Modal Ponsel, Ini Tips Ringan Hasilkan Foto Produk UMKM yang Eye Catching

Ilustrasi ambil foto makanan dari ponsel/ doc. shutterstock

Foto Menarik dari Ponsel – Peran media sosial tak hanya berguna untuk bersosialisasi saja, tapi juga sebagai wadah dalam mempromosikan bisnis. Hal ini pun sudah dilakukan para pelaku UMKM.

Bahkan tak jarang justru berkat aktif di sosial media, bisnis UMKM yang digeluti bisa berkembang pesat. Mulai dari produk, makanan, minuman, pakai, kerajinan, dan sebagainya.

Nah, buat Anda yang pada masa pandemi ini memutuskan untuk terjun di dunia UMKM, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan promosi dan pemasaran lewat sosial media.

BACA JUGA : Semangat Belajar Hidroponik Tak Terhenti walau di Tengah Pandemi

Namun sebelum itu, penting diketahui, saat akan memposting usaha atau produk yang akan dipasarkan, Anda harus tau bila kata-kata saja tidak cukup, tapi harus didukung oleh visual dari produk yang cukup kuat.

Ilustrasi blogger content creator

Foto produk menjadi hal mutlak yang dilakukan, karena itu saat akan mengunggah pun harus serius. Berdasarkan beberapa sumber yang JNEWS dapatkan, peran foto atau grafis visual menyumbang 70 persen daya tarik seseorang untuk melihat atau bahkan membeli produk Anda.

Karena itu, penting juga pelaku UMKM baru mempelajari bagaimana teknik fotografi produk. Buat yang mau belajar, ada nih beberapa kiat-kiatnya, bahkan tak perlu sampai bermodalkan DSLR, cukup memaksimalkan kamera pada ponsel saja.

Lalu bagaimana caranya ? menyaring dari ragam sumber yang ada, hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan secara matang.

Diawali dari latarbelakang foto dulu, pastikan Anda mendapatkan spot yang menarik. Dalam hal ini menarik tak hanya harus bagus atau ada pemandangan, tapi lebih ke masalah clean alias bersih.

Kenapa harus bersih, jawabannya agar produk yang ditampilkan benar-benar menonjol. Artinya tidak tergangu dengan tampilan lain yang justru membuat foto terkesan membingungkan.

Untuk melakukan hal ini, tak perlu datang ke studio foto, cukup siapkan karton putih yang bersih atau bisa juga di tembok yang warnanya senada. Pastikan saat mengambil foto didukung dengan pencahayaan yang cukup agar tak perlu memaksa mengaktifkan fitur flash pada ponsel.

BACA JUGA : 3 Modal Dasar Jadi Content Creator, Bisa Juga Buat Pelaku UKM

Ambil foto dari beragam angel, lakukan sebanyak-banyaknya lalu baru disortir mana yang paling baik dan terihat proposional. Tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan, bisa juga outdoor.

Namun demikian, harus diperhatikan bila fokus utama pada produk, jangan mementingkan bila gambar yang harus diambil harus mencakup keseluruhannya. Bila ada settingan manual di ponsel, akan lebih baik lagi bagi anda menjajal mana yang paling menarik.

Paling penting lagi, bila itu menyangkut produk unik atau makanan, jangan lupa untuk melakukan teknik foto detail. Contoh selain foto keselurhan, untuk makanan bisa diambil close up dengan fitur kamera makro, dan sebagainya.

Hal tersebut terkesan sepele, tapi buat sebagian konsumen yang suka detail menjadi sangat penting. Selain itu, tentu akan makin melengkapi koleksi foto Anda juga.

Sebagai alat pembantu, Anda bisa membeli tripod kecil khusus untuk ponsel agar saat melakukan foto bisa mendapatkan hasil maksimal dan tidak goyang alias shaking.

BACA JUGA : Jangan Panik Gaes! Begini Cara Melacak HP yang Hilang

Agar tidak bosan, Anda bisa memperkaya pengetahuan teknik foto di dunia maya. Jadi meski cuma modal ponsel saja, hasil jepretan produk setidaknya tak kalah menarik dari studio dengan DSLR.

Tak lupa Anda juga bisa menginstal beberapa aplikasi fotografi secara gratis. Lagi-lagi hal tersebut tentunya guna memperkaya karya foto produk UMKM yang akan dipasarkan.

Selamat mencoba …

Exit mobile version