Meriahkan 1 Muharram, JNE Medan Gelar Lomba Kultum

M. Ridho Lubis, peraih juara 1 lomba Kultum

Dalam sebuah hadist, Rasullullah SAW bersabda, “Sampaikan dariku (ilmu) walau hanya satu ayat,” (HR. Bukhari). Jelas, bahwa Nabi Muhammad menyuruh umatnya agar menyampaikan perkara ilmu agama yang bersumber darinya.

Hal ini agar setiap orang yang mendengarkan dan mengetahui suatu perkara yang bersumber dari Nabi Muhammad bisa berbagi dengan orang lainnya walau yang disampaikan itu hanya satu ayat atau hanya sedikit. Merujuk hadist tersebut, JNE Cabang Utama Medan mengadakan lomba tausiyah keagamaan dengan durasi waktu 7 menit atau yang biasa dikenal sebagai Kultum (kuliah tujuh menit).

“Kegiatan ini diadakan selain untuk memperingati dan memeriahkan datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, kita juga ingin menanamkan semangat saling menasehati dalam hal kebaikan antarsesama karyawan JNE Medan,” ujar Branch Manager JNE Medan, Fikri Al Haq saat membuka acara perlombaan, Selasa (10/8/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Fikri juga menyampaikan tentang nilai-nilai spiritual yang sudah ada dalam perusahaan sejak JNE didirikan. “Salah satu hal yang membuat JNE terus berkembang dan bertumbuh adalah inovasi tiada henti dan juga terus menjaga nilai-nilai spiritual yang ditanamkan oleh founding father JNE, ketika perusahaan JNE ini didirikan 31 tahun silam”, jelasnya.

Fikri pun menambahkan, “Kultum juga adalah bagian daripada menjaga nilai-nilai spiritualitas seluruh Ksatria dan Srikandi di JNE Medan”. Kegiatan keagamaan ini sebagai bagian dari semangat meningkatkan keimanan dan keilmuan agama Islam di kalangan internal karyawan JNE Medan serta menyemarakkan datangnya Tahun Baru Islam 1443 H.

Baca juga : Persiapkan Amalan Sebagai Bekal Akhirat

Mengingat masih dalam masa pandemi, lomba diadakan secara virtual yaitu live dengan aplikasi Zoom ini dan diikuti sebanyak 17 peserta yang berasal dari karyawan JNE Cabang Utama Medan maupun kantor cabang pembantu dan juga dari agen. Dalam kegiatan ini, dewan juri yang memberikan penilaian serta komentar adalah Ustadz Hendra Sihotang dan Ustadzah Adilla Putri Hafzi (peserta Aksi Indosiar 2019).

Masing-masing peserta diberikan kesempatan 7 menit menyampaikan materi Kultumnya. Setelah melalui proses penjurian, tampil sebagai juara 1 adalah M. Ridho Lubis dari Kantor Cabang JNE Siantar. Adapun juara 2 diraih Sehatul Rifai dari unit HC JNE Cabang Utama Medan dan juara 3 jatuh pada M. Danil Sirait,

Para pemenang adalah karyawan yang sehari-hari bertugas sebagai rider delivery atau kurir dari Kantor Perwakilan JNE Medan Barat. Selain piala dan piagam, para pemenang mendapat hadiah sejumlah uang tunai.

“Senang sekali rasanya ketika JNE mengadakan lomba Kultum, saya semakin bersemangat untuk dakwah dan semoga ke depannya kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan sebagai ajang para karyawan menyalurkan bakatnya khususnya dalam berdakwah agama Islam,” ujar M. Ridho Lubis.

Baca juga : Momen Tepat Untuk Berhijrah dan Perbanyak Bersedekah

Kegiatan lomba Kultum yang berlangsung dari pagi hingga sore hari tersebut juga sebagai salah satu agenda dari Human Capital JNE Medan dalam mencari dan mengembangkan bakat para karyawan serta sebagai sarana memperkuat ikatan antara karyawan dengan perusahaan.

“Semoga dari kegiatan semacam ini, banyak potensi karyawan yang awalnya tidak terlihat, menjadi terlihat dan dapat dikembangkan selanjutnya. Ternyata di JNE Medan banyak karyawan yang memiliki bakat dalam berdakwah,” ujar Human Capital Development JNE Medan, M. Arif Taufik. *

Baca juga : Dari Makassar hingga Bangka Belitung, Ini 5 Masjid dengan Arsitektur Unik

Exit mobile version