11 Aroma Minyak Esensial untuk Redakan Stres

Minyak esensial sudah menjadi bagian dari healthy lifestyle oleh masyarakat urban sekarang ini. Pasalnya, ada banyak manfaat dari essential oil yang baik untuk kesehatan tubuh hingga psikologis seperti bisa meredakan stres.

Penggunaan minyak esensial ini diketahui sudah ada sejak berabad-abad lalu. Dalam berbagai literatur tidak ada yang menyebutkan negara mana yang pertama kali memperkenalkan essensial oil. Kendati demikian, literatur mencatat berbagai peradaban kuno telah menggunakan minyak ini seperti Mesir yang menggunakannya sebagai pengobatan holistik.

Jenis minyak yang satu ini biasanya diambil dari saripati daun, kelopak bunga, resin pohon, putik, akar, bagian tanaman lainnya dan ada juga yang berasal dari buah-buahan. Cara untuk mendapatkan minyak esensial ini pun mesti melalui beberapa proses seperti mengambil bagian terbaik tanaman, dipetik di saat tertentu lalu disuling beberapa kali hingga menghasilkan minyak yang murni.

Nah, untuk menggunakan minyak esensial ini ada 3 cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Menggunakan Minyak Esensial

1. Dihirup

Cara yang pertama adalah dengan dihirup dari botolnya. Kamu bisa meletakkan botol di depan hidung (tidak perlu terlalu menempel) lalu hirup aromanya. Biasanya setelah menghirup minyak esensial, hidung akan terasa lega.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk penguapan, terlebih saat sakit batuk dan pilek. Caranya dengan menuangkan air panas di baskom lalu teteskan essential oil, arahkan wajah ke dalam baskom dan tutup kepala dengan handuk bersih. Dijamin bisa melancarkan pernapasan akibat hidung mampet.

Baca juga: Ramuan Anti Stres Alami Bantu Rileks untuk Sehari-hari

2. Dioles

Cara menggunakan minyak esensial kedua adalah dengan dioles. Kamu bisa mengoleskan langsung ke bagian tubuh seperti leher, dada, tengkuk atau pelipis.

Namun, ada beberapa jenis yang terasa panas di kulit seperti peppermint. Oleh karena itu kamu perlu mencampurkannya dengan minyak zaitun agar kulit tidak iritasi. Perhatikan juga, ada beberapa essential oil yang sebaiknya tidak digunakan oleh bayi dan balita.

3. Diffuser

Terakhir, kamu bisa menggunakan diffuser.

Dikutip dari Alodokter, diffuser berfungsi dalam mengubah minyak menjadi uap dan menyebarkan di udara sehingga mudah dihirup. Penggunaan diffuser bisa menciptakan suasana yang tenang, nyaman serta menenangkan.

Itulah mengapa bagi yang tengah mengalami masalah, ingin menenangkan pikiran dan menghilangkan stres, penggunaan diffuser dengan beberapa tetes saja bisa membantu meredakannya.

Lantas apa saja minyak esensial yang bisa membantu kamu meredakan stres?

11 Aroma Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

1. Lavender

Pecinta minyak esensial menyebut lavender sebagai mother of essential oil. Pasalnya, oil yang satu ini memiliki segudang manfaat, salah satunya bisa menenangkan pikiran karena stres.

Ladang lavender bisa ditemukan di Eropa dan Amerika. Aromanya bunga lavender ini berbahan dasar kayu jadi agak sedikit tajam. Namun percayalah, aroma ini ini bisa menenangkan pikiran akibat stres. Kamu bisa menghirup, mengoleskan di bantal atau kain agar bisa tidur nyenyak atau menggunakan diffuser.

2. Bergamot

Minyak esensial yang satu ini berasal dari jeruk purut. Ya, wanginya tajam khas jeruk. Bergamot ini merupakan oil anti depresan karena mempunyai sifat yang stimulan.

