Tip Merawat Sepatu dari Berbagai Bahan yang Bisa Dilakukan Sendiri

Ada berapa banyak jenis sepatu yang kamu miliki di rumah? Umumnya orang-orang memiliki lebih dari satu jenis sepatu. Pasalnya, banyak yang menyesuaikan penampilan dengan acara apa yang akan dihadiri. Mempunyai sederet alas kaki di rumah berarti kamu juga harus tahu cara merawat sepatu agar tetap awet dan nyaman untuk dipakai.

Sepatu adalah item fashion penunjang yang akan membuat penampilan kamu tampak memukau, elegan, profesional, dan fashionable. Sekarang ini muncul berbagai variasi model sepatu dan jenis bahan yang digunakan pun semakin beragam.

Material sepatu ada yang berasal dari bahan alami dan buatan. Misalnya, ada produsen sepatu yang menggunakan kulit binatang, wol, kapas, maupun karet alam. Dalam pembuatannya, penggunaan bahan alami ini harus melewati serangkaian proses sebelum siap dipasarkan dan digunakan.

Baca juga: 2 Brand Sepatu Lokal Ini Sukses Tembus Pasar Global

Berbeda halnya dengan material buatan, ini umumnya berasal dari bahan-bahan kimia yang diproses di laboratorium. Ini adalah alternatif yang murah sehingga menghasilkan sepatu dengan harga terjangkau oleh banyak orang.

Beda material, beda juga cara merawat sepatu. Nah, bagi kamu yang ingin membeli sepatu atau sudah memilikinya berikut cara merawat sepatu berdasarkan bahannya.

Tip Cara Merawat Sepatu dari Berbagai Bahan

merawat sepatu kulit

1. Kulit asli

Ada berbagai jenis bahan sepatu dari kulit asli, mulai dari kulit sapi, kambing, domba dan babi. Dan ini adalah material sepatu yang paling awet. Mengenakan bahan kulit asli membuat penampilan makin elegan, berkelas dan mampu memompa percaya diri yang mengenakannya.

Tapi, kamu harus hati-hati membeli jenis bahan ini karena di pasaran ada juga dijual sepatu dengan kulit sintetis. Kulit asli atau genuine leather dan kulit sintetis sekilas memiliki permukaan yang sama. Namun, jika kamu perhatikan lebih detail ada perbedaan mencolok yaitu kulit asli memiliki tekstur yang lebih kasar saat dipegang sedangkan kulit sintetis terasa lebih halus dan rata.

Tip merawat sepatu dari bahan kulit asli bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yaitu:

Agar sepatu kulit tetap mengilap kamu bisa menggunakan semir sepatu khusus kulit dan sebelum menggunakannya teteskan air di kain lap agar hasilnya lebih maksimal. Dan perlu diingat, selesai membersihkan sebaiknya dijemur di tempat yang teduh, hindari menjemur langsung di bawah terik matahari.

Baca juga: Sepatu Kulit Asal Medan Tembus Pasar Malaysia

2. Kanvas

Sepatu bahan kanvas ini termasuk mudah kotor sehingga kamu harus rutin membersihkannya agar tetap awet. Kalau tidak, sepatu kamu akan menjadi sarang bertumbuhnya berbagai bakteri.

Cara merawat sepatu berbahan kanvas antara lain:

3. Suede

Jenis sepatu bahan suede cara merawat sedikit tricky, pasalnya jika kamu salah treatment maka sepatunya bisa cepat rusak. Sepatu ini memang memiliki tekstur yang lembut juga halus.

Apabila kamu ingin membeli jenis sepatu ini, berikut ini cara merawat sepatu suede:

4. Nubuck

Sekilas jenis bahan sepatu ini mirip dengan suede tapi keduanya mempunyai tekstur yang berbeda. Walaupun tampilan hampir serupa, sepatu dengan bahan nubuck di pasaran memiliki harga jual yang tinggi.

Tekstur nubuck lebih halus dibandingkan suede. Permukaannya lebih solid dan membuat jenis sepatu ini berbeda dari sepatu yang mengilap karena dari bahan kulit jenis brush off atau grain.

Bagaimana dengan cara merawat sepatu nubuck? Ternyata kurang lebih sama dengan suede. Kamu mesti menyediakan sikat dan penyemprot yang sama sehingga mengurangi pemakaian yang banyak.

5. Patent

Jika tidak teliti, jenis bahan patent memang sekilas nyaris sama dengan kulit. Yang menjadi pembeda adalah, jenis sepatu bahan patent ada lapisan khusus sehingga menampilkan kesan mengilap. Eits, ternyata cara merawat sepatu ini pun tidak sembarang lho. Pasalnya, kamu salah milih bahan atau alat, dijamin kilau alami dari sepatu ini bisa hilang.

Tip merawat sepatu dari bahan patent antara lain:

Baca juga: 5 Tips Simpel Merawat Dispenser Air Minum Agar Lebih Awet

Semoga penjelasan di atas membuat kamu menjadi makin tahu cara merawat sepatu yang ada di rumah. Sekarang ini sepatu dari brand lokal banyak ditemui di pasaran, harganya pun relatif terjangkau. Daripada membeli sepatu tiruan mending membeli produk lokal yang sudah dijamin keaslian dan kualitasnya pun tidak kalah dari brand dunia.

Exit mobile version