Menparekraf Dorong Danau Toba Jadi Wisata Berkelas Dunia

Sandiaga Uno dorong Danau Toba jadi tempat wisata berkelas dunia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Sumatra Utara, khususnya di Medan untuk bersama-sama menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

Sandiaga menilai salah satu danau tertua di Indonesia itu memiliki potensi untuk menjadi lokomotif penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas pada 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Sandiaga dalam kegiatan ‘Kumpul Kreatif Tiba-tiba Toba’ di Seis Cafe & Public Space, Medan, Selasa (1/11/2022).

Sandiaga menjelaskan, Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia perlu diperkuat dengan kehadiran berbagai UMKM lokal yang berkualitas dan berkelas dunia. Sehingga Danau Toba bisa menjadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Sumatra Utara.

Baca Juga: 5 Festival Unik yang Diadakan di Danau Toba

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, selain menghadirkan UMKM yang berkualitas, Kemenparekraf juga senantiasa mengembangkan potensi wisata yang ada di danau tersebut melalui pelaksanaan event-event berkelas nasional maupun internasional. “Jadi saya harap kalangan muda di Medan dan sekitarnya juga dapat melihat Danau Toba sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk berinvestasi kreatif dan berbisnis,” katanya.

Sandiaga berharap kegiatan ‘Kumpul Kreatif Tiba-Tiba Toba’ ini juga akan menjadi wadah belajar dan kolaborasi baru pemuda kreatif Kawasan Danau Toba dan Kota Medan untuk menyadari potensi yang ada di sana, agar ke depannya dapat berkolaborasi dan memberikan kontribusi melalui karya-karya kreatif guna mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Super Prioritas.

“Selain itu, kita berharap Kota Medan sebagai sumber SDM kreatif berkualitas yang terdekat dari Danau Toba dapat menjadi sumber transfer keterampilan dan pengetahuan bagi kalangan muda kreatif di sana,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Cobain Nih 5 Tempat Sarapan di Medan Terfavorit

Bangkitkan Parekraf Sumut

Kunjungan Sandiaga ke Danau Toba tadi menjadi salah satu agendanya ke Sumatera Utara. Sebelumnya, Sandiaga membuka event festival “Gelar Melayu Serumpun 2022” di Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara. Festival tersbebut digelar sebagai bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap perkembangan pariwisata di Sumatera Utara.

“Berdasarkan pengalaman saya, event-event seperti ini mampu menyerap peluang usaha dan lapangan kerja masyarakat yang lebih luas. Saya sangat mengapresiasi kehadiran event ini karena mampu memacu semangat untuk kebangkitan (ekonomi), peluang usaha terbuka, dan lapangan kerja juga tercipta. Oleh karena itu dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini ‘Gelar Melayu Serumpun 2022’ resmi dibuka,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Cara Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk UMKM di Industri Perhotelan

Exit mobile version