Mau dihirup? Coba cara ini, teteskan 2-3 essential oil beraroma bergamot lalu gosok merata dan tangkupkan  ke hidung dan hirup. Lakukan selama 2-3 kali, pikiran kamu akan terasa lega.

3. Rosemary

Rosemary tidak hanya digunakan untuk makanan tapi bisa dijadikan sebagai minyak esensial.

Kemampuan aroma rosemary bisa mengurangi kadar kortisol yang dikenal luas sebagai hormon stres. Tak hanya itu juga, rosemary bisa membantu kamu untuk fokus kerja dan memperbaiki suasana hati.

4. Peppermint

Banyak yang menyukai jenis minyak esensial ini. Aromanya menyegarkan namun tajam khas mint dan jika dioles akan menimbulkan rasa panas lalu dingin. Peppermint juga terbukti bisa meningkatkan fokus kerja, jadi coba gunakan ini saat kamu bekerja.

5. Lemongrass (serai)

Ternyata selain berguna untuk bumbu masak, wedang, serai sangat bermanfaat untuk meredakan stres jika digunakan sebagai minyak esensial. Serai bisa mengurangi kecemasan dan ketegangan. Umumnya, kamu bisa menemukan kandungan serai di minyak telon.

Baca juga: 5 Faktor yang Bikin Tubuh Gampang Loyo

6. Ylang Ylang

Cara penyebutan minyak esensial satu ini agak sulit. Namun, ylang ylang memiliki banyak manfaat. Oil ini berasal dari bunga kenanga dan dipercaya bisa mencegah depresi dan emosi negatif. Menghirup aroma ylang ylang juga bisa meningkatkan suasana hati dan melepas emosi negatif seperti cemburu, rendah diri, atau marah.

7. Lemon

Minyak esensial yang berasal dari buah-buahan ternyata bisa membantu kamu mencegah terjadinya depresi dan meningkatkan suasana hati. Aroma lemon mampu merangsang hormon serotonin dan dopamin serta meningkatkan relaksasi.

8. Sandalwood

Umumnya sandalwood ini digunakan sebagai bahan campuran untuk perawatan tubuh dan wajah. Aroma dari sandalwood atau biasa dikenal dengan cendana bisa bertahan lama. Sandalwood hadir dengan aroma yang lembut jadi membuat kita lebih tenang setiap tarikan napas. Kamu bisa membuat essential oil campuran antara lavender, sandalwood dan bergamot untuk hasil yang lebih baik.

9. Chamomile

Selain digunakan untuk teh artisan, bunga chamomile memiliki manfaat terbaik juga bagi kesehatan. Chamomile dikenal mempunyai sifat melawan stres dan bisa meningkatkan relaksasi. Bahkan untuk yang mengidap insomnia, bisa menggunakan chamomile dengan cara diffuse atau mengoleskan ke leher dan tangan.

10. Frankincense

Frankincense atau biasa disebut minyak kemenyan terkenal dalam pengobatan kuno. Aroma kayu yang tajam menjadi ciri khas minyak esensial ini. Efeknya bisa menenangkan dan menyeimbangkan suasana hati. Kamu bisa mengoles di bagian bawah kaki dan dipijat pelan untuk merelaksasi otot-otot.

11. Clary Sage

Minyak esensial ini memiliki aroma manis dan sangat disukai kaum perempuan. Clary sage bisa dipijat ke area perut agar membantu lebih tenang juga merelaksasi tubuh saat haid. Atau oleskan ke beberapa titik saraf di leher dan tengkuk untuk menenangkan.

Baca juga: Fokus Jadi Kreator Konten, Perempuan Ini Raup Rp30 Juta Sebulan

Harga dari minyak esensial di atas sangat bervariasi, pastikan membeli yang murni ya tidak ada campuran dengan bahan lainnya. Dari rekomendasi di atas, mana nih yang pernah kamu coba?

Exit mobile version