banten saat berada di bawah kekuasaan Sultan Rafiudin.

Waktu terus berlalu, roda zaman berputar. Pada tahun 1960-an kesenian debus kembali muncul dan menjadi sarana hiburan hingga saat ini yang masih tetap lestari, terutama di tanah para jawara, Banten. *

Exit mobile version