Menyelami Eksotisme Gili Trawangan

Foto: JNEWS

JNEWS – Segala kenikmatan itu terhampar: dari mandi di birunya air pantai nan indah, berjemur sambil duduk di hamparan pasir putih dan menyantap menu makanan yang menggoda selera berlanjut menikmati sajian hiburan malam yang mengesankan saat berkunjung ke Gili Trawangan.

Sejak puluhan tahun silam, eksotisme keindahan Gili Trawangan sudah menjadi buah bibir. Hal itu pula yang turut dirasakan oleh JNEWS, yang sudah lama memendam keinginan untuk mengunjungi pulau yang letaknya tak jauh dari destinasi wisata terkenal Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Keinginan yang sudah lama menjadi impian itu, baru beberapa waktu lalu menjelma menjadi kenyataan.  Kami menghabiskan beberapa hari masa liburan untuk mengunjungi Gili Trawangan.

Memang keindahannya seolah tidak ada duanya. Air pantainya yang jernih dan kebiru-biruan, serta pemandangannya yang indah, akan membuat siapa pun yang berkunjung ke Gili Trawangan terpesona, termasuk dua gili lainnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Untuk sampai ke Gili Trawangan, butuh sekitar 1,5 jam penerbangan dari Jakarta, menuju pelabuhan udara Selaparang, Lombok. Selepas itu dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar 30 menit menuju Pantai Senggigi baru kemudian menyeberang ke Gili Trawangan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Penginapan di Raja Ampat yang Eksotis

Mengingat Gili Trawangan merupakan destinasi wisata di tengah pulau, maka selain bebas dari polusi dan tak terlalu ramai oleh pengunjung, juga pantainya terlihat masih alami, sehingga akan membuat betah siapa pun saat berkunjung ke pulau yang luasnya mencapai 7 hektar ini.

Mereka yang kesehariannya sibuk oleh pekerjaan dan penat oleh kesesakan hiruk pikuk kota besar seperti Jakarta, pasti akan nyaman dan rileks dengan suasana di sini.

Untuk sampai ke Gili Trawangan, dari Pantai Senggigi  banyak penyeberangan yang tersedia. Selain bisa menggunakan perahu penyeberangan secara perorangan juga bisa menggunakan jasa penyeberangan yang sudah satu paket dengan penginapan.

Foto: JNEWS

Penyeberangan memakan waktu sekitar 20 menit. Di perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dan jernihnya air pantai, sehingga ikan-ikan dan bunga karang berwarna-warni yang ada di bawah laut akan terlihat dengan jelas.

Meskipun pulau kecil, Gili Trawangan memiliki sarana dan prasarana  wisata bertaraf internasional, hal itu terbukti dengan banyaknya turis mancanegara yang berkunjung ke pulau tersebut. Bahkan turis asing jumlahnya bisa mencapai 80 persen dibandingkan turis lokal.

Dari menu makanan yang ada di restoran saja sangat lengkap, mulai dari BBQ, makanan India, Eropa, Chinese hingga makanan Indonesia semuanya tersedia tinggal memilih mana yang sesuai dengan selera.

Begitu juga hotel dan penginapan, dari mulai bintang empat hingga penginapan biasa semuanya ada. Uniknya lagi saat kita berada di Gili Trawanagan, kita serasa berada di luar negeri karena jumlah turis asingnya lebih banyak ketimbang turis lokal.

Selain menawarkan menu makan yang sangat menggoda selera, Gili Trawangan juga menyuguhkan aktivitas wisata yang tidak akan membosankan. Mulai dari manyaksikan indahnya pesona alam matahari terbit (sunrise), mandi pantai, berjemur di atas pasir putih, bermain banana boat dan diving.

Saat senja, kita bisa menikmati indahnya sunset di ufuk barat yang berwarna merah jingga. Hal lainnya kita bisa berkeliling pulau dengan cidomo (delman) hingga menikmati kehidupan malam di berbagai lokasi hingga larut pagi, seraya ditemani semilirnya angin pantai.

Baca juga: Pantai Sadranan: Tempat Tepat untuk Olahraga Air dan Aktivitas Petualangan

Kalau untuk snorkeling yang paling bagus di Gili Air, karena bisa sambil memberi makan ikan. Ada yang unik di Gili Trawangan, yaitu kita bisa nonton film di tepi pantai layaknya menonton layar tancap. Semua pesona yang ditawarkan di Gili Trawangan begitu memikat hati, sehingga dijamin betah berlama-lama di sini dan menjadi pengalaman yang berkesan tidak terlupakan. *

Exit mobile version