Minum Kopi Bisa Jerawatan? Ini Penjelasannya

Siapa di antara kamu yang hobi minum kopi? Kopi sendiri sejatinya memiliki manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit kanker. Tapi, tahu kah kamu kalau kebanyakan minum kopi bisa memicu munculnya jerawat?

Selain menurunkan risiko penyakit kanker, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh ketika meminum kopi, di antaranya bisa menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan risiko penyakit alzheimer, dan lain-lain. Meski demikian, kopi sendiri juga menimbulkan beberapa efek samping, di antaranya adalah memicu kemunculan jerawat.

Kalau kamu termasuk orang yang mengalami hal demikian, berikut alasan mengapa minum kopi bisa jerawatan. Oh iya, minuman kopi di sini yang dimaksud tentu saja adalah kopi murni dari biji ya. Bukan kopi saset yang ada di warung.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Penyebab Kopi Timbulkan Jerawat

1. Mengandung kafein

Sudah tentu kopi mengandung kafein. Kafein memiliki banyak fungsi bagus, salah satunya tentu adalah meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Itulah mengapa sebabnya kalau kamu mengantuk disarankan untuk minum kopi. Terlepas dari itu, kafein ternyata juga menjadi pemicu timbulnya jerawat. Bahkan kafein sendiri bisa memperparah masalah kulit.

Dikutip dari Livestrong, seorang dokter kulit bernama Yoran Harth memaparkan bahwa kafein meningkatkan pelepasan androgen dan menyebabkan stres saat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, yang pada gilirannya meningkatkan risiko jerawat. Adapula penelitian yang menjelaskan jika kafein bisa meningkatkan hormon stres kortisol yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Kopi dengan gula

Minum kopi yang paling baik dan benar adalah tanpa gula. Buat kamu yang tidak suka pahit ini akan menjadi masalah. Tapi, bagi penikmat kopi yang sesungguhnya tentu saja mereka akan mengonsumsi kopi tanpa gula. Sebab, kopi dengan tambahan gula atau pemanis akan meningkatkan kalori di dalam kopi yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab jerawat.

Seorang ahli gizi bernama Nataly Georgieva menjelaskan bahwa kopi yang diberi gula bisa menyebabkan masalah kulit, salah satunya jerawat. Hal ini karena gula akan diserap dalam aliran darah yang akan membuat terjadinya lonjakan gula darah dan insulin dan mempengaruhi hormon yang berakitan dengan peningkatan produksi minyak di kulit. Minyak-minyak di kulit itu akan membuat pori kulit menjadi tersumbat dan bisa menimbulkan jerawat.

Baca Juga: 5 Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Sering

3. Mengandung susu

Siapa sih yang tidak suka denga es kopi susu? Minum segelas kopi susu di kala cuaca panas bisa menyegarkan dan mengembalikan mood yang hilang. Namun, ternyata mengonsumsi kopi dengan susu juga sama buruknya dengan minum kopi pakai gula. Sejumlah penelitian menyebut bahwa ada kaitan antara konsumsi produk susu (diary), termasuk whipped cream, dan jerawat.

Penelitian menemukan bahwa wanita yang minum dua gelas atau lebih susu skim setiap hari, berpotensi mengalami jerawat sebanyak 44% lebih tinggi dibanding yang tidak. Konsumsi susu sendiri melepaskan insulin yang dapat meningkatkan faktor pertumbuhan insulin 1 (IGF-1). Hal ini membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan produksi sebum naik, sehingga akan membuat pori-pori tersumbat.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Exit mobile version